Perjalanan Untuk Melupakan Sesaat

Mungkin itu tujuan saya dan sahabat-sahabat saya nekad berangkat ke Yogya walau deadline banyak menumpuk di belakang kami. Selain tentu saja untuk menghadiri pernikahan seorang teman yang diadakan di Gunung Kidul.

Melewati jalur selatan karena ingin menghindari jalur utara yang konon katanya macet, kami menghabiskan tidak kurang dari 18 jam di dalam kendaraan kami. Berangkat tengah malam, tertidur ketika menjelang subuh, dan paginya terbangun oleh sambutan matahari.

Matahari mengintip dari jendela mobil

Sepanjang perjalanan, berlarian bergantian di samping kami, sawah kemudian deretan rumah yang sederhana, kemudian sawah kembali. Begitu terus.

Warna hijau, putih, dan biru yang berlarian di sisi jendela

Ketika kami mulai bosan dan jenuh, akhirnya kami mendekati Yogya ketika senja dan langit mulai berwarna ungu.

Awan ungu menjelang Yogya

Sedikit lagi malam datang

Selamat datang di Yogyakarta

Malam pertama sesampai di sana, kami menikmati kopi dan nasi kucing di Jalan MT Haryono. Teman-teman saya terkejut dengan betapa murahnya harga sajian yang mereka nikmati.

Angkringan MT Haryono

Di tengah jalan MT Haryono

Ketika jalanan menyepi, saya mencoba berdiri di tengah jalan dan mengambil gambar. Hasilnya kurang memuaskan karena saya memiliki jari-jari yang tidak stabil.

Esoknya kami pergi berbelanja ke Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Toko perabotan tanah liat, Pasar Beringharjo

Toko tempat saya selalu mampir membeli gelang, Pasar Beringharjo

Puas berbelanja, dengan sedikit terburu-buru kami meluncur ke Candi Borobudur. Dalam perjalanan saya menyempatkan mengambil gambar colongan. Ketika saya melihat bangunan tua yang sedikit familiar karena mengingatkan saya pada salah satu bangunan lainnya di lokasi Kota Tua Jakarta, saya menyiapkan kamera. Begitu ada seorang pria tua mengayuh becaknya, saya buru-buru menekan tombol. KLIK!

Perjalanan menuju Candi Borobudur

Sekitar pukul 4 sore, kami tiba di Candi Borobudur. Ini adalah pengalaman pertama saya ke Borobudur. Tidak sebesar yang saya kira, dan terlalu riuh. Banyak turis lokal dan turis asing berdesakan ingin mencapai puncak Candi Borobudur

Candi Borobudur, terlalu ramai

Pukul 4, masih cerah

Relief yang membuat saya penasaran

Mengambil kenangan, sesaat sebelum pulang

Kami berangkat dari Candi Borobudur setelah melewati senja. Walau lelah, kami langsung mencari rumah makan dan menikmati makan malam. Dilanjutkan berjalan-jalan ke Malioboro dan Alun-Alun.

Rp.25.000,- untuk dua kali putaran

Seperti anak kecil, kami menaiki becak seperti ini. Berkeliling Alun Alun, Rp.25.000,- untuk dua kali keliling. Setelahnya kami beristirahat menikmati wedang rondhe dan nasi kucing.

Pukul 10 pagi pada esok hari kami sudah berangkat menuju Gunung Kidul, menghadiri pernikahan teman kami.

Eri dan Veni

Sebuah perhelatan sederhana dengan adat Jawa Tengah. Ini juga pertama kalinya saya datang ke resepsi pernikahan yang diadakan di gunung.

Pukul satu siang kami berangkat kembali ke Jakarta. Sekali lagi harus melewati perjalanan selama 24 jam karena baik jalur utara maupun selatan macet.

Kira-kira pukul 9 pagi di hari Senin kami menginjakkan kaki di Jakarta. Tepatnya di depan kantor. Walau lelah, saya langsung kembali berkutat di depan monitor, balap-balapan dengan deadline.

Lelah. Tapi saya puas🙂

8 responses to “Perjalanan Untuk Melupakan Sesaat

1. Nice trip, Le.
    Langit ungunya keren…. kapan ya Jakarta bisa punya langit ungu? Klo yang orange kemarin yang heboh2 itulah yang top kali rasanya….🙂

• Mestinya sih kalo habis hujan langitnya warnanya kayak gitu… ngepink ungu biru oranye.
      Waktu di yogya dapet langit kayak gitu soalnya habis gerimis.
      Oh wait… kalo di jakarta kemungkinan emang gak keliatan. susah. soalnya polusi😀 langit mestinya biru bisa jadi abu-abu.

2. Selamat taon baru 2013 smoga resolusinya tercapai. Tanggal 12-12-12 barusan dilewati konon katanya tgl yg cantik. Kalo pengen ketemu lagi mesti nunggu 1000 taon itu pun klo reinkarnasi alias hidup kembali kayak di film2 chinese :))