Peduli Bumi

Haloooww…lama tak bersua!!! Heheheheh….

Wah…minggu ini minggu yang sibuk… dengan segala persiapan peringatan 10 tahun 12 Mei, kegiatan ormawa dan masalah-masalah yang ga penting.

Kali ini gw pengen mamerin salah satu tugas mata kuliah Desain Komunikasi Visual V gw. Emang sih ga gtu bagus, tp gw cukup puaslah…

Jadi tugas gw adalah membuat kampanye sosial, dimulai dari desain logo, poster, hingga merchandise. Tapi di sini gw cm bisa mamerin logo sama poster aja, soalnya merchandisenya belum fix.

Tema kampanye sosial yang gw pilih adalah ”Global Warming”, jieeee… Bukan, gw memilih tema ini bukan karena ikutan tren, tp krn gw emang lagi concern banget ama masalah satu ini. Gw mulai panik dengan efek global warming yang makin menggila. Dan gw pgn tugas kuliah ini bisa menjadi pengingat buat gw bahwa gw harus mengubah kebiasaan jelek gw. Demi menyelamatkan dunia XDDDD

Inilah logo gw

my logo

Gw menamakan gerakan untuk kampanye sosial gw adalah Komunitas Peduli Bumi. Jadi kisahnya KPB ini adalah sebuah organisasi independen yang mengkhususkan diri di bidang lingkungan hidup.

Targetnya adalah remaja SMP sampai kuliahan gtu. Makanya gw membuat logo yang ”seru”. Gambarnya adalah seseorang yang sedang memeluk bumi. Maksudnya adalah bumi merupakan tempat hidup kita, makanya kita harus menyayangi dan menjaganya. Digambarkan dalam posisi memeluk adalah untuk menunjukkan rasa sayang kepada bumi dan melindungi dengan penuh kasih (halah!).

Konsep kampanye gw adalah ”menyelamatkan bumi dapat dimulai dari hal-hal kecil”. Maksud gw adalah…kita ga perlu gembar-gembor ikut green peace, jadi donatur tetap di WWF, ato demo menentang pembalakan hutan di DPR. Untuk menyelamatkan dunia tuh bisa dimulai dari hal yang plg kecil.

Trus, kenapa gw memilih targetnya anak muda, karena anak muda itu adalah generasi penerus, dan mereka bisa nurunin pesan2 dari kampanye sosial tersebut kepada anak2 yang lebih muda juga. selain itu biasanya remaja yang lebih kritis dan punya waktu untuk melakukan kegiatan2 sosial dsb, dan remaja lebih mudah didekati dan diberi pengertian dibanding org dewasa. Ya itu sih asumsi gw. Hhehheheh….

Itu sekilas tentang tugas gw.

Untuk mengakhiri postingan kali ini, gw juga akan memberikan tips dan cara2 agar teman2 sekalian dapat ikut menyelamatkan dunia ini… gampang kok. Karena untuk menyelamatkan dunia, kita ga perlu jadi aktivis, apalagi Superman. Tips2 ini bisa dilakuin siapa aja kok. Sebagian tips gw dapet dari majalah, internet, temen2 gw, dan ide gw sendiri.

  • Bawalah kantong plastikmu atau tas belanjamu sendiri saat berbelanja ke pasar, supermarket, atau minimarket. Minimalisasi penggunaan plastik.
  • Buang sampah pada tempatnya, klo ga ada tempat sampah di sekitarmu, mendingan disimpen dulu dan baru dibuang setelah menemukan tempat sampah. Ada baiknya kamu selalu menyediakan kantong untuk menampung sampah2mu di dalam tas.
  • Matikan lampu dan listrik yang ga perlu.
  • Jangan pernah membeli makanan yang menggunakan styrofoam sebagai kemasannya. Styrofoam tuh lebih bahaya daripada plastik!
  • Klo bisa, jangan gunakan benda2 yang menggunakan freon
  • Klo mau ke tempat yang jaraknya ga lebih dari 200 meter, jangan pake motor apalagi mobil pribadi. Jalan kaki aja deh. Sehat, hemat, dan ramah lingkungan.
  • Biasain naik angkutan umum. Serius.
  • Buat anak FSRD, klo mau asistensi tugas desain, jgn pake kertas… klo punya, pake laptop aja. Klo ga punya, ya udah gpp… ato ga save di flashdisc, trus pinjem laptop temen buat asistensi ke dosennya. Yg jadi temennya jg jgn pelit yaa… heheheh
  • Belilah produk2 hasil daur ulang, atau yg bisa didaur ulang
  • Bawalah botol minum klo perjalanan jauh atau ke sekolah/kampus, jgn beli minuman kemasan, atau minuman botol.
  • Yang ga ngrokok, ga usah gaya2an belajar ngerokok… cm nambahin polusi aja. Yg udah addict ama rokok aja pada kebingungan gimana cara ngilangin kebiasaannya. Akan sangat2 baik klo org2 pada brenti ngrokok. Minimal ngurangin lah jumlah rokok yg dikonsumsi per hari… gw jg lg berusah ngilangin kebiasan jelek yg satu ini kok (walau susahnya minta ampunnnn….)
  • Ganti tissue2 yg biasa kmu bawa dengan handuk atau saputangan. Sedih banget pohon dirobohin cm buat jadi lap hingus, lap keringat, ato ngeratain lipstik dan bedak. Jauh lebih baik klo tissue2 itu lo ganti dengan handuk atau lap.
  • Minimalisasi penggunaan kertas toilet…
  • Mandi pake shower jauh lebih hemat air daripada mandi pake gayung loh
  • Klo nyuci piring, pertama basahin semua piringnya. Trus sabunin piringnya, nah selama nyabunin piring itu, jgn nyalain airnya. Baru deh lo nyalain pas ngebilas. Itu jg bisa menghemat banyak air loh.
  • Usahain punya tanaman hijau di halaman rumah. Satu aja udah bagus…better than nothing.

Nah kayanya segitu dulu tips dari gw, atau ada temen2 yang mau nambahin tipsnya… bagi2 ya tips “menyelamatkan bumi” dari kalian semua.

Gw akuin belum semua daftar di atas yang bisa gw lakuin. Masih banyak kebiasaan jelek yg ga bisa dihilangin. Tapi menurut gw, mencoba lebih baik daripada ga melakukan apa2… J

Ayo kita peduli bumi!

9 responses to “Peduli Bumi

  1. wah, bagus jg tugas lo, Le…😀 idenya dapet!
    kondisi bumi emang udh sangat memprihatinkan, ya?
    memang butuh pergerakan dan kampanye2 yg dapat menyelamatkannya…😦
    kalo bukan kita, siapa lg?
    jangan sampai anak-cucu kita sudah tidak bisa lg menikmati nikmatnya tinggal di bumi.
    *hayah… lebay deh si Nilla*😛

  2. keren logonya hun =), lucu + imut gitu, kemarin pas perjalanan ke pulau peucang, lautnya juga udah agak kotor gitu, banyak sampahnya, karang2nya banyak bekas bom, padahal pantainya keren banget.. apalagi kalo sunrise.. ga kalah ama bali deh, sayangnya susah dijangkau =)

  3. nih gw tambahin list elo:
    – jangan minum teh seduh, karena penyeduh teh itu susah diurai.
    – (ini yang gw rada gak setuju) diusahakan bayi pake popok, gak usah pampers karena susah diurai. tapi secara logika, perempuan harus pake handuk donng?? gak boleh pake pembalut? hi…
    – mengganti tissue pake lap, sama saja mengganti kapas pembersih muka dengan lap. hehehe. logikanya kalo tissue gak boleh, kapas jg gak boleh doms. jadi, cewek2 kalo bersiin muka pake washlap.

    heuheuheu..

    lo kemana aja? blog kagak diapdet2, udah ada blog baru aje😀

    gw bae.. ckckck.. bagus jg blognya.

  4. hmmm,
    jujur sie,
    gue masi susah nih ikutin pergerakan spt ini,
    soalnya gue masi suka boros pake aer,
    masi suka pake2 alat yg mengganggu ozon,
    ckckck😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s