ABG = Alien Baru Gede

klik untuk memperbesar gambar

Gue baru tahu beberapa hari ini kalo ABG nyebut Friendster dengan kata EPES. Rasanya seperti mendengar orang kampung yang sok British…

Selain itu, beberapa minggu sebelum Natalan, seorang ABG meng sms gue, isinya :

“Attention…

Bzk da lat drama d humZ’na aBert&merRy…

Jam 11 ciank…

Please pada datenk iaupzZ…”

Gue cengo…

Ciank?

IaupzZ?

emang bahasa Indonesia udah berubah ya?

Trus kenapa juga Iaupzz?? Maksudnya dibacanya yaps gitu? Apa yup? Gila…pemborosan karakter sms banget! Buang2 waktu nulisnya!

Lalu kemudian, gue main ke blognya Nia… dan membaca postingan ini. Dan gue ngakak… owalah…

selanjutnya, gw main ke frenster adek gue dan membaca ini…

Gue ga ngerti… knp mereka pake bahasa kayak gitu? Waktu gue dan temen2 gue SMA, kayaknya ga gitu2 amat lah. UNTUNGNYA, ga semua ABG bertingkah dan berbahasa seaneh kayak diatas.

Tapi ya sudahlah, seperti kata Nia, mungkin mereka cuma “Generasi Bingung”… fase ini akhirnya akan terlewati juga saat mereka memasuki bangku kuliah dan mungkin akan menganggap gaya bahasa mereka sewaktu SMA adalah hal yang norak. Mungkin juga gaya bahasa mereka ini lah yang mewakili identitas generasi mereka, walaupun gue lihat, ga semua ABG sudi mengikuti gaya bahasa ini dan malah menganggap itu norak dan boros pulsa (kalau buat nulis SMS, hihihih…)

Sebagai penutup berikut saya sisipkan kamus singkat anak gaul yang berhasil gue kumpulkan dari berbagai sumber (cuma dikit, soalnya gue ga punya waktu banyak dan ga tertarik untuk mencari tahu kosakata ciptaan para ABG ini):

KAMUS ABG EDISI 2009

Q, akuw, akuwh, kuwh, saiia, saia, w, gwe : aku, saya, gue

Lw, luch, kamuwh, kamyu, kammoohh : kamu, elo

iiaa, iaupzz, iiaapz : ya, iya, yup

iiang : yang

EPES : frenster

Kuk, Qukh, Quq : kok

Luthu (cara ngomongnya mulut dimonyongin, ujung lidah nyaris keluar, plus muncratin sedikit iler lo) : lucu

Moeds, moedz, moetz, imoed, imoets : imut

gk, gx, gax, tagh, takh : nggak, tak, tidak

aaaaoooo, aallooww, ‘alo : halo

ad, ed, et : add

(…) : (,) tanda titik-titik yang banyak dijadiin pengganti tanda koma, misalnya “akuw maw ke humz… mbil mubbil duluw” instead “gue mau ke rumah, ambil mobil dulu”

Ya…kira2 segitu yang gue dapet. Ada yang mau nambahin lagi isi kamusnya? Silakan…

Ada yang mau jadi anak gaul? Silakan hapalin isi kamus sisipan diatas, dan dijamin, hasilnya anda pasti bisa jadi anak gaul… yang kebanyakan nelen kamper sampe mabok XDDDD

hmmm… bisa dimasukkin ke Black Innovation Awards nih😛 Djarum Black mau ga ya  nerima ide tentang inovesi untuk jadi anak gaul? XDDDD

30 responses to “ABG = Alien Baru Gede

  1. ga alergi kok…hihi..cm bingung ama gaya bahasa aliennya aja XDDDD lagian kan ga semua abg kayak gtu

    lah, tp fotonya jg kan ga jelas. emang kentara ya?

  2. iya sih ga semua abg kayak gitu, gaya bicara seperti itu emang penyakit turunan dan menular (dikalangan terbatas)😀

    iya masih kentara, kan segede avatar tuh

  3. hahaha…
    aku jg ada tuh keponakan di FS.
    Sempet buka FS dia. liat comment2 dr temen2nya.
    Yaolooo..bikin puyeng bahasa nya. ABG2 aneh..hahaha
    belom lg tulisannya yg digedein trus dikecilin..jd makin bkn puyeng yg baca.

  4. Eike juga binun cama abg jaman sekarang… btw aaaaaaooooo artinya halo ya can??? Wah tarsan gaul juga ya kalo gitu wkwkwkwkw…

    Epes banyak membawa petaka bwt eike so kadang agk alergi, tapi kadang juga ngangenin. Hihihihi… Loh… wkwkwwkwk…

  5. jengkolholic >> lah, masa abg-mu dulu gimana? syuka pake bahasa gaul jg? XDDDD

    fandi88 >> masa? :)) ya udah…makanya, jgn keikut tren. be yourself aja XDDD no offense loh . tp gpp jg sih, namanya jg mengekspresikan diri.
    salam kenal ya, makasih udah mampir…

    ichaawe >> iya mbak, aku jg udah nyoba ngetik gede kecil gede kecil kayak gtu, trnyata repot bgt dan ga efisien XDDDD

    zawa >> hahahha…klo aku udah males sih nu, emag buka fesbuk aja jarang kan…apalagi FS. FS aplikasinya itu2 aja sih…

    pandi >> alien keparat! kembali ke planetmu! *tembak pake bazooka

    esha di birulangit >> nah, itu aku setuju. sbenernya mereka kalo mau pake bahasa kayak gitu gpp, tp rasanya kok agak mengganggu kalo bahasa kayak gitu digunakan sama kita2 yg notabene lebih tua. kesannya malah ga sopan XDDD

  6. sal >> XDDD sekolah ama squilla jaoh abesss

    raffael >> :)) emang ngobrol apaan? lagian…ko ujug2 ceting ama abg?

    riosadja >> ga usah guru bahasa indonesia, gue aja klo di-smsin kayak gtu rada gondok, bacanya bikin mata capek😛

    tito >> jadi, dia pake bahasa apa?

    senny >> klo gtu gw jg abg donk!😄

  7. pertama2, met tahun baru dulu, sori terlambat.😀

    gambarnya bagus, hehe. ah gw suka ma postingan ini, bener2 mencerminkan keresahan sama yang gw rasain. gw terutama terganggu banget sama “tagh” kayak di fs temen adek lo itu, hahaha.

  8. sherwin >> hahaha…iya sama2. emang bacanya agak mengganggu ya😛

    imcw >> hihi..klo dapet, mgkn bingung juga bacanya. salam kenal🙂

  9. sumpah demi TUHAN . aku ngakak pas ngeliat komiknya .!
    SETUJUUUU 12 kuadrat .!

    bingung yahh . mereka tuh dapet bahasa dari mana .?! ko bisa bisa nya nemu tulisan GeDeKeCiLGeDeKeCiL yang bikin mata juling itu .?!
    hahahahaha ..
    ampun deh ..
    apa lagi kalo yang nulisnya pake 4n9Ka4n9k4 9eTowh .
    o mai GOD ..
    xixixixixixi ..

  10. Pingback: moronphoria »» i'm a stupid moron.. so what?·

  11. Pingback: moronphoria »» i'm a stupid moron.. so what?·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s