Pacarku Selingkuh! Aku Mesti Gimana? :((

Additional Notes, 8 Juni 2016:
Karena banyaknya yang curhat di kolom komentar sementara saya nggak selalu memantau blog, disarankan untuk mampir dan tanya-tanya aja ke ask.fm/macangadungan untuk respon lebih cepat. However, mohon diingat saya bukan pakar relationshit (lah pacaran 7 tahun aja bisa-bisanya diselingkuhin).

Ada yang tahu rasanya mergokkin atau justru dengar pengakuan kalau pacar ternyata selingkuh? Ih. Nggak terkatakan.

Badan langsung keringat dingin, kaki lemes, rasanya mau pingsan. Otak nggak bisa mikir, jantung rasanya jatuh ke perut. Airmata mau keluar tapi nggak bisa, karena terlalu shock. Otak kita bahkan nggak bisa memutuskan emosi apa yang harus dirasakan.

Sumpah. Rasanya ngilu banget. Sampai detik ini, kalau ingat waktu akhirnya tahu pacar udah sayang-sayangan sama cewek lain, rasanya mau loncat aja dari lantai 29. Saya beneran nggak bisa lupa sakitnya. Kayaknya semua yang saya tahu dan saya percaya langsung berantakan seketika itu juga.

Ih. Nulis gini aja langsung bikin saya sedih.

Ok. Move on dari “rasa”-nya. Setelah tahu pacar ternyata selingkuh, hal penting selanjutnya yang harus kalian lakukan biasanya menentukan sikap kalian terhadap keanjingan si pacar. Kalau otak lagi berantakan gitu, sih, emang kalut banget. Nggak tahu harus ngapain. Kalau saya sih waktu itu pada akhirnya minta putus. Di hari yang sama. Bukan apa-apa. Udah terlanjur ancur berantakan. Rasanya terhina banget diselingkuhin sama orang yang saya percaya bertahun-tahun. Yang terpikir cuma satu, dia harus pergi dari hidup saya. Karena luka ini nggak akan sembuh, even kalo kita balikkan.

Yah. Cewek beda-beda lah.

Tapi based on pengalaman saya dan teman-teman saya, semakin ke sini saya mulai berpikir. Saat diselingkuhi, jangan sampai kita salah langkah hanya karena emosi atau malah masih sayang. Karena sekalinya kita memutuskan sesuatu, mungkin kita nggak akan pernah bisa kembali lagi ke titik awal.

Jadi intinya, menurut pengalaman saya, dan berdasarkan sudut pandang saya… beginilah cara yang terbaik menghadapi pacar uang selingkuh.

1. Marah dan nangis

Opkros. Dia harus tahu seberapa parahnya dia merusak kepercayaanmu.

2. Berikan waktu untuk berpikir

Pada saat kejadian kamu mergokkin dia, setelah marah dan nangis, tinggalin dia. Pulang ke rumah, masuk kamar, dan pikirkan baik-baik. Apa yang kamu mau? Apa kamu masih mau perjuangin hubungan ini? Layak diperjuangin atau nggak? Buat saya sih, cowok yang sudah selingkuh nggak layak diperjuangin. Tapi buat orang lain, mungkin ada pertimbangan lain. Tapi minimal, sebelum memutuskan, pikirin dulu matang-matang.

3. Ketemu lagi, dan bicara.

Apa yang perlu dibicarakan? Catat.

Siapa cewek itu? – Perlu diingat. Siapapun ceweknya, meskipun itu sahabat kamu, yang selingkuh tetel cowokmu. Bisa ada 1000 cewek yang lebih cantik, lebih asik, lebih baik, ataupun yang binal dan godain cowok kamu. Tapi yang memutuskan untuk menjalani selingkuh itu kan pacarmu. Percuma salahin si selingkuhan, kalau memang pasanganmu yang memilih untuk berselingkuh.

Sejak kapan? – Sudah lama? Masih baru? Hanya untuk sekedar tahu. Seberapa lama pacarmu sudah bohongin kamu. Kemudian kamu ingat-ingat. Apa aja perubahan sikap dia selama dia selingkuh. Pada akhirnya, semua ini akan jadi kepingan puzzle yang terpasang, dan kemudian membuka matamu.

Kenapa? – Soal alasan, dia pasti bohong. Paling dia bakal bilang khilaf, atau nyalahin selingkuhannya, atau malah nyalahin kamu. Tapi dari situ kamu bisa lihat. Kalau dia nyalahin selingkuhannya, pasanganmu itu cuma pengecut egois. Kalau bilang khilaf, dia tukang bohong kelas berat. Kalau nyalahin kamu, berarti dia egois, malah egomaniac – langsung putusin aja.

Apa solusi ke depan? – Minta dia memutuskan

Mau balik sama kamu lagi dan ngejelasin ke selingkuhannya kalau dia milih kamu atau nggak. Kalau dia nggak bisa jawab, putusin. Serius. Putusin. Dia itu anjing. Jangan dikasih hati, nanti kepalamu diinjek-injek sama dia.

4. Ketemu bertiga

Dipikir-pikir, ini penting. Kamu juga harus tahu sudut pandangan si orang ketiga ini. Siapa tahu pasanganmu bohong sama kamu. Kalau kamu ketemu bertiga, kamu bisa konfirmasi semua kebohongan pasangan langsung ke orang ketiga ini. Bukan, bukan buat bandingin dirimu dan orang ketiga. Ini harus diniatin dari awal; kamu ketemu dia hanya untuk crosscheck semua cerita dan penjelasan pasanganmu. Nggak lebih dari itu. Dari sini kamu bisa mikirin, mau lanjut terus atau nggak.

5. Keputusan ada di tanganmu! Putuskan apa maumu.

Kalau saya, akan mutusin dan cari cowok lain. Selingkuh, dengan alasan apapun, nggak akan saya toleransi.

Tapi mungkin kalian merasa masih ada yang bisa diperjuangin. Pikirin baik-baik. Yakin kalo kalian balikkan, dia gak akan selingkuh lagi?

6. Move on.

Kalau kalian balikkan, kamu harus move on dari kesalahan dia. Karena hubungan kalian gak akan sehat kalau kamu malah jadi parno takut dia selingkuh lagi. Lupain semua yang sudah terjadi, bangun ulang kepercayaan kamu. Yang lama jangan diungkit-ungkit lagi.

Atau sekalian, putusin, pergi, dan move on dari dia. Because you deserve better!

7. Maafin dia

Pada akhirnya, balikkan atau nggak, kalian harus maafin si anjing itu. Gimanapun juga, kalo belum bisa maafin, kalian nggak akan bisa lanjutin hidup.

8. Be a better you

Go out with friends. Do things you like. Bukan buat bikin dia tambah sayang atau nyesel udah selingkuh. Tapi biar kamu tambah sayang sama diri kamu sendiri.

Gini. Nggak akan ada orang yang bisa sayang sama kamu unconditionally dan eternally selain diri kamu sendiri. Kalau kamu aja sibuk nyalahin diri kamu dan benci sama diri sendiri, gimana caranya kamu bisa happy?

In the end, orang selingkuh bukan karena khilaf. Tapi karena dia belum bisa melepas kamu atau kamu yang maksa nggak mau ngelepas dia, tapi di saat yang sama, dia menginginkan orang lain. Nggak ada yang namanya dia khilaf karena digodain atau dideketin cewek lain. Secara sadar, dia juga menginginkan cewek ini. Inget. It takes to two tango. Selingkuh hanya akan terjadi jika si cowoknya juga menginginkan hal tersebut terjadi.

Jangan percaya kalau dia bilang, “Ceweknya yang ngejar aku.”. BULLSHIT. Kalau dia bilang gitu, berarti cowokmu pengecut egois yang nggak mau disalahin.

Kamu yakin mau sama cowok kayak gitu?

Pikirkan baik-baik. Karena sekali cowok selingkuh, biasanya akan diulangi lagi.

111 responses to “Pacarku Selingkuh! Aku Mesti Gimana? :((

  1. Kak aku mau curhat dan minta pendapat kakak. Jadi aku udah pacaran sama pacar aku udah hampir 3 thn kak. Akhir” ini semua kebohongan dia terbongkar kak. Dia sering chat sama cewek lain mesra”an tapi pake hp dia yang lain kak. Setau aku dia punya HP satu tapi gak ada kontak ceweknya tapi setelah mengetahui dari kawannya dia punya HP yang lain dan dia juga pernah nembak cewek lain kak:’) tapi cewek itu gak mau nerima dia. Aku gatau apa salah ku kak. Padahal orang tua ku udah percaya dan sayang sama dia tapi dia kok tega sama ku ya kak. Setelah itu aku Putusi dia tapi dia gak mau kak dia nangis” dan udah bersumpah didepan Alquran tapi aku belum bisa terima kak karena masih sering ke ingat jadi aku bilang aku mau putus aja kak terus dia ngancam bunuh diri kak. Itu gimana ya kak solusinya

  2. Kak aku mau nanya dong, apa yang harus aku lakukan sama hubungan aku, aku udah pcran hampir 2 thn lebih tapi diaudah selingkuhin aku berkali*, berkali* dia minta maaf dan aku memaafkanx tapi berulang kali jgk dia ngulangi perbuatanx, aku jgk sering brantem sama cewek selingkuhanx tapi dia selalu bela aku dan kembali pd ku, dan sampai akhirx di bulan desember tepatx hari ultah aku dia ngash aku kejutan dan aku senang skali. Tapi tidak lama kemudian di akhir januari kita sempat berantem tapi baikan lg dan ternya tidk ku sangka dia slingkuh lg, aku pikir dia sudah berubah. Aku sempat mergokin dia lg jalan bareng sama cewek itu dan di situ lah hubungn ku sama dia mulai hancur sehancur*x sampai* kita putus, tapi saat kita putus, saya dan dia mash berhubungn sesungguhx kmi mash saling menyayangi,, tapi karna keegoisan bisa membuat kita sperti ini. Aku pernah mencoba untk tdk berkomunikasi slama 3 blan bersamax tapi ttp saja saya tdk bisa lupain di dan begitupun dia jgk tdk bisa lupain saya, hanya saja rasa cinta dan sayang itu sdah berubah dia mencintai wanita itu dan takut kehilangn wanita itu dan dia jgk tidak bisa kehilangn saya karna dia mash ada rasa sama saya,, apa yg saya lakukan kak krna saya jgk msh mencintaix ??

    • Aku cuma bisa bilang satu hal. Kalau dia beneran sayang sama kamu, dia nggak akan selingkuh. Di saat dia udah mulai selingkuh, berarti saat itu juga dia udah mulai gak menganggap kamu seberharga itu, dan merasa dirinya layak dapat yang lebih baik.

      Silakan putuskan sendiri mau ngapain. Sayang itu sama diri sendiri dulu, baru sama orang lain.

  3. Kak aku mau curhat aku baru aja tau bahwa cowo aku pernah selingkuh 9 bulan yg lalu. Itu yg kasih tau selingkuhannya. Td pagi selingkuhannya nlpn dan bilang klo cowo aku yg bikin nyaman ketika si cewe itu baru putus. Dia minta maaf sama aku krna si cewe itu ga tau klo cowo bajingan ini punya pcr yg udah lama hampir 6tahun.
    Aku niat nya malem mau bicara sama cowo bajingan ini. Aku pgn tau cowo bajingan ini jujur atau engga sama aku. Aku udah screen semua kejujuran selingkuhan ini.
    Tp aku bertanya tanya seingkuhannya ini serius udah mutusin udah loskontek atau selingkuhannya ini mau ngancurin hubungan kita.
    Aku bingung harus percaya dgn selingkuhannya untuk bukti atau ga??

    • Lah kenapa jadi mikirin selingkuhannya? Yang selingkuh kan pacar kamu. Justru pertanyaannya, pacar kamu bisa dipercaya atau nggak? Kalau selingkuhannya ga mau sama pacarmu tapi si pacar ngejar-ngejar gimana? Kalau udah putus beneran sama si selingkuhan tapi dia tetep nyari selingkuhan baru gimana? Ingat, selingkuh itu dilakukan karena pacarmu memang ada niat selingkuh, loh…

  4. Hay, ka aku mau curhat. Kemaren baru diselingkuhin. Sakit banget. Dia bilang selingkuh grgr males sama sifat aku, terus si cewe selingkuhannya itu dateng terus bikin nyaman. Aku udh minta dia milih siapa, tapi dia bilang susah buat skrang ninggalin cewe itu karna udh nyaman-,- akhirnya aku putusin. Dan hal yg lebih gila lagi, aku tau si cewe itu udh punya pacar dan pacarannya udh 5thn, so aku bilangin ke pacar si cewe itu awalnya si gamau senekat itu tapi cewenya bikin sebel aku udh baik2 mau nanya dia tapi ga dbls, setelah itu akhirnya hub mereka juga putus. Belakangan aku tau pas hari dimana aku bilang ke cowo itu mereka lagi bareng ngakunya “mau ngomongin jalan terbaik” ah sakiiit bangeeeet!!!!!! Aku salah ga sih ka? Ngancurin hub orang lain juga😦 ? Aku kecewa udh kecewa banget.

    • Bukan ngancurin hubungan ny orang.. Justru kamu itu jadi ‘penyelamat’ nya hubungan mereka. Untuk si cwo, udah jelas dia mesti bertrima kasih ama kamu atas informasi penting itu .
      Untuk si cwe, paling ngga kamu udh nyadarin dia kalo selingkuh itu adalah hal yg sangat buruk. Dampak negatif nya udah tentu banyak banget buat dia

  5. Ka aku mau cerita, cowo aku itu gada history nya kalo dia selingkuh. Baru 1 thn an ini aku sm dia sih, aku jrg cek hpnya. Tp wkt aku ada feeling pgn cek hpnya, aku baca chatnya dia sm cewe lain ka. Ada panggilan sendiri juga. Selama ini aku prcya sm dia, aku ga nglarang dia kenal sm siapa aja asal ga berlebihan. Tp yg satu ini berlebihan ka, di chat aku baca mereka kek deket bgt sampe cowo aku blg minta maaf ke dia jrg ngabarin. Pdhl ke aku dia ga kaya gt. Cowo aku jg nanggepin mulu. Pas dia tau aku marah grgr ini, dia minta maaf dia ngaku salah kalo dia nanggepin cewe itu mulu krn dlu cowoku yg suka mulai chat, jd cewenya akhirnya suka sm cowo ku. Dia minta maaf trs blg mutusin milih sm aku krn dia mau serius sm aku. Yaelah ka critanya pjg deh pokoknya aku jg nanyain ke cewe nya. Mnrt kaka aku kudu gmn? Jujur aku sakit hati bgt ka baru kali ini :’)

  6. baru selingkuh dan di silingkuhin itu sakit tp tak sberpa yg gw rasain cwe gw sayang sma gw slama ini pengertiN tak menujukan tanda tanda mencurigakan dia berkerudung dngan nama yg bersih di lingkungannya dan akhinya WTF ,,,gw terasa kena bom klo cwe gw berhubungan badan sama cwo lain ,,dngan imbalan sejumlah uang ! dan gw pergokin chatnya ,, gmna bayangkan ,,, gemtar keringet dingin tress dan hampir putus asa tp gw yakin gw bisa move biarpun sulit ,,,,,

    • Pertama… jangan bawa-bawa kerudungnya, ya. Baik tidaknya seseorang jangan malah membuat kita ikut menghakimi kerudungnya. Kerudung juga tidak mewakili kepribadian dan perilaku seseorang.

      Kedua. Wow. Dude. Really. Sorry to hear that. Saya nggak bisa menemukan kalimat apapun untuk menanggapi itu. Mungkin memang cewekmu butuh uang. Kalau kamu bener sayang dia, coba diajak bicara baik-baik kenapa dia melakukan itu dan lebih baik lagi kalau bisa diajak untuk berhenti melakukan itu.
      Tapi kalau memang keputusanmu final, ya sudah, dijauhi saja. Tapi jangan bongkar aibnya ke orang lain. Karena menyangkut harga diri dia dan keluarganya.

      Buktikan ke dia kalau kamu manusia yang lebih baik dari dia, dan layak mendapatkan perempuan yang lebih baik juga.

    • Sama, gw jg gtu bro… bingung ini gmn. Q cinta bnget ma dia, ad keinginan nikah th depan. Tp dia kupergoki chat bis ml dg cow lain kmrin. Rasanya pngen q bnuh aj tuh selingkuhannya… q cinta bnget ma cewq, karna q type cow yg susah bnget jtuh hti. Perlu 2 th utk bisa mencintai tuh cew.. tp skrg sakitnya minta ampun. Bingung hrus gmn.

  7. Kak aku mau curhat, aku sudah hampir 2 thn sm dia, aku udah sayang bnget , dia udah nemuin aku ke keluarga tp k kluarga aku blm dia sering bilang pngen k rmh aku tp aku blm siap, dan saat hari ulang tahun aku, aku dapat kado pai bahwa dia udh pnya pacr byangin udh 3 bl ia pcr tp dia katnya kepaksa sm cwe itu makan nya dia milih sm saya lg, kita jalanin dari awal dn lagi2 dia selingkuh dia berubah minta putus terus nyalahin sifat saya.. gak kuat km gini gitu, knp saya ky gitu krena ada alesn sy pngen dia lbih baik dri sblmnya dan trauma d slingkuhin lg, cwo sy suka keluar mlm, nongkrong ya kaya gitu, knp saya pngen rubah dia karena org tua nya dan akhir nya kmrin dia bilang maap aku gk bisa sm km lg karena aku udah suka sma org lain, aku msh sayng km tp sift km yg buat aku kaya gini seharusnya km percya sama aku.. itu sakitttt banget gimana gak sakit udah sayang2 pngen serius udah ada target nikah, sy sllu sabar walaupun dlu dia sering mutusin dengan kta2 yg gak pantes.. apa salah saya coba.. sy smkin trauma pacar n

    • Pertama, dari awal, kalau misalnya mau balikkan, harus siap sama resikonya dan lupain yang udah lewat. Logisnya, sih, memang jangan pernah kasih kesempatan kedua sama orang yang selingkuh. Karena kepercayaan yang rusak, susah dikembalikan. Kalau mau balikan, harus percaya.

      Kedua, selingkuh itu habit. Orang kalau memang moralnya rendah, ya akan merasa selingkuh itu gak salah. Makanya dia nyalahin kamu. Karena dia emang niatnya jelek, tapi nggak mau keliatan jelek.

      Ketiga, dia dulu sering mutusin, artinya dia gak sayang kamu. Kenapa kamu buang-buang waktu sama orang yang gak sayang kamu?

      Waktu yang kamu habiskan untuk mempertahankan pacarmu, sebenarnya bisa dipakai untuk menemukan orang yang benar-benar sayang kamu.

      Sekarang nangis aja, galau aja, tapi habis itu move on, ya. Jangan mau balik lagi sama orang yang nggak bisa melihat kebaikanmu, nggak bisa sayang kamu apa adanya. Mending mikirin gimana caranya jadi cewek sukses biar nggak bisa direndahin cowok.

  8. Kak mw curhat kak aq pcaran udh jln hmpir 7 thn. Slama ini kmie baik2 aj brantem lngsung blim lgie. Tpie baru2 inie saya sibuk dgn skripsi saya sdangkan dy baru selasai dan sibuk2 mw nyrik kerja.. saya sudah ngerasa klok dy brubah chat saya jrang dbls. Kurang peduli udh kyal gk dulu..
    Trus tiba2 smlam dy mutusin aq dgn alasan bosan dan udh gk da rasa.. brapa x sudah sya tnyakkan alasan a ttap sma.. dy sngaja mencoba melupakan persaan a dgn saya kak.. dan ternyta berhasil..
    Lalu dy mutusin saya tpie tdk mw putus komunikasi hati saya rasa a hncur. Soal a kluarga saya sudah setuju sma dy..
    Sekarang saya bingung hrus ngelakuin apa? 1 posisi sya msih syang sma dy..
    Di posisi 1 nya dy tidak mw berbaikan dan nyelesain maslah a dgn saya dan jgk tdk mw memutuskan hubungan komunikasi. Tpie hbungan kmie ttap tdk berlnjut smpai kpan pun gtue kta a..
    Saya benar2 bingung

    • Kamu yang memutuskan. Dia udah nggak sayang, sudah nggak mau pacaran. Kamu maunya gimana? Waktu yang kamu sia-siakan untuk bertahan dengan orang yang salah, sebenernya bisa kamu gunakan untuk menemukan orang yang tepat.

  9. Kak gua mau ngomong,banyak orang yang ngomong kalo pacar gua,sering lenjeh lah “chtan sama orang lain,trus dia mau nunggu hubungan gua putus*bodoh gaj ka tuh?Yah Tpi kata pacar gua mah yah kagam dia udah demi allah diah demi al quran,udah ngebaca surah al fatihah,Pas gua selidiki Muka orang itu WATADOS!👎

  10. Kak aku butuh pencerahan .
    Dulu aku pernah selingkuh ,,ya aku akui aku selingkuh,tp skrng aku bener bener menyesal udah nyakitin perasaanperasaan pacar saya. Aku mau berubah untuk lebih baik lagi buat dia .ketika aku sdh merasa nyaman kembali sm pasangan saya dan beneran sayang,serius sm dia .kini dia yg selingkuh,bilangnya sm berteman tp bbman kangen kangenan terus.aku suruh buat jauhin tp dia gak mau? Aku bingung mau bertahan atau udahan ,,jujur aku udah sayang banget sm dia. Aku sdh berusaha buat nunjukin kl aku sayang sm dia ,tp seakan semua perjuangan itu percuma.aku minta dia buat jauhin cowok itupun gak mau ,tp posisinya skrng sdh balikan .
    Apa yg harus saya lakukan kak ??

  11. putusin lah.
    jangan bodoh jadi orang,orang yang sudah menikah aja rata rata bercerai karena pasangannya selingkuh.
    lah ini kamu yang blom jadi apa apa,baru pacaran di selingkuhi n malah bingung.
    jangan terlalu melow jadi orang.berfikir yang real real aja kalau dia bukan jodohmu.
    ingat pribahasa
    “MASIH BANYAK IKAN DI LAUT”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s