Sekilas Tentang Doodling Sebelum Tidur

Parade of Shoe

Pink Lipstic

Doodling sebelum tidur biasanya jadi aktifitas saya kalau tengah malam belum mengantuk dan kebetulan tangan lagi gatel mau nyoret-nyoret. Entah kenapa, biasanya inspirasi buat saya itu datengnya setelah lewat pukul 11 atau 12 malam. Dan akhir-akhir ini,saya sering terinspirasi oleh tema-tema fashion.

Kadang sekali dua kali ada yang protes, kenapa “doodling sebelum tidur” yang biasa saya aplod kebanyakan mirip sama saya. Lah ya iya, nggak ada modelnya, sementara saya pengen bikin semi realis… ya udah, pake foto saya sendiri donk :p masa njiplak image hasil gugling mulu?

Tuh saya kasih hasil orat oret yang nggak pake muka saya buat modelnya biar gak protes mulu :)))))

Oiya buat yang penasaran arti dooling, itu artinya gambar corat-coret. Apa bedanya sama kegiatan menggambar biasa? Kalo menurut saya bedanya cukup jauh…. Kalo doodling biasanya langsung selesai, gak jelas tujuannya apa, dan gak mesti jelas juga itu maksudnya gambar apa. Ya kayak gambar iseng-iseng lah… bisa diwarnain, bisa nggak, yang penting selesainya saat itu juga.

Tapi kalo nggak setuju sama definisi saya yang asal-asalan, ya silakan ke wikipedia saja yang lebih jelas.

Tapi kadang kalau mau di-aplod, kayaknya kurang oke ya mamer-mamer doodle melulu? Seperti gambar di bawah ini.

Exotic, sketch

Plain banget ya… karena cuma sketsa asal-asal. Itu juga saya perhatiin bibirnya jeding.

Untung ada sotosop, jadinya mau saya niatin biar bagus gambarnya.

Exotic, in progress

Tapi masih progress :))

Gak tahu kenapa kalau saya ini sebenernya kurang suka digital painting. Sensasinya beda aja antara pen tablet yang ngegores di atas media pad, dengan drawing pen di atas kertas. Walau enaknya digital painting kita bisa ngejiplak, bisa control Z, bisa bikin layer berlapis-lapis, gak takut salah. Beda sama manual drawing…

Nah, kalian sendiri gimana? Lebih suka manual drawing atau digital painting? Saya kayaknya masih lebih pro hand drawing. Mungkin nanti, kalo feelingnya udah klik, saya bisa rajin-rajin main digital painting. Enak, bisa tinggal tracing foto,  atau saya cuma perlu bikin sketsa kasar manual abis itu digarapnya di macbook saya (yang mpot-mpotan).

Oh, btw, saya mestinya ngereview Black Bird vol. 1… Itu novel yang keren banget menurut saya. Ada yang sudah baca belum? Nanti kapan-kapan saya buatkan review versi saya.

9 responses to “Sekilas Tentang Doodling Sebelum Tidur

  1. Baru tau artinya doodling. Kl gitu berarti aku suka doodling waktu rapat! Haha… Dan hasilnya tentu saja bener-bener coratcore. Itu doodling aja cantiknya begitu. Gimana kalo nggambar beneran???

    • Iya, itu udah bener doodling namanya. Yang oret-oret iseng tiap miting, itu udah bisa dibilang doodling :))

    • hah, ngerepotin. Wis… kapan2 kalo kopdar kubawain pen tablet sama leptop biar arif bisa nyoba :p

  2. Gambarmu keren deh Le. Memang, seniman sejati seharusnya hand drawing, tapi kemampuan drawing digital itu juga mengagumkan, mungkkn karena jadinya sempurna ya Le. Aku pengen deh bs gambar digital at least, tp kayaknya jari kurang berbakat wkwkwkw…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s