Lupa Ingatan Aja, Deh!

Akhirnya saya sampai pada titik nggak bisa nulis apa-apa. Katanya mungkin ini titik terendah saya.

“Ya oke, sudah dapet closure kan lu sekarang? Bisa lebih sakit gimana lagi?”

Dan saya nggak tahu jawabannya. Kalau saya pikirin, banyak hal yang bisa bikin saya lebih sakit dari sekarang. Banyak. Dan itu justru bikin saya jadi lebih takut.

Kita emang nggak bisa nentuin apa yang terjadi sama diri kita di masa depan. Kita nggak bisa maksain orang lain jadi sesuatu yang kita mau. Katanya kita harus mulai dari diri sendiri dulu.

Kalau Tuhan emang ada, Tuhan tahu, I’ve tried everything. I’ve started it since the day I found out that everything has changed.

Recently I’m thinking about a movie starred by Jim Carrey. Eternal Sunshine of The Spotless Mind.

Waktu pertama nonton itu, beberapa bulan lalu, saya terpaku dengan kalimat ini:

What a loss to spend that much time with someone, only to find out that she’s a stranger.

Dalam film itu, ada Joel Barish yang jatuh cinta sama Clementine, jadian, and then things didn’t work as they wanted to be. Clementine pergi dan menyewa jasa menghapus ingatan. Khusus bagian ingatan yang menyangkut Joel Barish. Joel, yang marah dan kalut karena Clementine udah menghapus dia, akhirnya menyewa perusahaan yang sama untuk menghapus ingatannya sendiri tentang Clementine. Joel mikir, kok tega-teganya Clementine menghapus dia dalam hidupnya.

Pada saat proses penghapusan memori, di dalam pikirannya, Joel mendadak sadar, bahwa dia nggak ingin Clementine hilang dari ingatannya. Dia mati-matian mencoba menyelamatkan setidaknya satu bagian aja dari ingatannya tentang Clementine. Dan selanjutnya, kalian harus nonton sendiri.

You know what… I really need that kind of cure right now.

My friend said, “Ngapain, sih, elo sedih-sedih gini. Dia enak. Kalo sedih udah ada yang bisa dipeluk. Nah elo???”

That’s the point. That’s the point… Makanya, mungkin lupa itu lebih baik. Sayangnya otak ini lebih sering lupa hal penting, dan ingat hal yang bikin sedih. Kalau ditanya, siapa sih yang mau kayak gini. Nggak ada. Apalagi saya. Saya nggak mau stuck di sini. Tapi hati sama otak saya belum sinkron. Otak maju ke depan, hati mundur ke belakang.

Sumpah, cara kerja pikiran manusia itu aneh banget.

Dan kata temen saya, “Elo tuh emang emotionally unstable, Le.” Sedang? Atau emang? Saya nggak ngerti. Karena memang selama ini ada yang selalu membantu saya untuk stabil. Dan tiba-tiba dia hilang. Karena sebelum ada dia pun, saya ini memang adalah orang yang sedih.

Tapi life goes on… Dunia nggak akan berhenti hanya karena saya sedang bersedih. Tapi bener deh. Saya berharap dunia memperlambat langkahnya, biar saya nggak ketinggalan jauh. Saya nggak mau tertinggal sendirian di belakang.

Mungkin suatu hari saya akan sembuh. Saya sih, maunya cepet-cepet. Saya nggak mau terpaku sama pintu yang sudah ditutup di depan muka saya (pake dibanting pula, hahaha…). Tapi sebelum lihat pintu-pintu lain yang terbuka buat saya, saya harus nyembuhin diri sendiri dulu. Karena saya nggak mungkin mengharapkan orang lain menyembuhkan saya.

Temen-temen, jangan bosen sama saya, ya… Jangan ninggalin saya dulu. Sabar-sabar sama saya.

Mari kita menutup postingan ini dengan dua kutipan dari Eternal Sunshine of The Spotless Mind yang mewakili isi hati saya saat ini *halah*

Joel, I really like you. I hate that I said mean things about you.

Dan satu lagi…

I thought I really knew her

4 responses to “Lupa Ingatan Aja, Deh!

  1. Aih… Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Aku suka film itu. Menohok banget. Dan kalau lagi benci, marah, sakit hati sama orang, aku berharap banget ada perusahaan yang emang beneran jual jasa bisa menghapus ingatanku akan orang tersebut. Karena, yah, menurutku memang ada orang-orang yang pantas untuk dihapus dari ingatan kita.

  2. Ga ada yg bs nentuin batas waktu buat move on. Selama apa pun itu prosesnya, jalanin, karena suatu saat, lo akn bs tersenyum smbil bilang, “been there, done that”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s