Bullying? BASI!

Bullying ato gencet-gencetan kayaknya udah ada dari jaman dulu. Sebagai anak SD yang masih polos, gue udah disodorkan adegan bullying dan gencet-gencetan ala dorama “Rindu-Rindu Aizawa” yang bikin gue, anak kecil yg masih polos dan lugu ini, menangis tersedu-sedu karena kejamnya gerombolan cewek cantik terhadap seorang suzu aizawa yang kere dan ga cakep-cakep amat.

Ketika gue beranjak SMP, tak disangka gue bisa melihat yang namanya bullying. Walau ga separah dorama jepang yang gue tonton. Suatu hari tiiba2 di mading sekolah, ada pesan buat gue dari anak kelas 3. Isinya kurang lebih begini : buat onie, kelas 1B. Jangan caper, ok!

Sedihkah gue saat itu? Nggak. Soalnya pesan2 buat temen-temen gue yang lain malah lebih parah. Ada yg dibilang jangan kecentilan, jangan kegatelan sama cowok-cowok kakak kelas, dll.

Ketika gue beranjak kelas 2, gue punya banyak temen, punya geng-gengan. Yah biasa lah anak ingusan. Wajarlah kalo punya geng-gengan. Sayangnya salah satu temen segeng gue diincer sama kakak kelas. Jadilah sering dikatain, dipelototin, dan lain-lain. Tapi yang dipelototin dan digangguin ya cuma satu orang itu aja. Gue dan temen-temen yang lain justru ga pernah digangguin.

Setahun kemudian setelah gue duduk di bangku kelas 3, temen-temen gue lah yang pada over acting, sibuk ngincer siapa anak kelas 1 yang mau digencet. sementara gue, atas nama solidaritas, walaupun gue ga sebel sama tu anak… gue tetep harus ikutan galak. Sumpah ga banget deh kalo gue inget masa itu. Jalan gerombolan sambil melototin adek kelas. Sebenernya sih ada yg gue sebelin, soalnya gayanya mirip banget ama gue. Tapi karena dia ga pernah ngapa-ngapain gue, ya udah, gue ga tega nyolot2in dia.

Tapi setelah kita semua lulus dan bertemu dengan adik kelas yang dulu kita gangguin, kita biasa lagi, justru main bareng, ngobrol bareng. Yah, mungkin perilaku bullying yang norak abis itu hanya sekedar warisan dari kakak kelas sebelumnya dan hanya berlaku di lingkungan sekolah. Untungnya, senakal-nakalnya gue dan temen2 gue, kita ga pernah menggunakan kekerasan fisik. Dan GUE MALU BANGET PERNAH SOK-SOKAN NGE-BULLY ADEK KELAS!!!

_____________________________________

Beranjak SMA, gue sama sekali nggak tertarik sama bullying. Apalagi ketika gue baru kelas 1, gue bergaul dengan anak kelas 2 yang dulu pernah jadi korban bullying. Dan mereka ternyata justru malah jadi anti banget sama bullying. Mereka malah asik-asik bertemen ama kita, para anak kelas 1. Padahal kalo di film ato cerita, geng-geng kayak mereka itu justru geng yang ditakutin karena paling anti ngeliat adik kelas yg gayanya lebih oke dari mereka (dan untungnya, gaya gue gak ada oke-okenya).

Justruuuuuu, yang resek itu malah segeng cewek gendut anak PMR yang (maap) jelek dan ga ada bagus-bagusnya. Mereka adalah geng Philia. Entah mereka dapat nama itu darimana, mungkin diambil dari kata SIPHILIS DAN PEDOFILIA. Mereka adalah 5 cewek gendut, sebut saja namanya citra, siti, inem, juleha, dan tati, sang ketua geng. Yang badannya paling gede, dan mukanya paling serem.

Awal mereka mengincar gue, mungkin waktu kelas 1 SMA, saat gue dan temen-temen sedang ngobrol di kantin. Di sana ada PHILIA GENG yang sama sekali gak kesohor itu. Entah ada angin, hujan badai ato apa, mereka tiba-tiba nyeletuk “Aduh, di sekolah ini sekarang banyak dongdot (perek)”, dan selanjutnya mereka ngomongin dongdot terus sambil ngeliat ke arah temen2 gue dan gue. Temen-temen gue ga ngeh, tapi gue ngeh, soalnya gue duduk menghadap ke arah mereka.

Dan ngomel-ngomel lah gue sambil pura-pura masih ngerumpi sama temen gue, “aduuuhhh hari gini orang pada ga ngaca ya. Maunya ngatain orang mulu, tapi ga liat diri sendiri udah pantes apa belum ngomong gtu. Ga malu apa…” yah, pokoknya intinya begitu. Seinget gue, gue ngomongnya panjang lebar ampe nyebut-nyebut kalo gue punya abang serem dan tatoan XDDDDD

Temen-temen gue menatap bingung, dan bilang omongan gue ga nyambung. Gue cuma nyengir aja, smentara si PHILIA GENG langsung cabut dr kantin dengan muka dongkol. Saat itu, bapak-bapak yang punya kantin, yang menyadari kejadian itu, ngajak gue ngobrol dan cerita ke gue, “ Iya neng, cewek-cewek itu emang kelakuannya begitu, kasar. Kalo ngomong teriak-teriak, bahasanya kasar pulak.”

Dan gue langsung menilai, ohh, ternyata emang mereka kelakuannya buruk. Padahal, belakangan gue ketahui, mereka ini anak kelas unggulan dan anggota PMR sekolah gue. Padahal kan anggota PMR harusnya cinta damai dan berjiwa penolong. Kok ini kelakuannya kayak preman pasar.

Sejak kejadian di kantin itu, ternyata sepak terjang mereka masih berlanjut. Ada yang cerita dipelototin, dibentak, atau dikata-katain sama mereka. Padahaalll… yang jadi korban mereka justru cewek-cewek yang baik-baik dan alim. Tapi emang sih, tampangnya cantik dan polos2 gitu. Mgkn karena tampangnya pasrah, jadi kena lah diincer sama GENG PHILIA. Coba kalo mereka liat tampangnya berani, mungkin geng PHILIA takut nyamperin.

Begitu juga dengan gue. Tati sering aja gitu melototin gue kalo gue lewat di depan dia. Gue sih bodo amat, biar badannya gede kayak badak, gue gak takut. Sementara temen2nya yg lain sih kayaknya biasa aja. Ato gue yg ga merhatiin?

Ketika gue naik kelas 2 SMA, dan mereka jadi anak kelas 3 (wooo, makin overacting tuh mereka), semakin menjadi-jadilah mereka. Mulai nulis nama geng mereka di kantin sekolah. Yang justru malah jadi bahan ketawaan temen-temen gue. Semakin sering pula mereka nyolot sama adik kelas. Salah satu yang heboh adalah mereka berantem sampe lempar-lemparan mangkok sama anak kelas 1. norak deh pokoknya.

Trus gue apa kabar?

Masih sering dipelototin XDDD

Tati and the geng tentu susah mau ngajak berantem gue.

Pertama, gue emang ga pernah cari masalah.

Kedua, temen gue banyak. Anak kelas 3, angakatan tati, banyak yg jadi temen gue. Gak cewek, maupun cowok.

Ketiga, gaya gue ga lebay. Gue ga dandan, ga pake barang mahal ke sekolah, dan ga belagu (mudah-mudahan). Jadi, ga ada yang perlu disirikin dari gue. Cantik pun nggak, kok.

Mgkn itu yang bikin mereka jadi ga punya alesan untuk gencet gue.

Tapi suatu hari, si tati pun nyamperin gue dengan gaya sok paling cihuy. Dengan suara sok galak, dia nanya, “Kelas berapa sih lo??”

Dengan tampang sok cuek gue jawab, “Dua-Lima”

Dan dia jawab, “Ga sanggup masuk IPA-1 ya?” Kemudian dia pergi dengan tampang puas.

Well… kalo gue mau, gue bisa masuk IPA 1. Sori, bukannya sombong. Waktu SMP gue ranking mulu, dan bisa masuk kelas unggulan. Waktu baru masuk SMA, gue jg dapet ranking. Tapi selanjutnya, gue jadi rajin, rajin bolos sekolah maksudnya. Gue juga hampir ga pernah nyentuh buku pelajaran. Gimana gue mau dapet ranking coba kalo gue jarang masuk dan ga pernah belajar. Eit, bukan salah gue juga… habis guru di sekolah negeri (walaupun katanya SMA unggulan), sering bolos juga ngajarnya. Kenapa gue sebagai murid ga boleh bolos?? :p

Lagian, walaupun gue bukan anak IPA 1, gue ga pernah gangguin apalagi jahatin orang. Mana yang lebih penting? Masuk kelas unggulan tapi akhlak lo jongkok, atau sering bolos sekolah tapi ga suka gangguin anak orang?

Sejak itu gue mulai nyolot jg ke oknum Tati ini. Gue mikir, apa sih yang lo punya sampe merasa bisa nge-bully adik kelas dengan kata2 kasar seperti itu? Situ anak pejabat? Cantik? Tajir? Artis? Kalo pinter, banyak yg lebih pinter tapi nggak sombong kayak dia. Apalagi semakin hari, semakin panjang daftar anak-anak yg digangguin dia.

Suatu hari gue, yang saat itu jadi pemred majalah sekolah, harus masuk ke kelas si Tati, 3 IPA 2. disitu gue mengumumkan kalo mereka bisa ngirim semacam pesan yang akan di tampilin di majalah sekolah dan ada sejumlah uang yg harus dibayar.

Datanglah si Tati dengan gaya songongnya, “Bayar berapa?”

Ga kalah nyolot, gue jawab, “Goceng.” Padahal mah 500 perak :p

Tati melotot kea rah gue, “Belum pernah keselek sandal lo ya?”

Gue jawab sambil nyengir, “Ke sekolah pake sepatu kale, bukan sandal…”

Tati melotot sampe bola matanya mau keluar.

Tiba-tiba muncul Hendra, anak kelas 3 yang cukup ditakutin, soalnya sering banget berantem. Dia langsung nanya, “Kenapa, Nie? Tati cari masalah ama lo? Cuekin aja!”

Kemudian Hendra balik melotot ke Tati, dan mengusir Tati. Dengan tampang dongkol dan ga terima, Tati pun mundur. Sementara gue nyengir penuh kemenangan.

“satu sama.” Bisik gue dalam hati.

Rupanya, kejadian hari itu, memicu Geng PHILIA (terutama TATI) untuk bener2 cari masalah ama gue. Sampe terjadi keributan besar di sekolah gue…

Keributan apa Le???

Nanti aja… gue ceritain lagi minggu depan… XDDDDDD

39 responses to “Bullying? BASI!

  1. Haha.. yg geng pedopilia itu mungkin pengen cari perhatian saja.. hmm, tp kalau masuk kelas unggulan harusnya tidak seperti itu, apalagi sampai lempar2an mangkok.. Wkekek..

    salam

  2. waaaaa…. ceritain sekaraaaaang…
    macan, ih… saya kan udah tegang. kok tiba2 bersambung ceritanya…

    saya dulu gak pernah dibully atau membully deh kayaknya. apa saya nggak sadar sudah di bully atau membully dengan tidak sengaja ya? ga tau juga ding…😆

    humm.. itu… waktu macan kelas 3 SMP dan ada adek kelas yang gayanya mirip banget sama macan, kenapa macan sebel?

  3. wkwkwkww…..gue ngikik sendiri ngebayangin adegan ABG nyolot2an. jaman gue SMP, gue termasuk biasa-biasa aja, jadi nggak punya alasan buat bully gue, n satu lagi, gue ikutan organisasi yang (kayanya) orang males untuk bikin gara2. hehehe

  4. ..
    Bull kan artinya sapi, kalo bullying berarti mensapikan diri ya..?🙄
    ..
    Gank-gankngan kayaknya cuman anak kota deh, sekolah di desa damai2 saja..
    Pelajar ndeso suka damai😀
    ..
    Si Tuti emang 100% gak asik..
    ..

  5. *terjengkang ke belakang*

    Bersambung?? Yaaahhhh………, pdhl udah berdebar-debar membayangkan adegan gontok-gontokan….

    Well, sampai ketemu minggu depan kalo gitu dengan episode selanjutnya😀

  6. tulisanya panjang bgt kaya ular naga, hehehe..
    ———————————————————
    wah kelihatnya seru nie postingan berikutnya…
    dah kaya perang mavioso,,,
    perlu dipanggilin don anggodo ngga?
    hehehe

  7. Ongki >> setuju, sebenrnya SIAPAPUn ga boleh main lempar2an mangkok. klo sampe kena kepala kan bahaya…

    yoan >> emang gue klo ngeliat orang yg gaya dan kepribadiannya mirip gue, ga tau knp jadi sebel XDDDD walopun ga disengaja

    TamaGO >> weleh, ga pernah liat berita ya?😛

    frozzy >> ya iyalah anak paskib… di SMA gue jg anak paskib ga pernah digangguin😛

    AtA chan >> tati, bukan tuti XDDDD

    Reva Liany Pane >> waduh, palanya ga benjol kan?? ampe ngejengkang gitu… hahah

    fanz >> drpd diprotes gara2 kepanjangan😛

    yos >> ih, anggodo… ikke mah serem banget ama dia…

  8. Haduh onie, eh lea.., pengalamanmu di sekolah kok heboh banget. Hehe!

    Kalau saya, untungnya, ndak pernah mengalami kejadian seperti itu di sekolah. Atau mungkin saya yang kuper ya di sekolahan dulu? Hehe!

    Untung kamu dulu cuma adu mental ya, ndak sampai yang adu jotos trus masuk rumah sakit. Atau, jangan-jangan pernah juga?

  9. Nggak sabar nunggu minggu depan😀

    Btw sama sis… saya juga nggak ada geng2an tuh waktu sekolah karena nggak cukup langsing😀 hahahaha… gencet2an…benci banget!

    met wiken!

  10. pushandaka >> adu jotos? weeesss… eh, liat aja deh nanti cerita lanjutannya XDD

    tuteh >> bukan, mgkn karena T orangnya baik dan manis XDDD

    puputs >> err, dimana2 sih ada. masih banyak kok ampe skrg yg gituan.

    gerrilyawan >> protes muli nih. hahahah…

  11. kalo saya dulu waktu smp punya geng. tapi kita sering melototin cowok, malah ditaksir…
    jadi suka repot sendiri sama puluhan surat cinta yang datang….
    huakakakaka!!

  12. wkwkwkwk, ngeri kali ada geng buto gitu. gw ga pernah tu ada bully-bully pas smp ama sma, paling sekali aja nyaris berantem ama kakak kelas hehehe.
    itu sekolah gw yang damai ato gw-nya yang ansos yak

  13. gue suka banget nih kalo topiknya tentang bullying.
    tapi untungnya gue gak pernah ngalamin. waktu SD pernah sih..tapi sekelas. anak kelas 4 musuhan sama kelas 6. norak abis.

    SMP ga pernah, soalnya gue temenan sama orang yang cukup berpengaruh di sekolah gue. jadi gue aman😀
    SMA..ga pernah juga. yang bullying malah cowok-cowoknya -__-

  14. Le.. asli gue sekolah di negeri dari sd ampe kuliah gak pernah di bully and gak pernah denger ada kasus bully siy..
    heeem apa sekolah gue gak gaul yah?🙂

    gak sabar nungguin cerita lanjutannya….

  15. setuju, udah ga jaman lagi gencet2an!!!

    bu… gua lupa kasi tau elu kalo zia mo kemari dan gua sempet bikin thread message di fb, tapi gua ga punya fb lu.
    kita lagi voting tgl 2 atau tgl 8. lu ikutan kan?

  16. Urusan bully-membully ini yang paling bikin saya takut ke sekolah jaman dulu apalagi waktu jaman smp-sma huehehhh. Sampe skrg kayaknya masih jalan yah, nggak cowo nggak cewe semuanya maen gencet2an…

  17. Aduh paling males dengan urusan begini emang….
    Orang tuh suka pada sirik aja, heran deh. Mending hidup saling berkawan kan enak toh.
    Anyway…. merry chrismast ya cinta…

  18. wuaaa, makanya ati2 tii, macan dilawan hihihi…
    saya dulu pas sekolah ga pernah jd korban bullying, soalnya tanpa digencet jg dah rata dg tanah, ga ada menonjol2nya😄.

  19. hmm, dibully ga pernah, dikibulin sering😀

    tp ya gimana, namanya remaja biasanya lagi pengen eksis2nya, n ngebully adalah cara paling gampang, paling picik tp kadang efektif untuk dapat perhatian.

  20. gue jadi ngebelain loe deh… geng PHILIA itu gak ada apa2nya, bandingin aja dengan geng kakak sepupu gue yang anggotanya 12 orang itu, mereka itu anak2 paling pinter dan tercantik/terganteng di kampusnya, yaitu Rainbow Falls (yaaahhh…walopun mereka juga sering nyombongin diri sih *maap klo komennya kpanjangan*:D)

  21. Hola Lea…wawww aksi kaya gitu emang jaman gw STM ga beda jauh hanya saja warisan KK kelas gw ngbully, Alhamdulilah bisa dipatahin pas gw kelas 3 dan kalo di basis (tongkrongan) gw ada yg kaya gitu nalik dia yg di gantung di kelas hahaha..

    hmm gw juga penasaran sama lanjutannya:mrgreen: jadi mengenang masa super badung gw wkwkwkwk..

  22. Sebagai anak SD yang masih polos, gue udah disodorkan adegan bullying dan gencet-gencetan ala dorama “Rindu-Rindu Aizawa” yang bikin gue, anak kecil yg masih polos dan lugu ini, menangis tersedu-sedu karena kejamnya gerombolan cewek cantik terhadap seorang suzu aizawa yang kere dan ga cakep-cakep amat.

    jiaahh,,, akhirnya ngaku ngak cakep😛

    waduh,, kenyang bnaget deh sama yang namanya kayak ginian nih. Sampe sekarang malah

  23. Merry Christmas, sis!😀 maap telat hehehe…
    And…
    Happy early NEW YEAR 2010!
    Welcome the new day full of smiles and hope,
    Wish the world of blogger still victorious,
    More friendship and brotherhood,
    Wish all the best for us,
    Happy, happy, happy new year 2010!
    SELAMAT TAHUN BARU 2010!

    -tuteh-

  24. Gimana neeh.. uda panjang2 foreplayintronya pas klimaks kok malah bersambung >_<

    Ayoo dilanjut cat-fightnya😛

    Ngomong2 soal bully, di SMA gw dulu juga banyak tu.. kayaknya semua SMA punya yang kaya gini.. sebuah kelompok2 Geek, Cheerleader-Football-player, popular, gothics, EMOs sama neutral😛

  25. Pingback: moronphoria »» i'm a stupid moron.. so what?·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s