Tutorial : Basic Coloring

Kali ini gue pengen berbagi ilmu sama temen2. Gimana cara warnain gambar dengan menggunakan photoshop. Bisa lihat kan gambar gue di postingan tentang telepon… pengen bisa bikin gambar kayak gitu?

Nih saya bagi rahasianya😀

Masukkan gambar hasil scan. Karena gue ga punya pen tablet gue mencoba membuat line art dengan rapih seperti contoh. Biar line artnya nggak perlu dibenerin lagi gitu deh. Hehehe… Kemudian, dengan menggunakan tool magic wand, klik pada area wajah dan tangan yang akan di beri warna kulit. Tekan shif sambil mengklik kiri mouse jika ingin memilih lebih dari 1 area. Area yang di klik dengan magic wand terlihat dari garis putus-putus di sekeliling area.

1.

Buatlah layer baru dengan menklik shift+control+N, lalu beri warna kulit pada daerah yang telah dipilih menggunakan paint bucket.

Untuk aksen, kita bisa memberikan efek bayangan pada gambar. Gunakan burn tool, ukuran burn tool bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Disini saya menggunakan ukuran 50 dengan hardness hanya 2 persen. Sapukan kursor ke daerah-daerah yang semestinya lebih gelap. Pastikan anda melakukannya di atas layer yang sama. Semakin lama anda menyapukan kuas burn tool pada image, maka warnanya akan semakin gelap. Maka berhati-hatilah jangan sampai terlalu gelap atau tidak rata.

1. Sementara untuk efek higlight, saya menggunakan dodge tool. Penggunaannya secara garis besar sama dengan burn tool.

1.

Kemudian kita beralih pada celana macangadungan. Untuk menciptakan tekstur, saya memilih tool pattern stamp, kemudian saya memilih jenis tekstur atau pola yang diinginkan. Kembali saya ingatkan, gunakan magic wand dahulu untuk memilih area yang akan diberi tekstur, kemudian gunakan layer baru untuk mengaplikasikan tekstur.

1.

Setelah itu, celana bisa deberi warna. Saya memilih gradient tool untuk mewarnainya agar tercipta kesan bayangan. Agar tekstur tetap terlihat, ubah layer style anda menjadi multiply.

1.

Kemudian untuk finishing, hapuslah garis2 kecil atau coretan yang kira-kira bisa mengganggu mata dengan menggunakan erase tool.

1. Dan jadilah sebuah kartun manis! Semua ini bisa dilakukan hanya dalam 15 menit dan trik2 tersebut hanyalah trik dasar. Teman2 bisa mencoba menggunakan semua tool yang ada pada photoshop. Coba juga mengotak-atik layer style untuk hasil yang berbeda. Tapi kalo udah punya pen tablet mah… temen2 bisa mencoba style yang lebih variatif dan trik yang lebih sulit.

Selamat mencoba ya!

*Black Innovation Awards udah di buka lagi loh, kalo mau ikutan, buka aja official website Black Innovation Awards. Acara ini diselenggarakan oleh Djarum Black.

Ahhh… kapan ya Djarum Black ngadain kompetisi illustrasi? hehehehe

11 responses to “Tutorial : Basic Coloring

  1. keren ay, kapan nih capture2nya? masa di kantor?😀
    btw kalo bisa dibikin bahasa inggrisnya, bisa dikirim ke smashing magazine, dapet duit tuh😀

  2. kriwul >> tadi perasaan kmu ga nyebut smashing magazine deh! ah, tutorial segini mah ga ada apa2nya. ini kan baru basic…

    juminten >> emang itu tujuannya bikin tutorial ini, biar orang lain pada bisa coloring. ini kan cara ngewarnain digital yg paling simpel. kapan2 klo sempet gue pasti bakal bikin yg tingkat intermediate-nya🙂

  3. kriwul >> ngeless :))

    esha di birulangit >> proses belajar dulu donk, tenag…semuanya emang butuh proses, klo rajin jg lama2 hafal fungsi toolsnya

  4. ooooo . pantes celananya jadi warna warni gitu . ga taunya pake gradient ya . hehehehe . kirain di warnain manual mba’nyaa .

    bewede , makasiii tutornyaa ..
    horeee~ .
    ilopyu mba ,acan . muuuuach ..

    *ya ampun*

  5. Beugh! Mbak macan ini memang sungguh baik hati. Tutorialnya pasti sangat bermanfaat buat yang seneng bikin illustrasi tapi ndak punya graphic tablet😀 Salam kenal!

  6. Pingback: moronphoria »» i'm a stupid moron.. so what?·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s