angkutan “sakit hati” umum

eh… ga jadi hiatus. padahal tadinya pgn hiatus loh… soalnya gw depresi berat kemarin2 itu. kerjaanya cm ngerokok, bngelamun, curhat, nangis XDDDD

trus karena gw udah capek bermurung ria, ya gw berdoa aja. eh ternyata sodara-sodari… besokannya masalah gw selesai satu2, ga semuanya sih. yg palin berat malah belum terlewati. tapi… at least gw bisa berdamai dengan diri gw sendiri dan dengan masalah gw. gw bisa melihat sisi positif dan mencoba lebih sabar.
ga nyangka aja.. ternyata masalah gw bisa selesai sebagian dan dgn bgtu mudahnya. setelah masalahnya lewat, gw malah merasa… ternyata problem gw tuh ga berat2 amat. Thank God…

tapi… ternyata… masih ada lg yg mau gw curhatin… (WHATTT??? MASIH, CAN?? MAU NGELUH LAGI???–sowadgtuloh… blog punya gw ini =P)

sodara sodari…

gw
sakit
hati

sumpah ya… kalo lagi macet, kadang gw suka emosi sama yang bawa mobil pribadi. tiap hari ada aja orang yang beli mobil. ga usah sok deh. naik tuh busway, bis kota, ojek. macet tauk!

tapi… sekarang…
jujur aja. kalo bokap gw beliin gw mobil pribadi, gw akan selalu make tuh mobil. ga sudi gw naik angkutan umum!

bukan apa-apa. gimana pemerintah berani-beraninya meminta warganya untuk meninggalkan mobilnya di rumah dan naik bis kota sama angkutan umum kalo fasilitas2 tersebut keselamatan, keamanan dan kenyamanannya sama sekali ga terjamin??

pake busway? oke… gw rasa busway cukup bagus lah ya. keselamatan dan kenyamanannya lebih baik. masalahnya… ga ada busway yang nyampe bekasi!!!

kenapa gw emosi kayak gini? soalnya akhir-akhir ini gw mengalami kejadian super ga cihuy sama yang namanya angkutan umum. dalam waktu yang berdekatan. dan gw tuh bingung… kalo mau bikin pengaduan itu ke siapa, ke mana. kalo didiemin, jujur aja, gw merasa hak gw sebagai konsumen telah diabaikan.

sebelumnya, gw ingetin klo postingan gw panjang bgt. jadi…. klo lo ga suka baca postingan yg panjang2, silakan lewatkan saja. daripada pusing. hehheheheh…..

kejadian pertama nih… suatu hari gw naik angkutan umum jurusan cililitan perumnas, kalo ga salah. pokoknya nomernya K-58.. gw naik itu bareng temen gw, sebut aja Joko. angkutan umum itu (selanjutnya kita sebut angkot) trayeknya melalui jalan tol menuju jatibening. nahh… pas di tengah jalan, tu angkot tiba2 mogok!
dengan sabar, gw dan seluruh penumpang menunggu si sopir angkot yang sedang berusaha menjaga kelangsungan hidup si K-58. setelah 5 menit, akhirnya jalan juga… TAPI…. baru jalan 100 meter, tiba2 angkot terkutuk itu mogok lagi. dan kali ini sang sopir membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki mobilnya.
setelah menunggu sekian lama dan si mobil ga beres juga, tiba2 melintas angkot K-58 lainnya. angkot itu berhenti dan menawarkan kami para penumpang untuk naik. tapi apa yang terjadi saudara2?
sopir angkot baik hati itu malah diusir sama sopir angkot yang gw tumpangin. sohib gw, si Joko, udah merenggut penuh dendam. secara itu di jalan tol… kalo tuh mobil bner2 ga bisa nyala gimana? masa mau jalan kaki sampe pintu tol trdekat?? angkot K-58 yang lewat jalan tol tuh selalu penuh. klo ada yg kosong, itu tuh once in a blue moon, tauk!
trus.. 10 menit kemudian, ada mobil JASA RAHARJA lewat. mereka dtg untuk membantu si sopir angkot. iseng2 gw tanya sama petugasnya… “pak, saya sama temen saya boleh nebeng sampe jatibening ga?”
jawab mereka, “ya…kita sih boleh2 aja. malah semua penumpang angkot ini juga boleh. kan mobilnya muat. tapi… dibolehin ga sama sopir angkotnya?”

WADEFAK???!!!

gw kecewa bgt. kenapa nasib gw bisa ada di tangan seorang sopir angkot? seenaknya aja itu sopir angkot nglarang penumpangnya naik mobil lain. dan nglarang angkot lain membantu penumpangnya.

yang kedua… kali ini gw naik P6, bis kota jurusan grogol-kampung rambutan. biasanya gw selalu nunggu biar bisa dapet bis yang kosong. dan kalo naga2nya macet, gw selalu nyari bis AC. biar adem. tapi waktu itu lg hujan deres, dan gw lg bareng temen gw sebut aja namanya Jenk yang ga mau naik bis AC karena ga berhenti di tempat tujuannya. jadilah gw dan Jenk berdiri, naik P6 yang busuk itu.
yang bikin nyolot.. udah tu bis jelek, jalannya lelet, ga mau lewat tol biar bisa nyari penumpang… si kenek pun masih ngotot naikin penumpang padahal gw udah sesak2an.gw udah berdiri rapet bgt sama Jenk (dy cewek loh), punggung gw mepet sama seorang cowok.smua yang berdiri udah pada slg mepet. eh si keneknya masih aja naikin penumpang. gw sampe bingung mau geser kemana. si keneknya teriak2 ” GESERAN MAS, GESERAN NENG… KASIAN NIH ADA YG MAU NAIK!!!”
gw cuma diem aja, soalnya gw ngrasa udah mentok bgt gtu. eh tiba2 tangan gw di tepak aja gitu. wanjianngg!!! si kenek nepak tangan gw dan gw disuruh geseran lagi sampe si Jenk bisa kempes. akhirnya ada penumpang yg marah gara2 dy maksain naikin penumpang terus. eh si kenek malah jawab “MAKLUM MAS NAMANYA JUGA BIS KOTA!” eh… gw juga tau ini bis kota. dasar bego. trus si oknum pria itu lgsg minta uangnya dibalikin dan dia turun.
brengsek bgt. sekali lagi gw merasa hak2 gw sebagai penumpang –yang membayar dengan pas, tidak kurang, tidak pernah buang sampah di dalam angkutan umum, apalagi meludah– sangat diabaikan. mulai dari dipaksa gencet2an sampe kaki keinjek, tangan gw di pukul, sampai diperlakukan tidak ramah.

yang ke tiga… (masih, nih can??) gw mau naik angkot K-02, tapi dy lagi ngetem alias menunggu penumpang penuh, sementara gw lagi buru-buru. ga ada waktu buat berlama2. tiba2 lewat angkot k-02 lainnya yang lgsg menawarkan gw naik dan dia blg dia langsung, alias ga ngetem. ya gw naik lah….
eh tiba2 sopir angkot yg pertama tadi turun dan langsung berdiri di depan angkot yg gw naikin. dia meninju kaca depan angkot itu dan marah2 sama sopir angkot yg gw naikin. dy ngelarang angkot gw untuk jalan.
damn
terpaksalah gw turun. gw takut si sopir baik hati ditonjok cm2 gara2 gw doank. tapi di dalam hati gw ga terima. hak apa dia bisa ngelarang gw harus naik angkot yg mana?? emang dy yg punya jalanan?? sialan!! emang ada ya aturanya begitu??

dan yang terakhir… ini di P6 lg. gw duduk di dekat jendela, dan di sebelah gw bapak2. lo tau ga… dengan tampang pura2 bego… si bapak mendekatkan sikutnya ke tubuh gw. gw mulai merasakan indikasi ga enak.
sambil pura2 bego jg, gw selipin siku gw untuk menghalangi siku dia biar ga nyentuh bagian tubuh gw. dan lo tau apa yg terjadi? eh dy nyari2 sela loh….!! dia nyoba2 berusaha menyentuh tubuh gw pake sikunya. dan tentu saja gw berusaha melindungi diri gw. dan jadilah gw saling adu siku dengan ngotot tp raut muka pura2 tenang.
merasa terancam, gw lgsg berdiri dan nyuruh tu org minggir. gw lgsg pindah tempat duduk ke tempat lain. di sebelah seorang cewek.

bener2 ga adil… mana perlindungan buat konsumen???
dengan fasilitas serusak ini, berani-beraninya om-om di senayan sana meminta kesadaran masyarakat untuk naik angkutan umum. apalagi buat para kaum hawa yang rawan bgt untuk jadi korban kekerasan dan pelecehan. dan yang lebih parahnya, ga ada pula sarana untuk menyampaikan keluhan dan kritik ini.
coba kalo busway… kalo ada keluhan, tinggal tulis di surat pembaca atau telpon langsung ke call center atau perusahaanya. tapi coba klo angkutan umum? bis kota? … gw mau ngadu ke mana?

gw bener2 kecewa sama pemerintah. gimana mereka berani-beraninya menuntut warganya harus begini-begitu sementara mereka ga mampu menjamin kesejahteraan dan keamanan warganya. minimal, kalo mau menuntut warganya aktif atau apalah… pastikan dulu fasilitasnya memadai.

jangan asal njeplak aja ya Oom…

saran saya.. (biar ga cuma ngritik doank), coba sistem kerja angkutan umum tuh sama kayak busway. jadi semua uangnya di setor ke satu lembaga, dan penghasilan supirnya pake sistem gaji. atau ga, minimal di buat lembaga pengaduan angkutan umum. jadi , kalo ada kejadian kayak yg saya alami, saya tinggal mencatat plat nomor angkutannya dan melaporkan keluhan gw. biar bisa ditindaklanjuti.
tapi… ya… gw tau.. percuma gw nulis disini. ga bakal nyampe juga ke senayan, apalagi istana presiden.
ga apa-apalah… toh yang penting gw menyuarakan pikiran gw. biarpun yang denger cuma sedikit. itung2 curhat colongan. heheheh….

eniwei… maaf kalo kata2 saya disini tidak mengenakan hati. atau mungkin asal njeplak jg. atau penuh curhatan ga penting. soalnya emosi booo… menghadapi kejadian ga enak dengan angkutan umum dalam waktu yg berdekatan berturut-turut.

halo bapak-bapak basis senayan yg terhormat… jangan diambil hati ya postingan saya. tapi ambil sikap aja… maksudnya ambil sikap biar ga ada lagi gitu loh orang-orang seperti yang mengeluh soal fasilitas… hehehehh

16 responses to “angkutan “sakit hati” umum

  1. tuh kan akhirnya lewat juga, belum seminggu, belum 3 hari malah kan? =)sekarang udah bisa posting kritis ttg masalah transportasi di ibu kota yang ruwet itu hehehe.. kayaknya professor ahli transportasi perkotaan dari eropa juga butuh waktu 30 tahun buat menyelesaikan masalah warisan ini =)mudah2an bapak2 yg ada di senayan, eh bukan yg lagi main bola kan? mudah2an mereka denger, kayaknya mereka udah sering denger tapi bingung *halah :D*senengakhirnyabebandikepalakamuilang=)

  2. ahahaha… ga jd hiatus karena ga tahan kebelet curhat ya, Le? xDbtw…kenapa para oknum2 angkutan umum itu suka seenaknya aja? suka melanggar hak2 kita sebagai penumpang? suka menindas antar mereka?menurut gw penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena mereka adalah orang2 yg tak berpendidikan.yg taunya menyelesaikan masalah hanya dgn main tonjok, main pukul, main kekerasan lah pokoknya!soalnya bagi mereka, hidup itu keras. jd mereka harus lebih keras jg dr pd hidup! *hayah…*makanya mereka bisanya cuma seenaknya doank, meskipun mereka melakukannya utk cari makan.jd lah kita2 yg para penumpangnya ini yg jd korban.saran gw? gw ga punya saran apa pun! *emang lu siape, la? xP*susah jg seh ngebenerin sistem yg udh tertanam dr dulu2, apalagi “yg duduk di senayan” itu ga pernah ngerasain naik angkutan umum!mereka kan bisanya cuma nyuruh doank, “ayo, naik angkutan umum aja!”. tp ga pernah tau menderitanya naik angkutan umum tuh kayak apa!mungkin gw cuma bisa ksh saran, kalo mau curhatan lo ini didengerin ama mereka…suruh atau bahkan paksa aja mereka anik angkutan umum!biar pd ngerasain sendiri ga enaknya naik angkutan umum tuh kayak apa.biar mereka langsung ambil tindakan utk membuat kita2 para penaik angkutan umum menjadi lebih nyaman.itu jg kalo mereka peduli, sih… xPbetul, tidak? xD

  3. Pake sepeda ajašŸ™‚, atau pundah ke samarinda. Gak macet disini :p. Cuman paling antri BBM aja. Ha Ha Ha

  4. nilla >> tau aja gw udah kebelet. hehehhe….ya susah sih jadi org kecil, omongannya jarang di denger.jengkolholic >> been there… hahahahha

  5. disini angkuta umu malah lebih paraaahhh dr diindonesia..aku selama disini gak pernah dibolehin keluar naik angkutan umum

  6. First of all, gue mau bilang dulu,gue baca postingan lo dari jam 2 siang sampe jam setengah 4 lewat nih skarang!nyambi2, makan siang dulu, nonton infotainment dulu, ngegosip dulu sm sistah, mandangin hujan dulu di luar, baru dehhh gue komen!muahahaha, Le, panjang banged! :Dtp suwer, berbobot banged kok ;)gue baca dari awal sampe akhir, ndak sedikit pun yg terlewatkan :)>-Btw, soal postingan lo, ehem,susah Le,ngandalin pemerintah itu susah,memang sih, kitanya jd korban “pembantaian”,angkutan umum itu dipake gak enak, gak dipake tapi butuh,tp yah gitu,ingat, kita di Endonesia!Eits, jangan mentang2 juga sih!Gue juga mikir itu duit2 project busway sebenernya untuk siapa?trus, soal oknum2 angkutan umum itu yg tingkah lakunya sangat menyebalkan,gue sih ngelihatnya mungkin juga karena mereka cuman mikirin satu, duit!apalagi coba’?Yang tabah aja ya Le,kalo mengomentari soal gini2an mah memang kita harus banyak berkompromi soal “sistem”.kalo gue sendiri berhubung blakangan udah jarang kmana2, jd jarang naik angkutan umum,kalo pun pergi2 paling gara2 diajak temen trus nebeng deh sm temen,kayanya lebih happy dan nyaman aja :D*Leaaa, sowiiieeee, jd ‘numpang posting’ nih gue. kayak bales dendam, baca postingan panjang, maka saya boleh komen panjang2, wakakakakak :))*

  7. o-em-jiiii…gw ikutan emosiii baca cerita2 di post yang satu inii… hiiihh… trus bapak2 ganjen itu juga. hih, najis.gw gak ngira jakarta separah itu.. gw si tau jakarta tu keras, tapi gak ngira bakal segitunya.. waa,, brarti purwokerto tu masih termasuk damai yah.. huhuhu…klo disini yah, bukan sopir bis yang ngejar2 penumpang,, tapi penumpang yang ngejar2 bis.. dan klo kaya gini tu jauuuuh lebih bagus.. gw setuju banget klo sistem angkot disamain kaya sistem busway..bokapnya k’macaaann… beliin k’macan mobil doong… kasian tuu…

  8. btw, di komen tata yang atas, ‘disini’ maksudnya bukan purwokerto yah.. heuheu.. di pwt juga sopir angkot yang masi ngejar2 penumpang..disini maksudnya di tempat tinggal tata sekarang..

  9. cewek tulen >> ga jadi hiatus kok. wah. makasih.. sama2.ichaawe >> taunya angkot di arab. kata temenku yang udah pernah ke sna, emang bahaya gitu angkot di sana.cempluk >> ga kuat jalan kaki dr bekasi ke grogol T_Tnieke >> bener kan ini nieke?? :p soalnya nilla kan udah komen. gapapa ke. gw malah seneng klo org komen panjang2. brarti dy bner2 baca postingan gw. tengkyu ya nick… makanya..klo semua sopir angkot pake sistem gaji, otomatis dy ga bakalan suka ngetem lama2. kalo ada lembaga pengaduan, dy ga bakal berani macem2. klo seenaknya, tgl laporin aja…tp… ya gitu deh. hahahha… cm bisa disampein di blog aja nih.tata >> makanya… jgn mau tinggal di jkt XDDDD udah. lo disana aja. better than jakarta lah…

  10. Gue juga pernah kok, kaya git, bisnya udah penh masih aja dipaksain, alhasil keadaan di dalem ga jauh beda ama keadaan pepesan ikan teri nyokap. malah pernah sekali gue hampir berantem ama keneknya, janjinya nyampe pulogadung eh malah diturunin di rawamangun, udah gitu pas duitnya gue minta lagi eh maen marah aja, langsung gue tendang aja tuh kenek, pas dia mau ngebales keburu dipisahin ama penumpang laen. Tapi bener kalo misalnya punya mobil sendiri mendingan ga usah naek angkutan umum deh, toh si bapak pejabat yang nyuruh naek angkutan umum pasti ga pernah sekalipun naik angkutan umum. biasa asal njeplak ajah

  11. Celoteh Riang Duniaku >> waduh… berani bgt pake nendang keneknya. gw mau deh kaya gitu..hahhahah. enak kali klo bisa nendang kenek resek kaya gitu. mynameisnia >> bikin lagu sambil main gitar kan? XDDDD

  12. huhu, udah lama juga gak ngikutin perkembangan bekasi tercinta.. baru tau loe di bekasi juga, soal busway, kan ada feedernya di kemang pratama langsung ke komdak atau ke plaza semanggi? trus bukannya dari pulo gadung sana udah ada? tergantung juga sih bekasinya dimana..ngmg2, emang perlu diakui sih pemerintah belom menyediakan sarana transportasi yang nyaman, aman, dan efektif.. makanya kemacetan masih jadi gangguan berkendaraan paling utama..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s