Laskar Cat Air, Pensil, dan Drawing Pen

warning : postingan dgn banyak image

Beberapa waktu lalu, seorang oknum mampir ke shoutbox saya dan mengajak saya untuk melakukan suatu kegiatan yang seru dan enak. Sesuatu yang sebenernya juga pernah ditawari sama Yoso sebelumnya. tapi waktu ditawarin sama Yoso saya kurang tertarik, soalnya yang ngajak dia sih… bukannya cowok lain.

Gak lah, ngawur :p

Oknum yang mampir ke shoutbox saya ini, sebut aja namanya Antown… eh, emang namanya beneran Antown. Dia ngajak sambil nunjukkin seperti apa sih kegiatan yang enak-enak ini, yang patut diikutin ini. Dia memberi saya sebuah url menuju blog yang isinya sangat menggoda iman saya.

Akhirnya, Sabtu tanggal 20 Maret kemarin,dengan bermodal nekat, saya pun datang ke Gedung Kesenian Jakarta. Saya ke sana sendiri naik bis, di hari sabtu pagi yang mustinya saya enak-enak tidur ato bantuin nyokap masak. Saya yang tidak suka berada di antara kerumunan orang tak dikenal, dengan hanya bermodal tahu Yoso dan Antown, memberanikan diri untuk “nyemplung” ke sana.

Dan siangnya, saya sampai di meeting point, di kantor pos belakang GKJ. Di sana lah, saya pertama kali bertemu kumpulan pria wanita dari yang muda hingga yang tua ini. Rata-rata berpakaian sederhana apa adanya, dengan tas ransel yang berisi “perabotan perang” : sketchbook, drawing pen, pensil, dan cat air. Dengan ramah mereka menyambut saya “Si Orang Baru”, tidak ada kecanggungan, mereka menyambut saya seperti menyambut teman lama. Merekalah, sekumpulan manusia dengan tangan-tangan berbakat, Indonesia’s Skecthers.

Dari sana kami bergerombol menyeberang ke Passer Baroe, dan menyebar untuk mencari obyek yang menarik, kemudian mulai lah kami membuat sketsa. Iya, sketsa, itu lah Indonesia’s Sketchers.

Mengutip dari blog resmi Indonesia’s Sketchers…

Indonesia‘s Sketchers atau IS adalah wadah bagi mereka yang melakukan (pemula, amatir atau profesional), mereka yang menyenangi dan yang mengapresiasi sketsa sebagai sebuah catatan/rekaman akan moment (bangunan, keramaian, suasana, dll), khususnya tentang Indonesia, yang dialami si pelaku sketsa

Dan saya langsung jatuh cinta pada mereka dan kegiatan yang diadakan oleh mereka. Sangat menyenangkan bertemu orang-orang yang berbakat, professional, namun tetap rendah hati seperti mereka. Saya terpukau dibuatnya ketika melihat karya-karya mereka. Indah, memiliki gayanya masing-masing, dan ber-skill. Belum lagi ditambah dengan pribadi mereka yang ramah, kompak, dan tetap rendah hati. Saya menyukai kegiatan IS, dan saya menyukai para anggota IS.

Secara garis besar, kegiatan Sketching dan Sharing di IS dimulai dengan briefing dan ngerumpi sebentar, lalu beranjak menuju lokasi tujuan.

Sesampai di sana, kami menyebar dan mencari obyek atau titik yang kami suka, dan kami mulai membuat sketsa. Kadang sambil menggambar, kami mengobrol, membicarakan berbagai macam hal.

Atau seperti saya, duduk-duduk makan indomie, minum es teh lalu merokok, baru lanjut lagi menggambar.

Ketika hari menjelang sore, kami berkumpul, mereview karya-karya kami, dan mengabadikannya dengan kamera. Saya terpesona melihat karya-karya mereka. Mereka benar-benar… canggih, hebat, apalah itu… pokoknya karya saya nggak ada apa-apanya.

Tapi yang mengejutkan saya, walau saya masih tertinggal jauh di antara mereka, saya tidak minder😀 Mungkin karena suasana kekeluargaan atau apa, saya jadi sama sekali tidak minder dengan karya saya, bahkan mungkin saya bangga, walau tidak puas.

Cih, saya memang harus banyak belajar. Life drawing tuh susahnya ampun-ampun ya…

Selesai review dan mengobrol, kami pun akhirnya berfoto ria di bawah gapura Passer Baroe. Tak disangka, ternyata yang datang hari itu banyak sekali loh.

Well… hari Sabtu lalu benar-benar menyenangkan. Melelahkan. tapi menyenangkan😀

Thanks to Indonesia’s Sketchers, i’ll see you next month!

*Most photos in this post are courtessy of Indonesia’s Sketchers and Atit. For further information of Indonesia’s Sketchers, just visit the blog and facebook page.

27 responses to “Laskar Cat Air, Pensil, dan Drawing Pen

  1. mo sering dtg gimana? org emang cm sebulan sekali :p kmu ikut donk, biar mendadak bisa nggambar. hahahah….

  2. Sayang, gambar keenam dari atas itu gak bisa dibesarin…🙂
    Saya suka liat gambar sketsa, dan sketsamu keren. Itu jembatan dengan latar belakang jembatan penyebrangan ya?

    *inget2 tahun berapa terakhir nggambar*

  3. tito sempet ikut kegiatan ini pas pertama kali diadain.
    tp setelah itu dia ga ikutan lg karena tiap wiken, pasti ada kerjaan. =,=’
    eh, apa kabar Yoso dan Antown?😀
    sudah lama tidak bertemu.
    *ya iyalah… terakhir kali ketemu pas PB kemarin*

  4. wahahaha…gw ternyata kurang gigih ngajak elunya ya…asssem😀 diajak antown kok mau? kan lo belom kenal…siapa tau di psycho hahaha…

    ditunggu kehadirannya lagi…

    @juminten
    saya baik baik saja bu…gimana kabarnya nil? itu si tito dipaksa dateng lagi dong….kerja mulu😀

  5. @ kriwul : nyadar kalo udah tua? :p

    @ Ata : gabung aja di FBnya. nanti bisa bikin even sketching and sharing untuk komunitas sketcher di daerahmu😀

    @ jensen : iya benar. wah makasih ya😀 padahal itu masih harus banyak latihan, hasilnya kurang memuaskan.

    @ juminten : sibuk kerja apa sibuk pacaran? XDDD

    @ yoso : nggak, lo cuma kurang ngasi tau gambarn kegiatannya kek apa😄 antown soalnya ngasi link yang bisa di liat :p

  6. Kereen! jadi pengen, keliatan banget ya yang tua dan muda membaur satu interest, many things to share and learn kalo gitu

    Jadi pengen beneran, uda lama banget ga sketching di media manual..

    * mumpung lagi ga ada kerjaan nyari kertas and pen *

  7. @ Eru : bulan depan ikut yuk. denger2 katanya mau nggambar di kebun binatang ragunan. yuk ikut, sekalian kopdaran kita😀

    @ fanz : bukan bakatnya, tapi minat yg sama… hehehhe

    @ peri : kalo kata dosen gue, gak ada manusia yg gak bias gambar. selama bisa pegang alat tulis dan bisa bikin gmbr kotak dan lingkaran, ya berarti dia bisa gambar

    @ radi : gak ada yg kemampuannya terbatas. ayo ikut aja. aku jg gambarnya masih perlu banyak latihan😀

    @ ichanx : oh, antown terkenal ya? XDDD tp dia jago nggambar banget. oh, gue tau emang lo ga bakat gambar. bakatnya jadi model majalah😛

  8. Saya sebenarnya suka menggambar. Tapi sekarang sudah jarang banget bahkan ndak pernah. Lebih ndak pernah lagi kalau gambar saya untuk diperlihatkan ke orang lain. Biasanya setelah gambarnya selesai, saya bejek-bejek trus dibuang.

    Saya senang terutama menggambar orang. Pernah suatu kali waktu kuliah, saya menggambar wajah dosen yang sedang mengajar di kelas. Ternyata dosennya melihat gerak-gerik saya yang aneh, kemudian merampas kertas yang berisi gambar.

    Dia lihat sejenak trus membentak, “Ngapain kamu gambar-gambar saya??”

    Bukannya takut, saya jadi senang karena dia tau wajah yang saya gambar adalah wajahnya. Artinya gambar saya mendekati aslinya. Hehe! Padahal cuma goras-gores pakai pulpen saja.

    Hahaha.. *halah, lebay!

  9. acara kumpul2 dan coret2an ini sukses bikin gw iri banget. itu terjadi saat gw liat foto2nya di fesbuk waktu itu…

    dulu gw mimpi banget pengen bisa coret2 indah kek gitu. dasar bego, sampe sekarang gak kesampaian. abstrak muncratin tinta sembarang aja gak bisa😀

  10. @ Pushandaka : berarti kamu pinter gambar donk😀 ayo diterusin, jangan ditinggal. jangan sia2in hal yg kita punya, apalagi kalo kita juga suka.

    @ mas raff : selain tahu level, jadi naikkin level jg mas. soalnya jadi pengen latihan terus.

    @ rizal : makasih😀 aku manual aja, lebih seneng manual.

    @ eru : blum tau tanggalnya, belum ada pengumuman lagi soalnya. eh? aku kira eru di jkt :)) wah, klo kesini kopdar bareng nyunyu dan pito yaa!!!

    @ zia : sini gue ajarin, privately *senyum setan*

  11. @ zawa : makasih nuu😀

    @ pushandaka : pake sakura koi watercolor. mahal klo menurutku, tp kurang bagus. pentel lebih murah, tp hasilnya lebih bagus. eseorang pernah membuktikan pada saya, tnp harus memakai alat kualitas tinggi. seseorang yg benar2 berbakat dan terlatih tetap bisa menghasilkan yg terbaik😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s