Kompetisi Menulis untuk Antologi Komedi Cinta 3

Senangnya, ada satu lagi kesempatan agar karya kita dibukukan! Blogfam bekerja sama dengan Gradien menggelar proyek Antologi Komedi Cinta yang ke-3. Iya, yang ke-3, karena sebelumnya sudah ada 2 proyek dan dua-duanya sudah terbit dan laris manis. Judulnya Makan Tuh Cinta! dan Ramuan Jomblo.

Antologi itu sendiri sebenarnya apa? Mungkin ada yang belum ngerti? Sini ku kasih tahu😀

Menurut KBBI, arti kata “antologi” adalah sbb :

1. kumpulan karya tulis pilihan dr seorang atau beberapa orang pengarang: sebuah — sajak perjuangan bangsa Indonesia telah diterjemahkan ke dl bahasa Inggris
source: kbbi3

Proyek yang ke-2, Ramuan Jomblo, aku ikutan, dan berhasil ikut dibukukan. Judul karyaku waktu itu adalah “Juli Cantik dan Jali Busuk” dan berhasil meraup 2 fans yang ngajak kenalan via email dan ye-em. Iya sih, cuma 2, tapi itu aja udah bisa bikin melayang :))

Proyek ke-3 ini, sih, aku udah pasti mau ikutan. Tapi belum dapet ide, soalnya untuk tema kali ini adalah “Cinta Bikin Galau”. Jadi, kalian bayangin ya… Harus bikin cerita cinta, tapi galau, tapi harus juga lucu dan bisa bikin ngakak.

Gimana caranya, ya, bikin cerpen kayak gitu? Nah, itu dia tantangannya…

Salah satu syarat utama untuk ikutan adalah, harus jadi anggota Blogfam, caranya cukup mengakses Forum Blogfam dan klik “register”. Sebelumnya, pastikan dulu kalian punya blog yang aktif😀 Jangan kasih link FB, link twitter, apalagi link ke blog kosong. Hargai sesama teman blogger yang benar-benar suka menulis, ya.

Kalo menurutku pribadi, itu curang namanya kalau kalian bikin blog abal-abal atau pake link yang bukan blog pribadi kamu untuk ikut lomba. Seseorang yang tidak jujur dan menghalalkan segala cara tidak baik untuk menguntungkan dirinya sendiri, nggak akan bisa menghasilkan karya yang bagus karena dia sendiri nggak punya integritas dan tidak menghargai dirinya sendiri. *dikepruk* :))

Nah, ini adalah syarat lengkap untuk mengirimkan karya untuk Antologi Komcin Cinta Bikin Galau😀

Syarat naskah/Cerpen :

• Tema Cerita : Cinta Bikin Galau
• Kisah yang ditulis bisa berupa kisah patah hati, ditolak, diputusin, dll. Pokoknya yang bikin galau deh, tapi tetap harus diutarakan dengan gaya komedi dan bisa membuat pembacanya ngakak-ngikik-ngukuk.
• Cerita tidak mengandung SARA serta unsur pornografi.
• Panjang cerita : maksimal 8 halaman A4, 1,5 spasi, Times New Roman, 12 pt.
• Cerita belum pernah dipublikasikan dalam bentuk buku, dimuat media cetak, atau media online (kecuali blog pribadi).
• Tuliskan profil singkat dalam bentuk naratif di akhir cerita, kurang lebih 8 kalimat saja.
• Tuliskan biodata pribadi di lembar akhir naskah : Nama Lengkap, Nama Pena (kalau ada), Alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor rekening untuk pengiriman honorarium apabila naskah lolos diterbitkan.

Syarat Peserta :

• Proyek antologi ini terbuka bagi seluruh anggota Blogfam (termasuk moderator dan admin). Untuk yang belum menjadi anggota blogfam bisa mendaftarkan diri dihttp://forum.blogfam.com
• Naskah dikirim sebagai attachment (bukan dalam bodi email) melalui email keblogfam@gmail.com dengan mencantumkan judul : [Komcin3] judul naskah.
• Peserta mengkonfirmasi pengiriman naskah di forum Blogfam –http://forum.blogfam.com/index.php/topic,13466.msg206755.html – dengan menyebutkan nama lengkap dan judul naskah. Yang tidak mengkonfirmasi naskahnya di tread ini dianggap tidak mengikuti seleksi naskah.
• Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan SATU naskah terbaiknya saja.
• Naskah sudah diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 28 Pebruari 2012, pukul 23.59 Wib.
• Pengumuman naskah yang lolos akan diumumkan selambat-lambatnya tanggal 15 Maret 2012.

Penyeleksian

Blogfam dan Gradien akan bersama-sama menyaring 12 (dua belas) naskah terpilih untuk diterbitkan dalam buku Antologi Komedi Cinta ke-3. Dari 12 naskah terpilih akan dipilih 3 (tiga) naskah utama dan 9 (sembilan) naskah unggulan.

Tim penyeleksi naskah terdiri dari :
1. Ang Tek Khun (Gradien Mediatama)
2. Iwok Abqary (Blogfam)
3. Amril T. Gobel (Blogfam)
4. Indah Juli Sibarani (Blogfam)

Hadiah/Honorarium

Untuk lebih meningkatkan semangat kompetisi dalam menuliskan cerita-cerita terbaiknya, kami akan menetapkan imbalan sebagai berikut :

3 Cerita Utama – masing-masing sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah)
9 Cerita unggulan – masing-masing sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)

Seluruh penulis yang lolos ke dalam proyek antologi komedi cinta ini berhak pula atas 1 (satu) eks bukti cetak apabila buku sudah selesai diproduksi.

Lain-lain

• Panitia tidak menerima alasan keterbatasan/gangguan akses internet pada saat pengiriman naskah sehingga mengakibatkan keterlambatan. Usahakan mengirimkan naskah jauh sebelum mendekati deadline dan melakukan konfirmasi di tread pendaftaran naskah di forum blogfam.
• Panitia berhak mendiskualifikasi peserta apabila tidak mengikuti segala ketentuan yang sudah ditetapkan.
• Apabila dari seluruh naskah yang masuk tidak diperoleh 12 naskah yang sesuai dengan kualifikasi penerbitan, maka panitia berhak untuk membuka seleksi tambahan untuk melengkapi kekurangan naskah.
• Segala keputusan yang berkaitan dengan proyek antologi ini adalah mutlak dan tidak diadakan surat menyurat.

 

4 responses to “Kompetisi Menulis untuk Antologi Komedi Cinta 3

  1. Wah seru nih.. Tapi aku bisa gk ya bikin cerita humor yang bikin ngakak ngikik ngukuk.. Hihihi…

    Izin share ke warung blogger ya Cin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s