SMA.Duit.Pesta Buku

Sungguh minggu yang riweuh… baru selesai LDK, gue harus panik2an lagi buat Rapat Kerja Ormawa yang bakal diadain di puncak minggu ini. Tapi, paling nggak… UAS gw udah selesai XDDD… senangnya!!! Sudah lewat minggu2 gila yang bikin gw stress.

Eniwei, adek gue baru aja lulus SMP dengan nilai akhir rata2 7,7. Waktu gw SMP, NEM gue rata2nya 8 koma sekian, dan gue memilih untuk melanjutkan SMA di SMA negri unggulan di Bekasi. Sebenernya waktu itu gue ada niat untuk masuk SMA negri Jakarta aja, tp seorang teman gue menasehati, “ Lebih baik sekolah unggulan biarpun cm di Bekasi daripada maksa sekolah di Jakarta tapi sekolahnya bukan unggulan.” Dan gue pikir, kata2 temen gue ada benarnya jg. Walau sempet nyesel dikit, padahal nilai gue kan lumayan buat masuk SMA negri drh jakarta yg rada bagus.

Nah, adek gue yg sok tau ini…dengan belagunya memaksa untuk memilih sekolah unggulan di Jakarta. Padahal untuk masuk di bekas SMA gue yg di Bekasi aja dia nggak memenuhi syarat, apalagi klo Jakarta. Waktu nyokap gue menanyakan persyaratan untuk masuk ke SMA bekas sekolah gue dulu(secara nilai adek gue belum memenuhi syarat), dengan santainya sang panitia berkata, “Itu gampanglah Bu… Ibu mau bayar berapa?”

WHAT???

Gw kaget banget pas tau ternyata di sini ga masalah nilai lo brapa, biarpun ga memenuhi syarat, lo tetep bisa masuk ke sekolah tersebut asal lo membayar sejumlah uang tertentu.

Akhirnya nyokap gue menghampiri sekolah lain (masih SMA Negeri Bekasi juga) yang rate-nya lebih rendah daripada SMA sebelumnya dan adek gue pasti bisa masuk situ. Nyokap gw cerita ke seorang wanita di bagian Tata Usaha yg kebetulan kenalan nyokap gue tentang kejadian di SMA negri yg pertama tadi.

Jadi, anak2 yang nilainya jelek bisa masuk ke situ donk? Trus anak-anak yang pinter nggak bisa masuk ke SMA itu klo nggak bisa bayar? Walaupun nilai anak saya bagus, belum tentu bisa masuk donk kalo misalnya saya nggak mau bayar… kalo di sini gimana?” tanya nyokap gue lagi.

Dan dijawab, “ ya itu gampang lah… bisa di usahain kok biar anak Ibu diterima di sini.

Duh, dari kata diusahain aja gue udah bertanya2. Usahanya halal apa haram? Gratis apa bayar? Kenapa harus di usahaain? Kan nilai adek gue udah sgt memenuhi syarat di SMA yg kedua ini.

Akhirnya nyokap gue ilfeel sendiri dan memutuskan, lebih baik masuk SMA di Jakarta aja. At least ketahuan klo diterima atau nggaknya lo di sekolah tersebut ditentukan oleh nilai. Bukan dengan cara lo harus dateng ke sana dan menego harga.

Dengan munculnya aturan melarang pemungutan uang dalam bentuk apapun di sekolah, ternyata membuat beberapa sekolah menjadi lebih kreatif dalam mencari uang haram. Ada aja akal2anya. Gue jadi kasihan sama anak2 yang pinter tapi nggak punya duit buat bayar uang masuk sekolah yg mahal sangat. Mereka yang mustinya jadi aset negara, akhirnya cm bakal jadi buruh pabrik cm gara2 ga bisa sekolah. Gue tahu bgt, banyak temen2 SMA gue yg jenius, tp akhirnya setelah SMA cm kerja jadi satpam, pramuniaga swalayan, buruh pabrik, bahkan nganggur cm gara2 ga bisa kuliah dan ga ada kesempatan untuk nunjukkin kejeniusan mereka. Bukanya gue meremehkan pekerjaan2 yg gue sebutkan tadi, cm sayang aja kalo ada orang jenius yang cm berakhir hanya menjadi sesuatu yg sebenarnya bukan levelnya. Mereka bisa menjadi lebih daripada itu. Tapi karena sistem yang rusak di negara ini, bakat dan talenta mereka cm jadi sia-sia.

Ups… kata2 gue jadi sok toy gini. XDDDDD ya sudlah…

Btw… minggu lalu gue ke Pesta Buku Jakarta di istora senayan. SERUUUU XDDDD… gue menghabiskan duit untuk membeli Bilangan Fu yg hanya gue beli 45ribu (dari harga asli 60ribu) dengan menunjukkan kartu mahasiswa, kalo tanpa kartu mahasiswa, harganya 51ribu :p. selain itu gue juga membeli buku2 tentang komik karangan Scott McCloud dan Marcel Bonnef, trus Larung karangan Ayu Utami (udah lama gue cari, akhirnya ktemu di sini!) serta buku panduan menggunakan 3D max. Senangnyaaaa….. apalagi yg Bilangan Fu itu dibeliin sama Mas Kriwul. Makasih ya J

Sementara nyokap gue ( gue pergi ke sana bareng mas Kriwul, nyokap, dan adek gue yg kuliah di UGM), memborong novel2nya Daniel Steel. Sedangkan adek gue yang mentang2 ambil jurusan Filsafat, memilih untuk memborong buku2 Filsafat dan Jurnalistik.

Puasnyaa… gue emang paling seneng deh klo beli buku!!! Tp rada bete juga sih. Gue ga bisa membeli buku Cara Membuat Komik karangan Scott McCloud dan komik2 stripnya Benny&Mice gara2 duit gue udah abis L. Hikss….

Ada yang mau beliin? Bentar lg gw ulang tahun nih. Buat kado gue gitu… XDDDD ngareeeppppp……

7 responses to “SMA.Duit.Pesta Buku

  1. orang kita emang pinter ya masalah nge-hack peraturan demi duit hehehe..
    jadi inget, guruku waktu sma ada yang gitu, dia bilang sekarang dia profesinya jual beli sekolah

    iya senangnya bisa bikin kamu seneng =)
    buku yang itu ntar kita beli kapan2 hun.. tapi sayangnya ga diskon lagi ya.. hiks

  2. nah, tu dia makanya! hehhehe
    asiiikkk, buat kado ultah ya? abaratnya gimana? abarat aja deh :))

  3. Waahh.. gile… Gimana mau bagus ya, mutu pendidikan di Indonesia..
    Wuahhh.. kebayang tuh, gimana puasnya dapet buku-buku yang bagus dan mrah pula harganya… Gue juga suka baca buku, dan beli or jalan-jalan ke toko buku or event tertentu yang berhubungan dengan buku,bikin hati happy..🙂 Selamat membaca buku-buku hasil buruan yyaaahhhh.. ^_^

  4. Mau bayar berapa…😀 kayaknya yang begituan terjadi di semua lapisan masyarakat Indonesia dehw😀 mumpung wiken, met baca2 buku!
    btw kalo sekarang mongken baca2nya kurang seru ya secaranya udah mo masuk sekolah😀 hehehe
    met wiken yak🙂

  5. jengkol >> setuju🙂

    vidya >> wah…ternyata sama2 pencinta buku, aku lg baca bilangan fu by ayu utami nih. seru…

    pritha >> tugasnya ga jadi, hiks… tp gapapa. makasi prith atas kesempatannya. sukses selalu buat elo

    tuteh >> masih tetep baca2 donk. aku mbacanya di kelas sambil kuliah XDDD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s