stina persson, idola baru gw…heheheh

Stina Persson adalah seorang illustrator asal Swedia yang telah telah menjalani hidup, masa pendidikan dan bekerja di Tokyo, New York, Florence dan Lund, Swedia, tempat kelahirannya tersebut. Menurutnya, style karya-karyanya pada dasarnya adalah tentang menemukan keseimbangan antara ketidakteraturan dengan keanggunan, ketidaksempurnaan dengan keindahan.Untuk mencapai ini, dia menggunakan tinta, cat air, dan gouache.

Karya-karya Stina Persson didasari dengan teknik-teknik menggambar anatomi. Baginya mengerjakan ilustrasi bukan hanya sekedar asal menggambar saja, melainkan harus dilakukan sesuai dengan kata hati. Maka itu ia selalu menghabiskan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan karya-karyanya. Ia baru akan berhenti menggambar saat telah berhasil menemukan stylenya.

Gaya ilustrasi milik Stina Persson amat unik, karya-karyanya didominasi objek wanita yang olehnya selalu ditampilkan berjiwa, tapi tak pernah selesai. Kebanyakan karyanya menggunakan cat air dengan kesan minimalis, tapi sekaligus bebas dan ”berantakan”. Stina mampu membuat karya yang mendobrak komposisi dan aturan-aturan lazim dalam dunia seni tanpa mengurangi nilai estetisnya. Malah tetap dapat terliahat indah sekaligus orisinil. Sapuan catnya menciptakan warna-warna yang romantis namun juga ekspresif.

Karya-karyanya cenderung terlihat seakan-akan belum selesai, hal itu dikarenakan memang ia kurang menyukai gambar-gambar yang ”rapi” dan ”selesai”. Sayangnya masih banyak orang yang kurang menghargai karyanya ini karena kebanyakan orang memang lebih menyukai gambar yang selesai dan penuh. Tapi saya pribadi sangat menyukai karya-karyanya yang terlihat bebas dan indah. Terlepas dari itu, karya-karya Stina sendiri sebenarnya cukup diterima di dunia internasional.

Stina lahir di Swedia, selpas SMA ia melanjutkan studinya di sekolah seni di Italia, kemudian melanjutkan ke bidang fashion. Setelah lulus, Stina yang berminat pula pada ilustrasi, melanjutkan belajar ilustrasi di Pratt Institute, New York. Akhirnya kini ia bergabung dengan CWC International.


Beberapa nama ilustrator yang ia kagumi diantaranya Sara Singh, Tina Berning, dan Caecilia Carlstedt.

Karya-karyanya telah dipublikasikan dibeberapa majalah ternama seperti Elle (Inggris, Swedia, Yunani, Brazil), Marie Claire (Amerika, Inggris, Spanyol), Nylon, Jane, AMICA, Ubersee, Cosmo Girl, lo Donna, Travel & Leisure, Gourmet (Swedia), Self dan Madame (Jerman). Selain itu juga ia telah bekerja sama dengan beberpa perusahaan seperti Vodka, Godiva Chocolatier, Atlantic Records, Volvo Japan, DKNY, dan The Swedish Broadcasting Corporation.

menurut saya pribadi, karya2 Stina amat bebas namun tetap indah..saya sendiri langsung jatuh cinta begitu melihat artikel tntg Stina di majalah concept edisi 15. saya sgt terpesona dengan sapuan warnanya (membuat saya yakin, bermain dengan cat air lebih seru ketimbang dengan pensil warna, cat poster dan acrylic). selain itu Stina mendobrak aturan-aturan komposisi dan nilai estetis yang lazim dikenal. padahal karya-karyanya cenderung “nanggung” dan terkesan dibuat asal2an..padahal nggak. ciri khasnya pun sangat kerasa, sehingga jika kita melihat karyanya di suatu tempat, kita akan tahu itu pasti karya Stina .


saya ingin sekali menjadi ilustrator dengan kepribadian seperti Stina .. bebas dr segala aturan, dan tetap memiliki ciri khas yg unik.

4 responses to “stina persson, idola baru gw…heheheh

  1. Hai Macan, sebenernya mau ke shout box elo, tapi kok gak bisa ya? Thanks yah udah mampir ke blog gue. Salam kenal….Personal Disorder? Wedew….I hope not….Hehehe…

  2. what a long review.. hehe.mau jadi kayak dia, jangan, mending jadi LEBIH dari dia.. gantungin impian setinggi langit, pren. make it happen, then build a greater dream afterward.

  3. root d *tenkyu :)eyafairy *pake firefox ya? belum tentu personal disorder jg..heheh..pst bnyk kli yg sama ky eyabodhi *mksdnya pgn kya stina tuh ya pgn udah bisa nemuin karakter sendiri (ilustrasi gw)..tp klo sukses, ya pst pgn lebih..hehehheehtenkyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s