Black yang Inovatif

st1:*{behavior:url(#ieooui) }

 /* Style Definitions */
 table.MsoNormalTable
 {mso-style-name:”Table Normal”;
 mso-tstyle-rowband-size:0;
 mso-tstyle-colband-size:0;
 mso-style-noshow:yes;
 mso-style-parent:””;
 mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
 mso-para-margin:0in;
 mso-para-margin-bottom:.0001pt;
 mso-pagination:widow-orphan;
 font-size:10.0pt;
 font-family:”Times New Roman”;
 mso-ansi-language:#0400;
 mso-fareast-language:#0400;
 mso-bidi-language:#0400;}

Kebanyakan produk dan perusahaan rokok menggunakan area musik dan olahraga sebagai bidang promosinya. Rada basi, sih… makanya gue harus mengakui gue rada salut ama Djarum Black.

Melihat dari sepak terjangnya, terlihat Djarum Black mencoba menjaring anak muda yang kreatif dan inovatif. Djarum Black pernah ngadain beberapa kompetisi yang unik dan menarik. Seperti Djarum Black Innovation Award. Pertama gue tahu ada kompetisi ini, gue rada kaget… siapa nih orang yang megang marketing dan promosi Djarum Black?? Jenius banget dia (atau mereka)!! Sesuai dengan image yang dibentuk oleh Djarum Black, yaitu (berdasarkan penilaian pribadi) berani, kreatif, dan beda. Dengan innovation Award tersebut, secara nggak langsung Djarum Black mengajak orang-orang muda untuk bertindak kreatif dan bermanfaat bagi orang lain.

Tapi ini belum seberapa, gue lebih terpana waktu Djarum Black mengadakan kompetisi Urban Art. Gilaaaa… gue ga nyangka Djarum Black bisa bener-bener ngeliat apa yang lagi “in” dalam dunia seni mahasiwa dan sekitarnya . Kenapa gue bilang “mahasiswa dan sekitarnya”? Yang gue liat selama ini, mereka yang lebih tua belum menganggap Urban Art sebagai seni, bagi generasi tua, Urban Art selalu identik dengan Graffity, Bombers, dan Vandalisme. Rasanya bahagia produk rokok sebesar itu memperhatikan perkembangan seni di Indonesia.

Dan satu hal yang lebih gila lagi, yang menunjukkan bahwa Djarum Black sangat peka terhadap perkembangan orang-orang muda Indonesia dan sangat peduli untuk terlibat aktif di dalamnya. Djarum Black Blog Competition… Hadahhh… tergeleng-geleng gue dibuatnya. Oke deh, Djarum Black emang identik dengan inovasi dan BreBlackthrough!!!

Blog semakin populer sekarang ini, dan Djarum Black sepertinya tidak mau ketinggalan untuk membuat inovasi dan mengajak para blogger bergabung dengan Black Community XDDD

Kompetisi ini menurut gue masih memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, syarat postingan yang harus berjumlah minimal 21, padahal tanggal pendaftaran blog berakhir di hari yang sama pada tanggal batas pembuatan posting. Jadi ada aja gitu orang baru daftar seminggu sebelum tanggal posting berakhir. Membuat 21 postingan dalam 3 bulan aja cukup berat, apalagi seminggu. Membuat peserta sangat sulit untuk menulis postingan yang bermutu, bermanfaat, dan menarik *bahkan bisa2 ada yang plagiarisme nih.

Selain itu, ada syarat untuk menyisipkan beberapa keyword. Hal ini sempat menimbulkan pertanyaan… jadi maksudnya, kita disuruh ngebuat postingan yang berhubungan dengan keyword itu apa bukan? Tapi di keterangan dan persyaratan, tidak ada petunjuk selain mengatakan isi postingan adalah pengalaman sehari-hari atau opini pribadi.

Gue sih mencoba kreatif dengan menyisipkan keyword dengan berbagai cara. Namun yang jadi pertanyaan… apakah orang yang blognya berisi “iklan2” Djarum Black dengan keyword tersebut akan justru memiliki nilai tambah dan kesempatan lebih besar untuk menang? Kalo misalnya panitia Djarum Black Blog menjadikan hal tersebut sebagai suatu nilai plus, harusnya dari awal panitia mengatakan bahwa postingan HARUS BERKAITAN DENGAN KEYWORD. Tapi sih… mudah2an nggak begitu. Mudah2an Djarum Black bener2 mementingkan isi postingannya, bukan seberapa pinter penulis blognya “mengiklankan” Djarum Black dan produk2 serta event yang ada di keyword XDDDD

Dari segi promosi dan lainnya, untuk lomba ini gue cukup salut dengan Djarum Black. Tampak mereka benar2 siap, mulai dari membuat pendaftaran, web banner, dan hadiahnya… wow… ga setengah2. Makanya gue dengan senang hati berpartisipasi dalam kompetisi ini. Bukan karena gue loyal sama produknya aja loh XDDD tapi emang karena gue seneng ngeblog, dan gue tertarik banget ama hadiahnya.

Harapan gue… mudah-mudahan gue menang… eh… maksud saya… mudah-mudahan lain kali Djarum Black mengadakan kompetisi di bidang komik dan illustrasi, atau desain. Sumpah… saya pasti daftar! Waktu Djarum Black Urban Art Competition, gue ga ikut karena jujur aja, gue ga pede. Style urban art gue belum oke. Susah loh urban style itu!! Coba lain kali bikin lomba illustrasi aja, tp jangan mengacu pada gaya tertentu, biar makin banyak yang berpartisipasi. Komik juga oke tuh! Ato mungkin lomba desain poster??? *halah.. lama2 ni anak makin banyak mintanya XDDD

Oke deh…sukses buat Djarum Black untuk kegiatan selanjutnya ya. Terima kasih karena udah peduli sama blogger, urban artist, komunitas mobil, motor, dan orang2 dengan ide-ide yang belum menemukan wadah untuk dituangkan.

2 responses to “Black yang Inovatif

  1. Pingback: moronphoria »» i'm a stupid moron.. so what?·

  2. Stubuh!!!!….eh..setuju…..mungkin yang megang marketing or promosi Black masih tergolong muda dan JENIUS abiss…..sayang, waktu ada lomba2 kayak gitu, gue belom terlalu tertarik.Eh, sekarang, waktu lagi gencer2 berkarya, malah g keluar kompetisi lagi..(Note: dalam hal bikin desain, bukan kompetisi blog, gue blom bisa tuh kalo itu…heheheheheh)

    mohon petunjuknya kalo ada event lagi……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s