OSPEK TRISAKTI AMPE TELANJANG-TELANJANGAN – fitnah banget tuh!

Hari ini tiba2 aja temen kantor gue nanya, apa bener Ospek di Trisakti sampe di telanjangin.

Telanjang ndasmu!

Mau digatak sama dosen?? Mau di DO sama Dekan?!

Jadi diceritain lah ke gue klo beberapa waktu lalu sempat beredar santer gossip dan email yg mengatakan kalo Ospek di Trisakti sampe telanjang2 gitu. Bahkan di email tersebut sampe ada fotonya segala.

Jujur aja, gue juga udah denger masalah ini di kampus. Yang mana, serius banget gossip ini udah merugikan kampus gue baik secara material dan immaterial. Gue ga perlu kerugian apa aja yang terjadi di kampus gue karena gue ga mau mem-publish internal kampus gue di blog, kecuali klo issue-nya ga sensitif.

Jadi temen2 gue dan para dosen beserta dekan dan wakil2nya, udah melihat foto2 dusta tersebut. Dan ternyata, ITU BUKAN FOTO OSPEK DI TRISAKTI!

Walaupun mereka sudah melihat, dan walaupun berita bohong itu telah merugikan nama baik Trisakti, sayangnya ga ada yg mencoba bertindak mencari tahu sumbernya dan menindaklanjuti hal ini. Mungkin para Bapak dan Ibu dosen, wakil dekan, dan dekan terhormat hanya mencoba menyikapi masalah ini dengan dewasa. Gue cukup salut dengan kesabaran beliau-beliau ini.

Tadinya gue jg ga gitu peduli sama issue ini sampe temen2 kantor gue membicarakan ini.

Akhirnya, tadi gue googling dan mencari postingan tentang issue ga bertanggungjawab ini. Rata-rata pada menyebar di forum-forum, disebarkan sambil sok yakin bilang klo itu Ospek Trisakti. Padahal mah mereka jg kayaknya dapet gambarnya dari email itu mungkin. Tapi sumpah ya, itu foto2nya gila banget, dan sangat nggak Trisakti. Dari gambar gdeungny aaja udah keliatan. Belum lagi di Trisakti tuh Ospek harus pake almamater! Ga mungkin ngospek anak baru pake baju bebas. udah gila apa!

Selanjutnya… gue mendapatkan blog yang membahas tentang hoaks itu, salah satunya di sini. Dimana tanpa keterangan apa2 si empunya blog cm bilang ” Ospek Gila di trisakti… ampyun deh..”

Padahal dia ga tau apa2. Tapi langsung memberi kesimpulan yang kebenarannya ga bisa dipertanggungjawabkan.

padahal ada temennya yang memberi tahu bahwa berita itu hoax…

dengan mengatakan :

bisot Selasa, 15 Juli 2008 @ 13:31 WIB (Reply)
trisakti bukan kampus gw. tapi foto itu adalah foto dari kegiatan tahunan mahasiawa filifina. nama kegiatannya the obalation run. cari aja di google tentang acara ini. atau klik pencarian google ini

gw takut elo kena masalah aja, yah sesama blogger indosiar, saling mengingatkan.

ok sist

Tp si empunya blog tidak berusaha meluruskan berita bohong yg dia sendiri ga bisa mempertanggungjawabkan melalui posting ulang atau apalah. Gue sendiri udah mampir ke sana dan  sedikit komen blog tsb.

Ada juga blog lain yang membahas masalah Ospek Trisakti yang fitnah doank itu. Walau dia ga secara eksplisit menuduh klo itu adalah kejadian di kampus gue tapi bapak yang satu ini tetap menuduh secara terselubung dan ditambah sedikit menghakimi, padahal sekali lagi, Bapak ini tidak punya bukti kalo informasi yang ia muat adalah nyata dan benar adanya. Sayang, entah kenapa gue ga bisa komen di blog itu, padahal tentunya gue ingin mengatakan bahwa berita itu fitnah.

Padahal…. Tahu nggak sih tenyata gambar dan foto2 yang katanya Ospek Trisakti itu berasal dari mana?

Dari sini ternyata….

Jadi gambar2 tersebut adalah foto dari suatu acara yg bernama Oblation Run yang berasal dari Filipina. JAOH BANGET YAK SAMA TRISAKTI. MEPET-MEPET DIKIT JUGA NGGAK!

Apakah Oblation Run itu?  Menurut sumber ini Oblation Run adalah a much awaited Alpha Phi Omega fraternity event, with crowds filling up the campus corridors and streets to catch a glimpse of the naked runners.

Atau lebih jelas lagi:

The “Oblation Run” — named for the university’s iconic symbol of a naked man with outstretched arms that symbolizes his selfless offering of himself to the nation — started in 1977 as a gimmick by the Alpha Phi Omega fraternity to promote the screening of a movie about oppressed plantation workers called “Naked Hero.” The film had been banned by the late dictator Ferdinand Marcos.

Since then, the fraternity has used the stunt to make political statements, from raising AIDS awareness to demanding the resignation of the Philippine president, said Armand Padilla, a fraternity alumnus and organizer of the centennial run.

Nah, udah jelas kan klo gitu?

Masih mau nuduh itu Ospek di Trisakti?

Di sini gue mau ngasih pesan buat semua blogger,

JANGAN PERNAH MEMPOSTING EMAIL ATAU BERITA ATAU HOAX ATAU GAMBAR YANG KONTROVERSI DAN BERISI INFORMASI YANG KEBENARANNYA TIDAK JELAS DAN TIDAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN, APALAGI BISA MERUGIKAN NAMA BAIK SESEORANG ATAU INSTITUSI. APALAGI… KALO DITAMBAH DENGAN KALIMAT-KALIMAT MENGHAKIMI DAN SOK YAKIN SEAKAN-AKAN ELO YG PALING TAHU!

Untungnya… temen2 blogger gue ga ada deh yang kayak gitu! semua temen blogger gue, setahu gue, sepanjang postingan mereka yg udah gue baca, ga pernah menyebar hoax.

Mestinya sih yang menyebar berita itu pantes di beri sanksi ya? Secara mereka udah melakukan PENCEMARAN NAMA BAIK, KEBOHONGAN PUBLIK, MENYEBARKAN BERITA BOHONG, DAN MEMFITNAH. Apalagi kok ya nekat, yang digituin adalah institusi sebesar Trisakti!

Tapi ya udahlah…itu jg bukan urusan gue. Gue cm ingin meluruskan hal yang jelas belok bgt. Dan gue jg sangat berharap agar SEMUA ORANG YANG MEMBUAT POSTINGAN TENTANG OSPEK TRISAKTI SAMPE TELANJANG-TELANJANG INI AGAR MEMBUAT POSTINGAN BARU YANG MENJELASKAN BAHWA POSTINGAN MEREKA TENTANG OSPEK TRISAKTI ITU ADALAH SUATU KESALAHAN DAN BAHWA INFORMASI ITU TIDAK BENAR SAMA SEKALI! SERTA TIDAK LUPA MEMBERI PENJELASAN BAHWA TERNYATA GAMBAR2 TELANJANG ITU BUKAN MILIK TRISAKTI DAN TIDAK TERJADI DI TRISAKTI, TAPI DI PHILIPINA.

Yah… kalo misalnya blogger yang ber-manner, pasti setuju dengan cara ini. Syukur2 pihak dosen2 di kampus gue tidak mencoba mencari siapa2 aja yg nyebarin info ini dan sok2 ngelapor di infontainment atau apalah gitu. Kurang baik apa coba? biasanya kan org lain, atau blogger baru terkenal dikit aja, atau artis, klo di fitnah kayak gini udah kebakaran jenggot en ngelapor polisi segala. Tolong ya, coba para korban ini dihargai.

Mungkin di antara teman2 sekalian ada yg berpikiran, “Lebay bgt ni anak, sok cinta almamater…

Serius, deh, gue kayak gini soalnya gue ngalamin sendiri efek buruk dari gosip2 dan fitnah kejam tentang Trisakti itu. Gue dan temen2 gue sampe harus mengeluarkan airmata karena efek dari gosip itu (yang gue udah bilang sebelumnya gue ga bisa cerita karena merupakan masalah internal)

tolong donk, jangan korbankan orang lain hanya untuk mempopulerkan blog kalian.

Terimakasih.

PS : untuk yang blognya saya bawa-bawa di sini, dengan hormat, saya tidak punya maksud untuk menjelek2an blog anda. Saya hanya ingin menunjukkan bukti2 dan contoh2 yang akurat berkaitan dengan masalah yang saya bahas.

Jika ada kata2 yg menyinggung hati, saya meminta maaf dengan rendah hati.

23 responses to “OSPEK TRISAKTI AMPE TELANJANG-TELANJANGAN – fitnah banget tuh!

  1. Sebagai orang yang selalu menemani calon istri kuliah di FKG Trisakti, dengan ini menerangkan kalo FKG trisakti gak pernah sampai begitu. Soalnya gw liat pas mereka di ospek.
    Out of topic : Mau pesen tiket ??, Ha ha Ha

  2. berita ini udh gw denger dr dulu2 banget sebenarnya, Le. dan emang ga terbukti bener kok. yah secara gitu loh… kita2 mahasiswa dan mahasiswi Trisakti sendiri inilah yg pernah ngalamin yg namanya OSPEK di Trisakti. dan ga ada tuh yg kayak gitu2.

    jd, kalo ada orang yg sok2 tau ttg Ospek di Trisakti… gw cukup kasian. sepertinya mereka cukup berbakat jd wartawan gossip. huakakakakak…

    Maju terus, Lea! Kebenaran memang harus diungkap!
    *pasang sabuk di kepala*

    hayah…😛

  3. itu orang paling cari popularitas di internet atau emang sengaja merusak citra kampus Trisakti, bisa dilaporin tuh😀

    sabar ya.. kasian yang sampe rancangan ospek-nya jadi buyar gara2 ini😀

  4. mangkanya, masih lebih baek ato lebih enak posting diri sendiri seperti misalnya loncat pager sekolah *nyengir nyengir bergembira* btw met wiken sist!

    *ngiler liad pic* hakakakaka….

  5. Linda >> bukan Ospek guee… Itu acaranya anak philipina

    Jengkol >> betul itu! Makasi Jengkol😄

    Vidy >> wah… kok malah merengun? ?_?

    Juminten >> terus? di fakultas lo ada efeknya ga nil?

    Kriwul >> klo ga cari popularitas, ya berarti dongdong =P

    Tuteh >> heh…Ayo tuteh… Nakal, ya… XDDD

    Nia >> kagak, gue sebenernya kuliah di seberangnya, di Mal Ciputra😄

  6. Tuteh >> XDDD dasar… Mupeng pengen liat langsung? ke Philipina aj aklo gtu😄

    Jamur Busuk >> Cintss… ini dirimu ya? hehehhe….

  7. Senny >> siapa yg ditelanjangin? =P

    Esha di birulangit >> terimakasih =) Salam kenal ya.

    Pushandaka >> Wah, kapan main ke Trisakti? emang anak UGM ya? adekku jg di UGM.

  8. yah, bijitulah.
    budaya meneruskan tanpa berpikir kritis.🙂
    mudah2an sih bisa hilang sama sekali.
    kr makin lama, makin byk yg ikut2an tanpa ngerti apa yg diikutinya.

  9. Dengan berbagai alasan dan akal bulus ke panitia ospek waktu dulu akhirnya aku berhasil tidak ikutan ospek heuehehehehe… dan bodohnya dapet sertifikat ospek juga buahahahahaha…😛

  10. Sa >> iya, setubuh!!

    Raffael >> heh..heh… bandel ya!

    Tobing >> iya, bikin bingung dan bikin susah

    Zawa >> kok bisa??? dasar anak bandel! ini dia nih yg bikin ospek ga seru😄

    tuteh >> masih kok, masih… anda sendiri bagaimana? heheheh

  11. ach ,,
    slh bgt tuch bRita ..
    guw ospek d trisakti gag ky gtu,gag ampe tlnjang” ..
    Parah bgt tuch orang yg bkin bRita ky gtu ..

  12. oalah masih tersimpan toh komentar saya di sana🙂

    hoax ini mungkin mau cari sensasi aja, gak mau repot konfirmasi, padahal kalo mau sedikit usaha kita akan tahu kebenaran suatu berita, kembali lagi, tanya mbah google🙂

    salam kenal yah mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s