awas ketipuu!!!!

kemarin, pulang dari mengikuti kelas illustrasi di fatmawati, gw dijemput oleh mas kriwul di citos. dari sana, makan bentar di AW, kemudian meluncur pulang ke bekasi. 

 

nah, cerita dimulai setelah gw sampe di rumah. si nyokap tiba2 bilang, “eh, Nie… ada cerita lucu, deh!” belum sempet gw nanya cerita apaan, adek gw yg bontot lgsg nyamber, “Jangan cerita Mah!”

“cerita apaan?”tanya gw

“biasa, adek kmu tuh…” sekali lagi adek gw nyamber2 nyuruh nyokap jgn cerita. lgsg aja gw tebak, “henpon acel ilang ya?”

“loh?? kok tau??” adek gw dan nyokap gw kaget gtu.  bukan… bukan… gw bukan mau cerita soal indera ke-enam gw *ngga dink, gw ga punya indera ke enam, cm intuisi aja yg tajem dikit, dikit bgt :p

jadi gw mau nyritain soal ilangnya ape adek gw. ternyata dihipnotis booo!!!

jadi kisahnya, adek gw dan 6 sahabatnya mau jalan2 ke ancol. kemudian mereka jalan dari rumah jam 11an. baru 200 meter dari rumah gw, tiba2 mereka dicegat 2 org cowok. mereka curhat gitu klo adeknya digetok pake hape, dan mereka minta bantuan adek gw dan temen2nya. mereka minta salah satu dari temen adek gw ikut mereka dgn alasan mau nunjukkin adeknya yg digetok hape. dan mereka bilang, klo adek gw dan temen2nya ga percaya ma mrk, titip aja hapenya ke temen adek gw yg mau diajak ke rumahnya. 

dan dengan mudahnya, adek gw dan gerombolannya naro hapenya di temennya, dan 2 cowok itu membawa pergi temen adek gw.

sekembalinya… seperti bisa kita tebak, temen adek gw kembali tanpa membawa henpon mereka.

logikanya, masa iya org bisa dibodoh2i kayak gtu. memberi henpon sendiri untuk menjamin klo dirinya ga diboongin. malah ngasih tangan sendiri ke mulut harimau itu namanya. jadi penjelasan yg plg logis adalah ” HIPNOTIS”

  adek gw ga ngrasa apa2 dan kayak kebo dicucuk hidungnya waktu ngasih tu Hape. awal2nya emang curiga ama tu org, tp setelah diajak ngobrol muter2 entah knp adek gw dan temen2nya percaya aja gitu ama si oknum. wah…

yg gw seremin, praktik hipnotis udah berani sampe masuk komplek rumah dan berani lgsg nyergap 6 korban, yg notabene jumlahnya lbh banyak drpd pelaku. sumpah… gw jadi serem sendiri.

 

ngomongin soal tipu menipu, baru2 ini jg gw merasa ditipu.

 

beberapa waktu lalu, atau  tepatnya sekitar 2 bulan yg lalu, seorang teman lama dari kantor tempat gw magang dlu menghubungi gw dan meminta gw mendesain logo dan stationery untuk perusahaannya dia. perusahaan taylor kecil2an tp kelas atas gtu.

dengan bayaran yg ga berhati nurani, akhirnya gw terima job itu dengan alasan “BUAT TEMEN”, ya udah, gw ikhlas, walaupun sempat merasa tertipu karena teman2 sesama desainer gw pada bilang honor gw ga manusiawi dan ga menghargai profesi desainer. ya udah, gpp, gw ikhlas.

 

akhirnya gw mencari referensi di internet, buku perpus dll, mengadakan konsultasi singkat dengan klien yg temen gw ini sampe gw dapet apa yg dia mau. kemudian gw membuat logonya dan direvisi berkali2 sampe dpt yg dia mau. setelah fix, gw kirim logo finalnya ke oknum ini. dan… 

 

tidak ada respon  

 

gw tunggu beberapa hari masih ga ada respon, akhirnya gw menghubungi beliau kembali. ternyata katanya email gw ga nyampe. akhirnya gw kirim ulang, plus bebrapa revisi disana-sini. 

kembali tak ada kabar, dan ketika dihubungi, kembali katanya emailnya ga nyampe. gw kirim lg sampe 3 kli. dan itu terakhir gw kirim, lebih dari 2 minggu yang lalu. sampe skrg ga ada kabar.

  akhirnya gw konsultasi sama tutor kelas illustrasi yg gw ikuti, dan dia menyarankan gw memutus jalinan kerjasama dengan dia serta memperingatkan dia untuk tidak memakai logo gw atau memakai dengan modifikasi.

barusan tadi gw kirim email ke oknum. ada perasaan ga  enak soalnya dy kan temen gw dan lebih tua drpd gw. tp klo udah soal kerjaan kayaknya ga bisa kayak gini, krn disini gw adalah korban.

 

sebenernya kejadian ditipu klien ga cm sekali. mungkin sebenrnya bukan ditipu, ya… tp klien gw aja yg terlalu merendahkan posisi desainer, plus ga profesional. gw jg sih yg bego. klo kt senior2 gw, sbg desainer kita tuh hrs tegas soal kontrak, sistem kerja, honor, dll. klo ga oke, tinggalin aja, krn profesi desainer itu emang sering dijadiin sapi perahan. sementara gw orgnya selalu nrimo2 aja dan paling segan ngomongin duit. gw mikirnya positif aja… ibaratnya kita sama2 butuh, masa dy sama sekali ga menghargai kerjaan gw? tp ternyata…emang ada oknum2 yg kayak gitu. yg memanfaatkan desainer, yg mencuri hasil kerja desainer tnp membayar, org2 yg ga menghargai kerjaan dan usaha org lain. dan ada juga org sebego gw, yg gampang ditipu dan dirayu dengan melas2. hufff… beruntung gw bergaul dengan beberpa org yg notabene udah mapan posisinya sbg desainer dan profesional. jadi gw bisa nanya2 dan minta bimbingan klo soal beginian. walau klo konsultasi soal harga, past mrk akan nyeletuk “kemurahan tuh!” 

 

duh, Mas Adi… saya kan masih mahasiswa, ga mungkin saya pasang harga yg sama dgn mas Adi. belum jadi desainer profesional pula… hehehehe…. 

 

pokoknya, gw mau ngubah sikap gw dlu, biar ga gampang ketipu lg. baik oleh calon klien, maupun oleh teman2 gw yg hobi ngibulin gw dan ngetawain reaksi gw yg suka lgsg percaya gtu aja ama omongan mereka. XDDDDD   
*PS : hati2 ya sama penipuan bermodus hipnotis, biasanya mereka berlagak minta tolong atau nuduh elo nyolong barang mereka. dan JANGAN MAU DIAJAK NGOBROL SAMA ORANG YG GA LO KENAL    

Advertisements

6 responses to “awas ketipuu!!!!

  1. serem banget komplek kamu nie.. padahal masih di dalem lingkungan udah sering ada kejahatan gitu.

    btw ngomongin masalah ketipu sama kontrak, nggak cuma di dunia design aja, masalah duit kayaknya emang rawan penipuan =)

    tapi aku tetep ga nyangka klo temen sekantor kamu itu ternyata begitu, positif thinking aja, mungkin dia lupa.. karena terlalu sibuk ngatur duit =)

    lupain aja yg lewat, anggap pelajaran.. sukses sama proyek2 design & ilustrasi berikutnya, udah ada calon dapet kan? 😀

    dah ah kepanjangan 😀

  2. Hehehehe… iya kmarin domainnya lupa blum diperpanjang, eh ga taunya dah di lock duluan sama yang punya hostingan 😦

    Wakakakaka… aku dah ga gondrong lagi Can :p cz disaranin sama bidadari-bidadari suruh dipotong aj rambutnya…

    Waaa aku pake no im3 sama fren yg dulu. No nya ada di profile blog aku Can.

    Btw dah seneng bgt nih pangerannya skrg da di jkt hihihihi… 😀

  3. zawa >> wah sayang bgt ya, Nu.bidadari yg mana nih?skrg dah banyak bidadarinya? XDDD… oh, nanti nomermu tak cek. iya, aku seneng donk si alarix udah di sini. kmu gimana? udah ada tambatan hati lagi blom? hahaha….

    shige >> halo shige, lama ga main :D/. kabarnya baik. kmu gimana? 🙂

  4. itu di komplek ya le? mending masih hipnotis..depan komplek gue kmrin di dor pake pistol cuman gara2 si maling mau ngambil dompet..

  5. yayi >> wadaw…. kan jadi ngrasa ga aman donk kalo mau tinggal di rumah. anjrit..endonesa mangkin cadas aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s