Pacarku Selingkuh! Aku Mesti Gimana? :((

Additional Notes, 8 Juni 2016:
Karena banyaknya yang curhat di kolom komentar sementara saya nggak selalu memantau blog, disarankan untuk mampir dan tanya-tanya aja ke ask.fm/macangadungan untuk respon lebih cepat. However, mohon diingat saya bukan pakar relationshit (lah pacaran 7 tahun aja bisa-bisanya diselingkuhin).

Ada yang tahu rasanya mergokkin atau justru dengar pengakuan kalau pacar ternyata selingkuh? Ih. Nggak terkatakan.

Badan langsung keringat dingin, kaki lemes, rasanya mau pingsan. Otak nggak bisa mikir, jantung rasanya jatuh ke perut. Airmata mau keluar tapi nggak bisa, karena terlalu shock. Otak kita bahkan nggak bisa memutuskan emosi apa yang harus dirasakan.

Sumpah. Rasanya ngilu banget. Sampai detik ini, kalau ingat waktu akhirnya tahu pacar udah sayang-sayangan sama cewek lain, rasanya mau loncat aja dari lantai 29. Saya beneran nggak bisa lupa sakitnya. Kayaknya semua yang saya tahu dan saya percaya langsung berantakan seketika itu juga.

Ih. Nulis gini aja langsung bikin saya sedih.

Ok. Move on dari “rasa”-nya. Setelah tahu pacar ternyata selingkuh, hal penting selanjutnya yang harus kalian lakukan biasanya menentukan sikap kalian terhadap keanjingan si pacar. Kalau otak lagi berantakan gitu, sih, emang kalut banget. Nggak tahu harus ngapain. Kalau saya sih waktu itu pada akhirnya minta putus. Di hari yang sama. Bukan apa-apa. Udah terlanjur ancur berantakan. Rasanya terhina banget diselingkuhin sama orang yang saya percaya bertahun-tahun. Yang terpikir cuma satu, dia harus pergi dari hidup saya. Karena luka ini nggak akan sembuh, even kalo kita balikkan.

Yah. Cewek beda-beda lah.

Tapi based on pengalaman saya dan teman-teman saya, semakin ke sini saya mulai berpikir. Saat diselingkuhi, jangan sampai kita salah langkah hanya karena emosi atau malah masih sayang. Karena sekalinya kita memutuskan sesuatu, mungkin kita nggak akan pernah bisa kembali lagi ke titik awal.

Jadi intinya, menurut pengalaman saya, dan berdasarkan sudut pandang saya… beginilah cara yang terbaik menghadapi pacar uang selingkuh.

1. Marah dan nangis

Opkros. Dia harus tahu seberapa parahnya dia merusak kepercayaanmu.

2. Berikan waktu untuk berpikir

Pada saat kejadian kamu mergokkin dia, setelah marah dan nangis, tinggalin dia. Pulang ke rumah, masuk kamar, dan pikirkan baik-baik. Apa yang kamu mau? Apa kamu masih mau perjuangin hubungan ini? Layak diperjuangin atau nggak? Buat saya sih, cowok yang sudah selingkuh nggak layak diperjuangin. Tapi buat orang lain, mungkin ada pertimbangan lain. Tapi minimal, sebelum memutuskan, pikirin dulu matang-matang.

3. Ketemu lagi, dan bicara.

Apa yang perlu dibicarakan? Catat.

Siapa cewek itu? – Perlu diingat. Siapapun ceweknya, meskipun itu sahabat kamu, yang selingkuh tetel cowokmu. Bisa ada 1000 cewek yang lebih cantik, lebih asik, lebih baik, ataupun yang binal dan godain cowok kamu. Tapi yang memutuskan untuk menjalani selingkuh itu kan pacarmu. Percuma salahin si selingkuhan, kalau memang pasanganmu yang memilih untuk berselingkuh.

Sejak kapan? – Sudah lama? Masih baru? Hanya untuk sekedar tahu. Seberapa lama pacarmu sudah bohongin kamu. Kemudian kamu ingat-ingat. Apa aja perubahan sikap dia selama dia selingkuh. Pada akhirnya, semua ini akan jadi kepingan puzzle yang terpasang, dan kemudian membuka matamu.

Kenapa? – Soal alasan, dia pasti bohong. Paling dia bakal bilang khilaf, atau nyalahin selingkuhannya, atau malah nyalahin kamu. Tapi dari situ kamu bisa lihat. Kalau dia nyalahin selingkuhannya, pasanganmu itu cuma pengecut egois. Kalau bilang khilaf, dia tukang bohong kelas berat. Kalau nyalahin kamu, berarti dia egois, malah egomaniac – langsung putusin aja.

Apa solusi ke depan? – Minta dia memutuskan

Mau balik sama kamu lagi dan ngejelasin ke selingkuhannya kalau dia milih kamu atau nggak. Kalau dia nggak bisa jawab, putusin. Serius. Putusin. Dia itu anjing. Jangan dikasih hati, nanti kepalamu diinjek-injek sama dia.

4. Ketemu bertiga

Dipikir-pikir, ini penting. Kamu juga harus tahu sudut pandangan si orang ketiga ini. Siapa tahu pasanganmu bohong sama kamu. Kalau kamu ketemu bertiga, kamu bisa konfirmasi semua kebohongan pasangan langsung ke orang ketiga ini. Bukan, bukan buat bandingin dirimu dan orang ketiga. Ini harus diniatin dari awal; kamu ketemu dia hanya untuk crosscheck semua cerita dan penjelasan pasanganmu. Nggak lebih dari itu. Dari sini kamu bisa mikirin, mau lanjut terus atau nggak.

5. Keputusan ada di tanganmu! Putuskan apa maumu.

Kalau saya, akan mutusin dan cari cowok lain. Selingkuh, dengan alasan apapun, nggak akan saya toleransi.

Tapi mungkin kalian merasa masih ada yang bisa diperjuangin. Pikirin baik-baik. Yakin kalo kalian balikkan, dia gak akan selingkuh lagi?

6. Move on.

Kalau kalian balikkan, kamu harus move on dari kesalahan dia. Karena hubungan kalian gak akan sehat kalau kamu malah jadi parno takut dia selingkuh lagi. Lupain semua yang sudah terjadi, bangun ulang kepercayaan kamu. Yang lama jangan diungkit-ungkit lagi.

Atau sekalian, putusin, pergi, dan move on dari dia. Because you deserve better!

7. Maafin dia

Pada akhirnya, balikkan atau nggak, kalian harus maafin si anjing itu. Gimanapun juga, kalo belum bisa maafin, kalian nggak akan bisa lanjutin hidup.

8. Be a better you

Go out with friends. Do things you like. Bukan buat bikin dia tambah sayang atau nyesel udah selingkuh. Tapi biar kamu tambah sayang sama diri kamu sendiri.

Gini. Nggak akan ada orang yang bisa sayang sama kamu unconditionally dan eternally selain diri kamu sendiri. Kalau kamu aja sibuk nyalahin diri kamu dan benci sama diri sendiri, gimana caranya kamu bisa happy?

In the end, orang selingkuh bukan karena khilaf. Tapi karena dia belum bisa melepas kamu atau kamu yang maksa nggak mau ngelepas dia, tapi di saat yang sama, dia menginginkan orang lain. Nggak ada yang namanya dia khilaf karena digodain atau dideketin cewek lain. Secara sadar, dia juga menginginkan cewek ini. Inget. It takes to two tango. Selingkuh hanya akan terjadi jika si cowoknya juga menginginkan hal tersebut terjadi.

Jangan percaya kalau dia bilang, “Ceweknya yang ngejar aku.”. BULLSHIT. Kalau dia bilang gitu, berarti cowokmu pengecut egois yang nggak mau disalahin.

Kamu yakin mau sama cowok kayak gitu?

Pikirkan baik-baik. Karena sekali cowok selingkuh, biasanya akan diulangi lagi.

Advertisements

141 responses to “Pacarku Selingkuh! Aku Mesti Gimana? :((

  1. Masih untung selingkuhnya ketahuan pas masih pacaran, gmn misalnya kalo udah merit dan punya momongan terus diselingkuhin. Bisa lebih sakit rasanya… 😦

  2. Saat dulu tau pacarku selingkuh, aku terlalu marah sampe aku gak kepikiran untuk menangis, kaki gemetaran, aku pergi ninggalin dia, setelah dikamar baru nangis meraung-raung ngalahin suara ambulans hahahhaha.

    • WAH SHIT, GUE TAHU BANGET GIMANA RASANYA!!!
      Persis sama 😐 Ya nangis, sih. Tapi dikit banget. Pas masuk kamar itu baru yang jejeritan.

      Ih, ngilu banget ngingetnya.

      • hahahha…sampe sekarang setiap kali ingat kejadian itu kakiku masih lemas dan gemetaran. Itu pengalaman pertama patah hati, dan aku ga tau cara mengatasinya saat itu.

  3. …persis rasanya begitu, you described it too well! thanks πŸ™‚ sampe sekarang aku masih blom bisa nulis yg kualamin waktu itu, kamu bisa yah langsung ditulis ‘rasanya’, salut deh *bowing*. padahal kejadianku udah tahun 2000 lalu dan kami udah ngomongin nikah segala di tahun milenium tsb. baca tulisan ini kok jadi berasa lagi, sakitnya tuh di siniiiii ;-p
    prosesku juga sesuai nomor urutan di atas, once again you described it too well urutannya. tapi di kasusku cuma 1,2,3, (skip no 4, jijay ga mau liat tampang si cewe ah lol -btw mereka akhirnya nikah di th yg sama lhoh), 5, 6 (butuh 5 tahun untuk sampai nomer 6!) – yes i’m selambat keong cacat juga lol, no 7 (aku maafin dia pas akhirnya kuajak ketemuan th 2007 lalu setelah aku settled di luar negeri selama 2 th, total ga pernah kontak selama 7 years after last time i saw him dan pengin ngebunuh pas dia ngaku selingkuh itu), dan akhirnya no 8 is where and what i am now. live happily with my lovely british husband and a 16 month old gorgeous boy named ethan πŸ™‚ eh maaf, baru kenal langsung komen panjang *jgn ditujes please* πŸ˜€

    • To be honest, temen-temenku banyak bantu proses move on. Selain itu belajar buka hati dan sayang sama cowok lain juga bikin move onnya jadi jauh lebih mudah.

      Tapi hal yang paling membuat sembuh itu saat aku mulai paham kalau aku dan mantan memang nggak cocok, dan mulai menerima kalau memang semuanya harus kayak gini. Kita nggak bisa maksain perasaan orang lain. Hanya krn org yang kita sayang nggak sayang sama kita, bukan berarti dia jahat.

      Aku malah seneng baca curhatan Mbak :)) Kalo mantannya ndak selingkuh, mungkin mbak skrg gak sama om british :p

    • Pernah diselingkuhin sama mantan tunanganku setahun yg lalu,dia menikah dngan slingkuhan nya ditgl,bulan dan tahun yg sama sperti rencana ku dan dia mau menikah..sakit kan..
      Tapi mungkin karma buat dia meski pernikahan nya masih berlanjut tapi dia ga bahagia,dan dia minta balikan lagi..harus gimana dong..satu sisi aku masih sayang dia tapi disisi lain aku takut dia lakuin hal yg sama jika ku terima dia kembali..

      • Dia tunangan sama lo, trus ujung-ujungnya nikah sama orang lain. Abis dia nikah sama orang lain, eh malah dia minta balik sama lo.
        Nanti kalo dia balik sama lo trus nikah, gak bahagia, dia mau selingkuh lagi sama yang lain?

        Selingkuh itu habit, bukan khilaf. Kalo masih sayang, balikan aja. Tapi jangan lupa sama resikonya, ya. Ikutin kata hati.

  4. Klo gwtaunya pas udh putus….awalx putus krn.alasan nyokapnya narik restu. Pas udh itu br ketahuan brengsek2nya….tetep aja rasanya sakit. Keringat dingin, gemetaran…yah kayak yg d sebutin d atas lah gejalanya.

    Udh 6 bulan berlalu….tiap dengar kabar ttg dia gejala itu timbul lagi. Bahkan stlh gw bilang udh maapin dia….tp gw mikir gejala itu timbul krn alam bawah sadar gw blm bisa maapin dia.

    Mungkin seumur hidup ga bakal lupain rasa ini πŸ™‚

    • Iya sih. Aku ngerti. Aku juga mungkin seumur hidup nggak bakal bisa lupa sakitnya. Sampe skrg kadang masih keinget apa-apa aja yang dia lakuin dan nyakitin aku.
      Tapi gimana juga, pada akhirnya kan harus move on. Ngapain juga fokus nginget dia melulu :p

  5. gue pernah ngalamin kayak gitu,yaa udah terlanjur sakit hati mau gimana lagi,langsung gue putusin aja si anjing -,-
    eh ternyata dia malah masih ngelanjutin hubungannya sama selingkuhannya… malah bikin nyesekk…

    ngomongnya masih sayang,tp kok selinguh dan setelah gue putusin malah hubungannya dgn senglingkuhannya masih berlanjut..

    lebih parahnya lagi,selingkuhannya itu adik kelas gue sendiri.. -,-
    bulshitt memang.. πŸ™‚

    • Aku sih, pas kuputusin, udah gak peduli lagi dia masih lanjut ama ceweknya apa nggak (skrg mereka malah sudah nikah, loh). Biarin aja dia sama selingkuhannya. They deserve each other. Sampah cocoknya sama laler πŸ™‚

  6. ati rasanya kaya diremes,, jantung kaya berenti berdetak ,,, nyawa kaya mau ilang tapi hrus gimana lgi nasi udah jadi bubur ,, keadaan berkata laen ,,

  7. yg aku rasain sekarang nh di selingkuhin ma cwo w, sakit bngt2 rasanya, ga bsa ngmng pp lg… di ksh keprcyaan mlh di hianati

  8. Lalu bagaimana dg gua.??? Dua hari kemarin gua mergokin cewe gua selingkuh setelah qta bangun hub 5tahun… Coba kalian bayangin. Di tempat ramai gua nangis selama 1 jam 30 menit di tontonin orang…. Gua gx nyangka… Ini pertama x nya gua pacaran n ini adalah shock terbesar yg pernah gua rasain. Padahal ap yg cewe gua minta selalu gua kasih. Sampai2 1 bulan gua harus ngeluarin 500 ribu utk kuliah dia… Heyyy ini bukan masalah uang nya, tp ini masalah kebohongan yg ia buat selama 5 tahun… Gua terlalu bodoh… Karena gua selalu nurut sm dia… Help me please… Rasanya gua mati rasa sm cwe n gua mau akhiri hidup ini….

    • Emang resiko sayang dan berhubungan sama orang, ya putus atau diselingkuhi. Sekarang mendingan ngumpul sama temen-temen, curhat, hubungin teman2 lama yang kemarin sempet jauh, lanjutin hobi yg sempet terbengkalai. Jangan mau balikkan sama mantan yang selingkuh, jangan hubungin dia, jangan mau dihubungin dia. Udah, maju aja ke depan. Mending cari cewek baru yang lebih baik. Introspeksi itu perlu, mungkin lo juga banyak salah sama dia sampai dia selingkuh (eniwei, cewek lo jg pasti pny kekurangan, jd emang gimanapun juga selingkuh bukan jawaban, sih). Tapi lo introspeksi buat cewek selanjutnya, biar lo bisa jadi cowok yg lebih baik buat cewek yang pantes dibaikkin. Bukan buat mantan lo.

      Inget ini: Sampah cocoknya dibuang ke tempat sampah. Sampah jodohnya ya laler. Cuma cewek baik-baik yang layak dinikahi, dan tukang selingkuh bukan cewek baik-baik.

      In the end, lo juga harus maafin dia. Sekarang boleh marah-marah, tapi nanti harus berhenti. Kalo nggak, kasihan cewek lo selanjutnya.

  9. Uuh sama kea yg gw alamin skrg, gw udah bina hub selama 4 tahun, n yg paling bego.a gw gtw klo cowo gw tnyta msh ad kontek”an sma mantan.a setahun lalu, yg paling gbs dmaafin cowo gw ngajak balikan sama mantan.a, sempet mw balikan tp cowo gw malah ngilang dr mantan.a it n alesan.a sih krn msh inget gw, gw jg udah ngmgin hal ini sma dy pas gw putusin dy malah nangis, gw gtw yaa it nangis tulus atw nangis buaya, gw gbs lupa hal it smpe sekarang, gw bingung sma perasaan gw sndiri, campur aduk, bingung mesti bertahan am dy atw ga..

  10. Aw aw awwwww… ini yang aku rasakan saat ini! Kebayang gak, aku udah pcrn 6 tahun tapi sekarang dia selingkuh. Yang bikin nyesek tuh pas tau kalau ke jkt untuk nemuin cewek itu dan tinggal barenag. Kejadiannya baru tadi ih ya, aku telepon dia terus terusan dan pas di angkat ada suara cewek di belakangnya.. dia lagi tiduran bareng..
    Yang lebih nyesek dia bilang ke aku “udah gausah nlpn lagi ya, ganggu tau”.. dan kedengaran suara ceweknya dari belakang bilang matiin aja tlpnnya yank….
    Wahhhhhh nyesekkk gakk???? Pengen matiiiiiii rasanyaaaa…
    Kejadiannya tadi…

    • Biasa. Acting di depan selingkuhannya. Palingan pas berdua sm kamu doang, dia beda lg sikapnya. Kalo dia nangis2 depanmu, diemin aja dan pergi. You deserve better.
      Kamu yang kuat ya. Mendingan kamu mandi, nyalon, shopping. Anggep aja cowok itu udah mati. Jgn mau dirayu2 lg ama cowok itu. Mending cari yg baru aja.

  11. Hari ini detik ini aku ngerasain yg sama seperti dulu, saat awal mantan seligkuh & semua itu sprti terulang lg, saat tau mantanku nikah dgn cewe selingkuhannya. Cuma kita yg tau sakitnya, rasanya ingin bunuh diri atau ngebunuh mereka. Bahagia diatas penderitaan org lain. Aku bs ikhlas kalo mantan nikah sm perempuan lain bkn sm selingkuhannya itu. Tapi ini malah sm selingkuhannya 😦

    • Untungnya aku biasa aja pas mantan nikah sama selingkuhannya. Mau nikah sama siapapun, tetep aja dia pernah selingkuh. Dan karena dia selingkuh, aku jadi ilfeel. Semua perasaan & kenangan yang dibangun selama 7 tahun hilang gitu aja.

      Lagipula, cewek yang mau jadi selingkuhan apa iya bisa jadi istri yang baik? πŸ™‚ Biarin aja, itu rejeki dia dapet cewek kayak gitu.

  12. Aaaakkkkkk… barusan tadi malam aku mergokin pacar ku selingkuh di medsos,aku pcaran baru setahun memang,tapi co ku nunjukin banget keseriusan nya sama akuu.. dateng kerumah,aku di kenalin sama kluarga nya,kluarga ku juga sayang sama dia.. tapi sebaik aku tau dia trnyata pnya akun fcbook,dan pas jumpa aku minta paswrd nya,dia ga kasih,alasanya dia lupa pass nya.trus,aku bobol aja akun nya lewat no hp dia.trnyata bisa..dan Nyesss!! seketika otak ku berhenti berfikir rasanya… air mata rasanya mah keluar tapi susah.. dan malam itu asli aku ga bisa tidur mikirin itu,padahal dia baru pulang dari rumah aku seharian,karna dia ambil cuti 1hari,dri tmpat dia dinas, di inbox itu isi nya dia ngajakin cewe kenalan,ajak ketemuan,minta pin bb si cwe,minta no hp si cewe,kesan nya seperti co murahan.. ilfill bagettttttt.. sumpah.. dan sampe sekarang aku diam ajaaa. Aku mau marah pun gak tega,banyak juga pengorbanan dia sama aku,dia kerja capek,perjalanan dia jauh dari tmpat dinas kerumahku,,dan sekarang aku gak tah harus gimana.
    Oh tuhaaannnn.. ntah la,ga bisa apa” aku gini..

    • Omongin baik-baik. Sebenernya kurang baik sih bobol akun pacar. Emang udah cek tggl message-nya? Siapa tahu itu sebelum jadian sm km?
      Tapi yg penting semua dikomunikasiin dulu aja. Hati2 jgn sampai berakhir dgn pria yg salah, tp jg jgn sampai cuma kamunya yg suudzon.

  13. Diselingkuhin itu rasa nya gx banget, sakitnya luar bisa, tuk pertama kalle nya ku rasakan
    yg gx habis pikir nya tu, koq dy bisa tega lakuin itu ke aku, pas q tanya apa salah aku koq dislingkuhin dia jawab q gx pnya salah apa*, tp dy nangis dan minta maaf sejadi*nya dan mutusin selingkuhan nya dan meminta agar aku jgn tinggalkan dy
    tp aku gx tau mesti ngambil keputusan apa, jujur masih sayang tp rasa sakit ini tx bisa ku tutupi jg dgn berusaha ttp trsnyum

  14. Aku gak tau mantan aku ni bisa di bilang selingkuh atau enggak. Jadi, kita udah jalan 8 bulanan putus nyambung iyaa tapi putus nyambung itu bukan gara gara orang ketiga. Nah sampe sebulan yang lalu, dia pergi tour via darat sama temen temen kampusnya. Iya kita beda kampus. Pas awal perjalanan dia rutin hubungin aku kok dia dimana di telfon dll. Tapi pas udah mau pulang udh jarang katanya susah cari tempat chargeran. Yaa aku percaya percaya aja. Sampai udah selesei tour nya dan kita udah ketemu. Dan aku ngerasa ada yang aneh ajasama sikapnya. Lgsg beberapa hari abis itu dia minta putus dg alasan lain katanya dia ngerasa org tua ku gak suka sama dia banyak lah alasannya. Terus udh seminggu dia minta balik lagi. Katanya syg bgt sama aku gak bisa tanpa aku gak bisa kalo gak ada kabar aku. Tapi belum sehari dia kasih peenyataan kalo dia masih mikirin org yang dia suka, aku tau dia pernah suka sama cewek temen SMAnya. Saat itu aku lgsg pasrah aku nyerah aku lepasin dia demi org itu. Tapi dia awalnya ragu akhirnya yaa kita berakhir. Tapi dia masih contact aku beberapa hari setelah itu katanya dia nangis. Katanya dia lagi di posisi terberat banget. Dan pada akhirnya dia jadian sama temen kampusnya. Bukan sama orang yang dia suka! Saat tau aku gak bisa ngapa ngapain gemeter badan panas dingin. Aku udah lama cemburu sama temen kampusnya ini. Kemana mana berdua, chat nya isinya becandaan terus. Tapi pas aku cemburu waktu itu dia marah. Dia gak suka aku cemburu. Jadi ternyata pas pulang perjalanan tour ini kata temenku yang sekampus sama dia mereka berdua aneh banget sama mantan aku ini perhatian banget sama dia pas sakit kepala. Sampe mijitin. Mesra mesraan gitu :’)
    Padahal awalnya aku udah ikhlass dia perjuangin cewek yang dia suka pas SMA. Nah nyatanya? Dia jadiannya sama temennya. Sakit bangettt, katanya dia gak mau nyakitin aku terus, katanya dia milih ini yaa karena gak mau nyakitin. Katanya pengen belajar setia. Ohhh Tuhan sakit bangettt aku di boongin. Emang dr awal aku udh ilfeel sama temen kampus nya ini. Dan ternyata bener kaan. Aku gak tau harus gimanaaaaaaaaaaaaa πŸ˜₯

    Aaah panjang banget yaaaaa. Maafkan semoga dibaca yaaa hehe

    • Itu artinya cowok itu emang sebenernya sayang sama sahabatnya. Seenggaknya dia sadar dia salah. Emang buatmu sakit, sih. Tp direlain aja, toh awalnya kamu siap lepasin dia. Lebih baik pacaran sm cowok yg beneran sayang km drpd yg cuma setengah2. Nanti pst beneran ketemu cowok yg kyk gtu kok.

  15. Gw juga baru banget putus.. gw sama dia udah mau 5 tahun, 3 tahun berhubungan deket, 2 tahunnya lagi ldran.. semua gakada yang beda semnjak kami ldr, tapi memang selalu ngerasa curiga gelisah mungkin udh ditunjukin allah, sminggu yang lalu dia ketahuan slingkuh dngan temen skampusnya yg gw curigain, ternyata bener mreka pacaran udh mau stahun.. lebih sakitnya lagi temen2nya tau dia selingkuh dan udh berusaha nasehatin mantan gw buat nyudahin hubungan dia sama slingkuhannya itu, tali jahatnya temenwnya gak ada yg ngasih tau gw dngan alasan mantan gw temen mreka, gw juga tmen mreka. Pas tau dia slingkuh seharian nangis,teriak sampe gak tdur gak nyngka dia yg gw percaya slama ini bsa sjahat itu.
    Tapi gw nangis gw sehari stelahnya udh gakbisa lagi. Tapi sampe skrg ngapa2in slalu inget dia slingkuh kdangan narik nafas, kaki lemes, trus dada rasanya sakit. Tapi harus iklas gimanapun pasti dia nyesel. Krn cewek itu cwek gak bner krna cewek itu udh punya cwok otomatis cwek itu bukan cewek baik2. Baru pcaran aja mreka ber2 sling slingkuh apalagi nikah nanti. Sampe skrang gw berusaha move on. Dan niat gak pingin pcaran dlu smpe lulua kuliah. Sayang bget pdhal smua kluarga dia sayang banget sama gw ibunya apalagi. Sampe skrg kitorang b2 lost contact dia gakada usaha buat ngejelasin smwnya dan gw jga gakperna ngubungin dia lagi smnjak gw tau dia.

  16. Aku boleh minta saran juga ga? Aku dan co ku sudah 7thn dan sedang persiapan wedding. 1bulan lalu dia ngaku kalau dia selingkuh. Terus terang aku marah dan aku ga pernah kepikir kehilangan dia. Dia sempat bilang mw putus tp gua memohon untuk mengusahakan kembali. Di satu sisi gw merasa gw kurang berusaha utk menjaga hubungan ini, mgkn gw yg tll cuek atau krg berkembang sehingga dia bosan. Tapi di sisi lain gw merasa kok y dia tega mengingkari komitmen kita. Sampai sekarang dia sll bilang unhappy, apa ini indikasi kalau dia sdh ga mau usaha? Atau gw seharusnya tidak menyeerah? Jujur gw g sanggup ngebayangin putus, apalg di saat kita sudah mau menikah, di saat umur gw juga sdh hampir 30. Gw ga tau apa bisa ketemu lelaki yg sehebat dia. Gw gw bs benci dia, gw justru menyalahkan diri gw sndr. Gw hrs apa, please….

    • Sebenernya keputusan ada di tangan kamu, sih… Pertanyaannya, dia selingkuh karena jenuh, atau karena udah nggak sayang kamu lagi? Kamu sendiri juga gimana, kalau kalian balikan dan lanjut sampai nikah, siap move on dan lupain kesalahan dia nggak?

      Dengan catatan, walaupun kalian nikah nanti, dia belum tentu berhenti selingkuh, loh. Walau, tetap aja ada kemungkinan dia tobat.

      Yang pasti, jangan salahin diri sendiri. Kalo dia memang unhappy, harusnya dia mutusin kamu baik-baik dan bukannya selingkuh. Kamu emang nggak sempurna, tapi inget, cowokmu jg nggak sempurna loh. Toh buktinya kamu bisa nggak selingkuh.

      Kalau kamu masih mau perjuangin hubungan ini, ya usaha aja, asal siap untuk memaafkan dan nggak pernah ngungkit2 kesalahan dia.

      Kalau aku jadi kamu, aku sih nggak mau lagi. Kepercayaan yang udah rusak nggak akan bisa diperbaiki, dan aku nggak mau terjebak seumur hidup dgn orang yg aku nggak percaya. Tapi yang terakhir ini jangan dengerin aku. Ikutin perasaan km aja.

    • I voted for what macangadungan said above. Sila baca kasusku di komen agak di atas. Si mantanku yg selingkuh itu setelah nikah sama selingkuhannya juga guess what, tetep selingkuh lagi πŸ™‚ penyakit kok itu, sekali ngelakuin nagih susah tobatnya. Aku sih mending sakit banget tapi bubar drpd makan ati seumur hidup. Punya suami suka selingkuh apa yg mo dibanggain hehe . Eh kok terkesan ngomporin ya, maaf. Think again, and make your best decision aja deh.

  17. Thanks masukannya. Jujur aku juga sakit hati, marah. Kadang malah aku merasa kok malah aku yang jadi melunak bukan dia. Cuma sekali lagi aku mikir ya dia sudah berusaha sekian lama untuk hubungan ini tp mgkn aku yg kurang respond atau kurang maintain hubungan ini. Ya jujur.. aku susah bgt jatuh cinta makanya aku sangat takut kehilangan dia yg sdh sangat sabar dengan aku. Makanya aku merasa dia perfect. Apalagi menghadapi keluarga, teman yg sdh tahu aku sdh mau menikah. Belum lagi masalah umur. Beneran ga tau harus mikir apa dan berbuat apa.
    Sampai hari ini aja masih ga percaya ini terjadi. Kita sudah berjuang begitu lama sampai dapat restu tp kok kayak gini ya. Dia sih sdh memutuskan ce itu tp dia jadi dingin dan sering bilang ga happy. Dia juga blg masih mencari tahu isi hatinya yg sbnrnya apa masih mau lanjut atau tidak. Disini gw merasa, apa ini kesempatan gw utk fight atau dia cm ga tega memutuskan. Hah…..please share cara untuk move on? berat bgt..

  18. Pingback: Curhat Session: Saat Calon Suami Kamu Selingkuh | Macangadungan·

  19. Aku udah pacaran 3 tahun. Hampir setiap hari aku ktmu sm pacar kecuali mlm soalny aku ga bisa keluar tp hampir setiap hari pula aku ga boleh pegang hapenyo.dia bilang banyak temen laki nya bbm lah inilah aku sih percaya aja tapi disisi lain perasaan ga enak muncul.dan pada akhirnya perasaan ga enak itu ngebuktiin kalo “dia” beneran selingkuh hampir setiap malam dia pergi sm cewek lain, semua itu aku tau dr chat yang aku lihat dihapenya aku diemdiem ngebuka hapeny.entah kata apa lagi yang hrus aku ucapin sakitnya bkan main Allah paling tau titik terberat aku. Bodohnya aku ga pernah bisa marah sll ada aja sikap dia yang buat luluh lagi. Dan skrg lagilagi aku maafin dia walaupun didlm hati msh byk pertanyaan ttg selingkuhannya.apa aku salah maafin dia?keluarga kami udh saling kenal dia sll jemput aku kuliah tp smpe skrg hati ini msh sakit wlwpun masalahnya udh lewat

    • Aku dan pacarku sudah 4 tahun mau 5 tahun desrmber ini.tp setelah aku kkn bulan september kemarin aku mengetahui hubungannya dg beverapa wanita.walaupun tak pacaran tp dekat.setelah itu kepercayaanq sudah mulai pudar.tepat bulan november ini aku bergabung grup online baju.dan aku iseng membuka kontak grup.tanpa disangka ada foto pacarku dg cewk lain.rasanya ingin mati sajaa.setelah itu aku mnta penjelasan cowk ku tp dia menghilang,aq sms,chat,tlfon ga ada respon.keesokan hrinya aq ke kosnya dan dia ga mau nemuin aq.tp stelah nunggu 2 jam akhirnya dia nemuin aku.dan diagag jelasin apapun.malah aku yg mnta penjelasannya dan bertanya cowkq lebih milih aku atau selingkuhannya.tpi dia bilang tdak bsa memilih.disitu hatiku benar hancur

  20. aku sudah sering diselingkuhin, tapi dia minta mf dan bilang tidak mau berpisah dengan ku, yang jelas aku mf kan karena aku cinta dan aku berfikir tidak ada manusia yang tidak berbuat salah, aku tau itu bukan hilaf. atau apalah yg sejenisnya. sampai saat ni aku tidak bisa mempercayai dia seutuhnya, aku sudah menjalin hub selama lima tahun hari ini terakhir aku bertemu dia, dan sock nya aku di saat aku ingin melihat hp nya malah di off kan. tentu saja pikiran ku pasti ke ujung kulon dan bertanya tanya. setelah ku tanya kenapa hp mu tidak d aktifkan dengan santai dia bilang “nanti kalau ada sms yang aneh aneh kau bakal marah sama aku. dan nuduh aku kalau aku sering smsn sama orang itu” pada awal 2014 tadinya aku sudah mempercayainya lagi. tapi hari ini 23 Oktober 2015 aku tidak mempercayainya lagi. mungkin aku terlalu berlebihan tpi itu lah yang aku rasakan saat ini. tapi saat ini aku lebih santai mengatasinya ntah itu karena sudah terbiasa dan ntah kenapa aku pun tidak tau. aku sekarang bingung dengan hub ku ini. sangat sangat membingungkan ? sementara aku dan dia sudah ada rencana untuk hal yang lebih baik, tapi yang pasti aku sangat kecewa dengan sikapnya yang seperti itu. aku hanya bisa pasrah kepada sang pencipta. karena di kepala ku penuh dengan pertanyaan pertanyaan yang akhirnya membuat dia pusing ap lagi aku. AKU SANGAT BINGUNG masih banyak hal yang tidak bisa aku tulis. karena kisah ku terlalu panjang. dan mungkin dalam hal ini aku terlalu bodoh.

    • Aku jg ngerwsain kayak kamu kok. Bahkan skrg udh mau jalan 7thn . Dan hari ini aku lbh milih buat selesai. Krn aku nggak mau d bodohi lg. Dan dia jg lbh milih selingkuhannay. Salah ga kalo aku brharap dia bakal nyesel? Hahaaaaaaaa

      • Gak salah. Tp nanti kalo dia gak nyesel gimana?

        Yg penting kamunya yg gimana, bukan dianya. Dia bukan bagian dr hidup kamu lg skrg. Mending potong rambut, beli baju baru, pake lipstik, dan lakuin hal2 yg sblmnya gak bs kamu lakuin krn mantan km.

        To be honest, sakitnya gak akan hilang 100%. Stlh 2 tahun lebih, aku aja kdg msh kebangun krn mimpi buruk, mimpiin adegan aku mergokkin mantan selingkuh. Dan itu masih sakit. Aku jg jd susah percaya cowok, susah jatuh cinta, keras sm diri sendiri… Tp tetep bahagia krn stlh ninggalin mantan yg gak setia gtu, bnyk bgt hal seru yg aku lakuin, dn aku jd tahu bnyk cowok yg lbh seru dr mantan :p

  21. kalau gue , diam saja gue perbaiki apa Yang salah sama gue, trus kalau dia udah sadar sendiri dan datang ke gue gue bilang “udah puas selingkuh, giliran udah hancur balik ke gue” munafik banget luuu haha , emang luu pikir gue mau balikan sama bekas orang , Dan yah itu aja gue rasa cukup buat cewe Yang munafik,

  22. mohon dong bantuanya saya ga tau harus apa. saya dan cewek saya sudah pacaran 5 tahun kami pacaran ldr. 1 taun dekat 4 taun jauh karna kami beda Provinsi. hubungan keluarga kami sudah dekat dan kami ada rencana mau menikah. namaun september 2015 kemarin dia ketahuan selingkuh. saya tau dari fb yg dia gunakan dia pasang sampul cowo lain. setelah saya tany mereka da jalan 3 bulan. saya ga tau apa salah saya sampai dia tega seperti tu sama saya. katany dia bosen dengan saya dan suntuk dengan hubungan kami. saya coba untuk menjalani sebulan buat dia berubah tp malah dia semakin lebih kecowo itu. dan saya di cuekiny. tp kalau saya bilang mundur dari kehidupany dia tidak mau dan dia juga ga mau pisah dari cowo tu. kalau saya tanya np bisa kaya gt dia hanya bilang tah la dan tidak tau selalu itu jawabnay. tolong dong bantu saya satu sisi dia berat melepas saya dan satu sisi lg saya sayank dia dan juga berat melepasny tolong bantu saya y.

    • jadi cwo yg tegas… dia sendri tidak yakin terhadap hatinya sendiri, yg ada jika kamu lanjtkan kamu yg akan dipermainkan sama dia… utk org yg beginian jgn dikasih cinta dan syg 100%.. saran gw kamu Putusin lalu kamu merubah hidup kamu jd lebih baik.. pasti dia akan nyesal.. dan disaat dia nyesal itu akan merubah hidup si cwe itu lebih baik

  23. Gw baru kali ni… dia udh chat2 pdkt sm cwe..apa itu bsa dblg selingkuh? Jujur sedih bgt…untungnya tuh cwe yg dy dketin ga ngrespon cwoku..tp aku kcwea… 2x dia kyk gt. Bngung harus prcya lg atau gak…

  24. Gue baru putus, dulu gw pernah mergokin dia punya hp lagii tpi dia ngelak itu hp om nya, ehh pas tdi pagii gw liat hp itu lg, adaa bbm sma pemberitahuan fb, gw mauu buka hp nyaa malah sandi nyaa,trzz pas dia tau dia langsung tarik hp nya,kta dia ini gx adaa apa” cuma tmn” krja doank,kta gw klo gx adaa apa” yaa coba liat gx ush pke d umpetin segala,trzz dia buang hp nyaa trzz d banting, pas gue ambil kartu sma memo nyaa, d memo nyaa adaa fto” cw, dan cwo gue tu gampang banget d hasut sma tmn” nyaa, kan tmn” nyaa pengen bgt gw sma dia putus, dia udah lakuin kya gni udah 4X tpi beda” kesalahan nyaa dri punya akun fb lg, bbman sma cw,msih kontak”n sma mantan nyaa, dan skrnk gw yang selalu percaya” z sma dia skrnk gw jdi muak sma dia,skrnk gw putusin dia dan dia jga mutusin gw, gw yakin karma pasti akan terjadi, d saat gw ngrasa hubungan ini baik” z,tapi tuhan jauh lebih sayank sma gue dan nunjukin hal” yang gx gw tau dari dia .. Gue skrnk brsyukur udah gx sma dia lg.

  25. mantan gw dulu temen sekantor yng udh selingkuh dan skrng mau merit sama selingkuhannya smpai skrng msh aja sering ngontek gw blg kngenlah atau so’2 nanya kabarlah pdhal udh gak pernah gw gubris tp tetep aja nyoba nelp, apa coba maksud ny -_-? padahal dlm ati kangen berat, berat banget ampe mau meluk meluk zzz T_T
    baru tdi karna gw tau psswrd fbnya gw stalking fbnya, poto kita pun yng dulu di aplod gak ada yng di apus sama dia dr albumnya, depe whatsappnya jg msh poto yng sama gw (ToT)
    emng si hub kita dulu agak dipaksain (gak direstuin ama ibunya dia tp kita gak susah putus karna tiap hari ketemu dan pada akhirnya dia selingkuh sampai gw resign dr kantor) #lupakan
    yng gw mau tanya gw harus gmn sdgkan klo gw singgung tntang dia mau merit dia gak pernah mau ngaku itu aja gw tau dia mau merit dr tmn gw bahkan gw udh lyat sendiri undanganny?
    maksudnya dia apa yng smpai skrng msh nyimpen poto2 bareng gw apa dia gak takut ama calon istrinya yng skrng atau dia ingin balik selingkuh ke gw atau dia cuma main2?
    ups sori kepanjangan hihihi
    thx

    • Intinya kalo dia sayang, dia nggak akan selingkuh. Dia akan mati2an perjuangin km.
      Nah tinggal kamu aja. Sayang sama diri sendiri nggak? Kalo iya hargai diri sendiri. Setiap waktu yang kamu habiskan untuk mikirin dia, adalah waktu yang seharusnya bisa kamu pakai utk bertemu cowok yg lebih baik.

  26. hi,salam kenal semua nya yg disini terutama yg punya blog πŸ™‚ aku disini justru posisinya sbg pihak ke 3. tp justru aku sebenernya pengen bgt nampar,hajar,dan bikin ganjaran buat cowok yg lg deketin aku ini. Aku sbnrnya pengen bgt add medsos cewe nya atau kirim email ke cewe nya buat ngasih tau kebusukan cowok nya agar si cwe jgn sampe ketipu. Tp aku ngeri juga krn si cowok ini orgnya tempramen dan bukan cowok baik2,temenan nya pun bad boy semua. Ngeri klo ni cowok malah jd dendam ke aku. Lebih buruknya lg cowok ini cabul. Suka kasian liat instagram ceweknya yang suka ngepost foto2 mesra sama cowoknya dengan kalimat pengen menua bersama,pengen kalau bangun pagi nanti yg dilihat muka cowoknya ada disampingnya. hmm miris juga.

    • Gak usah ngasih pelajaran, yang ada ntar kamunya kenapa-kenapa. Ninggalin dia aja udah pelajaran banget buat dia. Kamu mending jauh-jauh dari dia. Soalnya kalau dia menghargai kamu sebagai perempuan, dia gak akan tega jadiin kamu selingkuhan.
      Cowok ini kedengerannya serem banget 😐

      • iya emang seremm. dia anak org kaya jd udh kebiasaan apa2 ngerasanya bisa didapet pake duit dan mungkin dia nganggep cewe itu cuman kayak barbie kali yg bisa dimainin. maklum mental banci.hahah entah knp aku muak sama cowok2 yg gak bisa jaga komitmen sama cewe nya.

        Sebenernya kalau cowok selingkuh tuh yg mesti dikeselin banget tuh cowok nya.Jd jangan ngebelain bgt cowok dan malah mau aja nerusin hubungan lagi dan nganggep emang selingkuhannya yg kegatelan. Krn bisa jadi si cewek selingkuhannya udh dihasut2 loh sama si cowok. Kayak yg aku alamin. Si cowo curhat kalo dia ngerasa gak cocok sama sifat cewe nya,bla,bla,bla… kalau aku sih emang dari dulu gak suka sama org yg gak bs jaga komitmen,jd aku gak pernah nanggepin curhatan cowok macem gitu. Aku balikin aja ke dia dengan bilang “kalau lo ngerasa ada masalah sama cewe lo, ya lo omongin lah baik2 ke dia bukannya malah ngumbar masalah lo ke gw.Ntar kalau lo udh nikah masa masalah rumah tangga lo lo sebar ke org2”
        Tapi teteuppp ni cowok masih nangkis2 terus. Dan berusahaa terus yakinin gw klo dia bukan cowok brengsek. Helllowww klo lo bukan cowok brengsek,gak mungkin lo ngajak ngedate gw tanpa sepengetahuan cewe lo. Aku ajakin dia nonton bioskopnya bareng cewe nya aja tapi dia gak mau.Jd apa namanya kalau bukan cowok brengsek!

      • Oh dan 1 hal lagi buat cewek2 yg diselingkuhin sama cowoknya, jangan pernah berubah demi memuaskan keinginan cowok lo yg udh selingkuh itu. Kayak yg aku alamin sekarang,aku liat cewe nya si cowok ini malah jd diet abis2an,trus pas cowoknya minta break si cewe malah mohon2 gak mau. Jangan,jangan pernah berubah demi yg cowok lo harapkan! Kita punya harga diri. Klo dia cowok baik2 boleh lah lo berubah demi dia.

        Si cowok jg pernah nunjukin quotes ke aku yg intinya tentang cowok yg milih selingkuh itu sebenernya disebabkan krn pasangannya yg gak bisa ngertiin dan ngehargain si cowok. Hmm,gw sih duga nya pasti ini quotes bakal dijadiin senjata buat mutusin si cewek. Biar ceweknya yg malah ngerasa bersalah. Buat kalian yg diginiin sama cowoknya,balikin aja guys bilang “cowok yg bisa ngehargain cewe nya gak bakal milih jalan selingkuh”

        aku gak pernah setuju dengan apapun alasan org yg milih selingkuh. seberat apapun masalah kalian,sebosan apapun kalian sama pasangan kalian,kalian harus putus dulu baru boleh cari yang lain. Makanya buat cewe dan cowok kalau pasangannya udh minta putus,setujuin aja. Jgn mau dia jd besar kepala dan malah injek2 kita terus. Wanita baik hanya utk pria baik2. Begitu jg sebaliknya

  27. Hehe jadi gemes pengen share, sedikit curhat nih.. Gimana sih rasanya kalo pacaran dh 5th dah mau nikah cwe q deket ma cowo..

    & akhirnya terjadilah.. Ciuman++ bagiku biarpun itu di paksa, itu bukan kemauan dia..

    Tetep aja aku jijik punya cwe kya gtu.. Sampai detik ini sudah 6bulan berlalu aku masih hambar sama dia..

    Yg bkin aku jijik, kenapa sampai ada kesempatan buat nglakuin hal ky gtu? So’ pasti mmng ban*sat cwe q..

    +lebih sialnya.. Dah ga mungkin bgt putus, ibarat kluarga dh pda setuju semua..

    Kini aku dh gamau lagi berfikir ttg cinta+kesetiaan, bulshit..

    Tau ga yg aku pikirin apa sob? Ya.. Aku cowo..
    Yg aku rasain tuh cwo kaya gini sob, cinta iya + nafsu juga iya..

    Ketika disini cinta udh hancur, berarti sisa……???

    Ya kalian tau sendiri, bkn mksud gimana.. Cuma camkan buat para wanita, kalo ada yg berjuang utk kalian, jagalah ia.. Sampai kapanpun, jgn sperti cwe q, pgn bahagia dll.. Nyatanya bkin hidup aku rusak ( jelas2 kita bahagia bgt) sob, dulu.. Pokoknya ironis bsa kejadian hal kaya gini..

  28. Aku baru 1th lebih pacaran, ya gitu dia emang cowo tukang maksa sih kepribadiaannya emang buruk, ya tp yg namanya cinta ya aku mau aja, sampe dia selingkuhin aku, ya pertama biasa aja, selingkuhin lg biasa biasa, selingkuh lg, sampe yang ini dibawa ke rumahnya, mau cantumin hub di somed, dan foto mesra di posting ke sosmed, dan fb gw di blok, he to the low pas sm aku ga kek gitu padahal aku mimta2, iiihhh goblog banget, tp herannya dia masih mohon2 sm aku, dan pengen nikahin aku tahun 2017 katanya cuma aku yg paling tulus, tp dia goblok, terus gimana? Yang aku takutin malah aku yg nyesel ninggalin dia, secara pekerjaan dia okelah buat masa depan..

    • Njir. Kok lo mau sih, diinjek-injek kayak gitu? Itu kan artinya lo dijadiin cewek koncian. Dia bebas kemana-mana ama cewek lain, karena tahu pasti lo gak bakal ninggalin dia. Itu kalo gak salah namanya cewek keset kaki.
      Tapi yah, kalo lo bisa nikmatin kondisi kayak gitu, ya gak apa-apa. Asal sabar-sabar aja, yak. Kemungkinan cowok kayak gitu, pas nikah juga tetep punya cewek lain.
      Tapi kalo gak mau digituin, ya tinggalin aja lah. Cowok banyak. Daripada ngarep dapet cowok yang mapan, mending kita aja dulu jadi cewek mapan.

  29. haii..
    aku baru kemarin diselingkuhi..
    8 taun kita pacaran. kmern dia kepergok selingkuh.. dan yg lebih menyakitkan, dia bilang ke selingkuhannya “aku lebih pilih kamu daripada dia”, rasanya pengen bunuh diri, di depanku dia bilang memilih selingkuhannya.. yang baru dipacarin sebulan, sedangkan aku? 8 taun aku berkorban semuanya.
    setauku dia cinta bgt sm aku,, tp entah kenapa dia tega selingkuhin aku saat ini..
    sekarang dia minta balik, aku bingung harus seperti apa..
    aku tauma tp aku sayang.. πŸ˜₯

    • Keputusan ada di tangan kamu sendiri. Layak nggak balikan sama dia? Kalau dia ngulangin lagi selingkuh gimana? Di depanmu aja dia berani bilang lebih milih selingkuhannya. Apalagi di belakang kamu.

    • sama aq jg diselingkuhi sama pacar aq padahl kita udah hampir 4thun pacaran..padhal akhir taun kemaren ada rencana mau kejenjang pernikahan tp selama 2bulan itu dy menghindar dr aq tp aq disitu selalu berfikir positif mungkin dy lagi ngumpulin duit buat rancana kita ber2 tp disisi laen perasaan aq selalu gelisah mikirin dy..dan suatu hari perasaan itu makin ga karuan..aq coba buat nelpon dan ternyata yg angkt telpon itu cewk..disitu perasaan aq ga karuan cuma bisa nangis dan nangis rasa’a sakit banget..tp cowk aq tetep milih aq dan dy menyesal telah ngenduain aq dan dy minta maaf ke aq..dan aq pun maafin dy karna rasa sayang ini masih ada buay dy..tp rasa sakit itu masih selalu ada sampai saat ini aq ga tau harus gmn lagi buat ngelupain rasa sakit ini..mungkin ga bakal ilang rasa sakit ini..tp sekarang aq jadi takut buat melangkah kedepan aq takut klo ada penghianatan lagi dlm hidup aq

  30. Pernah juga denger pengakuan pacar (udah mantan) kalo doi lagi deket sama cewek lain yg br kenal 2 minggu (waktu itu kami pacaran udah 4 th lebih), pas baca ini kerasa lg deg2annya, panas dingin ga ngerti kudu gimana. Akhirnya aku putusin, trs doi pacaran sama cewek itu sampe skrg. Subhanallah bgt masa2 move on-nya, sedihnya ga terlupakan smpe kapan pun. Semoga pengalaman pertama dan satu2nya. Salam kenal mba Lea, tadinya aku mampir baca tips rambut kriting, hihihi jd keterusan πŸ™‚

  31. Wiihhh gw d selingkuhin … Gw sih ga terlalu sakit pas liat dia dan monyetnya jalan . Yg gw sesalin udah pernah perjuangin dia sampe mati”an kaya apaan tau.. Masalah keluarga sampe gw bantuin dari mantannya yg dlu tingkahnya kaya jagoan.. Ehhhh udah jalan 6 bulan menerima pahit banget.. Kalo menurut gw si selingkuh itu karena hubungan kurang fokus tentang tujuan dan komitmen berdua.. Kalo salah satu udah keluar jalan tujuan ama komitmen berarti emang ga pantes buat pendamping.. Pacaran aja yg komitmenya baru kecil”nya tujuanya paling nikah lulus kuliah dia udah ga bisa pegang. Apa lagi udah berkeluarga yg tantanganya semakin besar ngurus anak rumah dll.. Berarti emang bukan kelas gw .. Go to hill. Curhat nihh

  32. gmn caranya ngelupain rasa sakit yg sangat dlam ini..aq diselingkuhi sm pacar aq kita pacaran udh hampir 4tahun..padahal taun kemaren kita mau melanjutkan kejenjang pernikahan..tp selama 2bulan dy sedikit berbeda dan kita jg ga pernah ketemu alasan dy lagi sibuk dgn kerjaan’a..dan selama itu jg aq berpikir yg positf tentang dy..mungkin dy lg sibuk Ngumpulin duit..tp pada suatu hari perasaan aq sangat ga enak tiba” aq telpon dy tp yang angkat tlpon itu cewk dn dy ngaku klo dy cewk’a dan disitu juga aq merasa hancur cuma bisa nangis 😭 cowk aq minta maaf dan minta kesempatan sekali lagi buat memperbaiki hubungan ini.Aq pun maafin dan ngasih kesempatan buat dy..tp ga tau kenapa rasa sakit itu masih ada sampai sekarang dan takut klo dy ngulangi lagi..jujur aq sayang banget sm dy dan aq jg bukan tipe cewk yg cepet jatuh cinta sm cowk lain

    • Ya emang dia bisa aja mengulangi selingkuh lagi. Kalo udah bisa sekali, ya bisa dua kali, tiga kali, empat kali…
      Tapi.
      Daripada mikirin yang nggak-nggak, kan kamu udah memutuskan balikan dan jalan terus. Ya dijalanin aja. Yang lewat jangan diingat lagi. Harus siap terima segala resiko. Emang kalau diselingkuhi itu lukanya susah sembuh πŸ˜€ tapi kamu sudah memutuskan untuk kembali lagi sama dia. Jangan ngeluh. Yang penting berusaha jadi yang terbaik dan nggak ngungkit masa lalu lagi.

  33. gak semua yg selingkuh itu salah , ya positif nya aja kita bisa tau dari dia, dengan cara halus,,, kalau kita enggak pantes buat dia, !!!

  34. Pasti sakit lah.. Keringat dingin dan gemeteran. Untung gw msh bisa kendalikan diri. Yup! Mau gimana lagi? Waktu itu gw baru aja lamaran ama tuh cowok. Sebentar lagi nikah. Eh dy malah selingkuh..

    Tapi gw sabar. Kebetulan saat itu gw pas tidur ditempat Camer. Ketahuan dy mesra2an ama cwe lain lewat Hp dy gt. Langsung aja gw samperin tuh cwok gw. Gw tanya aja salahku apa kok kamu tega selingkuh? Apa kurangku sehinggal km selingkuh??
    Dya diem gak bisa jawab. Pasrah gt. Setelah dy ga bisa jwb.. gw langsung aja ngasih dy saran dan nasihat.
    Intinya.. dy selingkuh kan ga ada untungnya. Kalau dgn dy selingkuh bisa ndapetin dwit 100 jt okelah. Lha ni gak ada gunanya sama sekali. Gw juga bilang ma dy. Ngingetin dy. Yg ngejar2 gw tuh dy. Yg ngajak nikah juga dy. Kalau dy selingkuh mending batal nikah. Cincin gw kembalikan aja gtu. Eh dy nangis. Minta maaf.

    Setelah itu dy selalu terbuka sama gw. Hp dua2 nya ga pernah diumpetin. Kontak cwe gw hapus smua. Tiap ada cwe ga pntg BBM atau sms dy selalu gw ingatkan tuh cwe ganjen.
    Nah skg gw dah jd istrinya. Suamiku sangat perhatin. (curhat eee) hehehe
    Dy sangat menghargai gw. Kemanapun pergi gw diajak. Tiap hr waktunya buat gw di rumah. Liburan juga buat gw. Pulang kerja tepat jam 4 langsung pulang. Aih senengnya…

  35. nah justru yg gw alamin kebalikan dari kisah lo… apa kah solusinya sama… tp gw susah tuk maafin tuh cewe.. sakiitt bangeett rasanya ..

  36. Ea saya jg bru dselingkuhin… Pas gw tau klo pcr gw slingkuh .gw blang sma dy… Agar dy mtusin gwe.. Tpi dy gx mau.. Dy mhon” sma gw bwat maafin dy. Dn mau ngsh ksmpatan 1x lg bwat dy… Tpi gwe bngung hrus ngmbil kptusan ap….

  37. aku lebih parah, dia selingkuh, udah jujur banget sih dia, #bagusnya.
    dan dia skrg sayang sama aku dan sama selingkuhannya, skrg aku malah kaya berjuang tanpa di perhatikan, harusnya gimana ya?
    tapi hati dan feeling masih mengatakan berjuang terus sampe hati dia bener bener luluh. dia juga minta waktu, tp ga tau sampe kapan :/ kan gantung banget ya.

    • What? You let yourself to be a doormat for her? Bilang sama dia, “Mau sama aku dan ninggalin cowok itu apa nggak?”
      Kalo dia gak bisa memutuskan, tinggalin aja. Liat aja komen di atas gue, banyak cewek single abis diselingkuhin padahal baik. Pedekate aja ama salah satu di antara mereka :))

      • Nih mas Bayu dengerin kata TS. Gw liat kok lu kayaknya ngga ada harga diri sebagai cowok ya? Yang lu liat dari cewek yang udah jelas2 selingkuhin lo apa sih?

        Atau gw yang terlalu bodoh sampe2 ngga paham kenapa cewek selingkuh itu patut dipertahankan? Atas nama cinta kah? hahahhaha

  38. Alasan dasar cowok selingkuh : dia merasa bahwa hanya dirinya saja yang berusaha untuk mempertahankan hubungan, kurangnya perhatian si cewek, selalu menuntut ini itu, ngga bisa memberikan kenyamanan, suka mengeluh, tidak pandai bersyukur etc.

    Alasan dasar cewek selingkuh : biasanya berbau materi, cowoknya kasar, suka mukul, judi, mabok, ngga bisa menghargai si cewek, cowoknya kurang perhatian.

    Saya sebagai PRIA tidak akan mentoleransi wanita2 yang selingkuh di belakang saya, sekali dia penghianat, dia akan tetap penghianat, meski gw maafin dia, pandangan gw ke dia udah jauh berbeda dengan saat sebelum dia selingkuh.

    Kalau memang sudah bosan, jenuh, ingin mencari yang baru, lebih baik putus baik2 saja, baru deh cari yang lain….

    Selingkuh is REALLY A BAD OPTION for couple.

  39. kalau aku sih. dia gak selingkuh. tapi dia chat ajak jalan seseorang sampe dia ajak ke hotel pula. untunglah cewek yang dia ajak itu baik jd cewek itu screenshoot smua chat mreka dan kirim ke aku. awalnya dia bohong tapi stlah aku tau smuanya dia beralasan kalo itu cuma bercanda dan intinya mau buat aku cemburu. tapi anehnya dia biasa kalo lagi ada masalah dia langsung jelasin gak kayak yang ini. hilang beberapa hari lalu malah dia yang balik marah ke aku karna aku mutusin dia. aku bingung. please help me ya:) thanks

    • First of all, becanda dan mau bikin lo cemburu? Bullshit.

      Selain itu, kalo lo mau balik sama dia, tanya lah. Dia ud berapa kali ngajak cewek ke hotel? Jgn2 ada cewek lain lg?

    • Intinya, sih… Sblm memutuskan balikan, lo hrs tahu, dia jujur sama lo atau nggak. Dan lo bisa maafin kesalahan dia atau nggak. Krn kalo sampe balikan, jgn ungkit2 yg udah lewat, tp hrs siap sama resiko dia bakal begitu lg.

  40. Duuhh kaaa, ngena banget.. liat mukanya aja gasanggup kak.. rasanya gue udah ga berharga lagi buat diaaa,.

  41. kak, aku boleh curhat? semoga dibaca ya.
    aku punya pacar. udah hampir 2 tahun. bodohnya waktu itu kami pernah ngelakuin sesuatu hal yg seharusnya dilakuin orang yg udah sah jadi suami istri. tapi aku masih perawan.
    dan galama dari situ dia minta putus. aku gasanggup, aku gamau putus. dan dia iyain. 3x kami putus dan balik lagi. belum ada yang berubah. tiba2 minggu lalu aku stalk path dia dari path temen aku, dan dia kayak lagi kasmaran gitu. aku bingung kak. itu gamungkin buat aku. dan dia akhir2 ini jarang banget chat aku. aku gasanggup nanya dia selingkuh atau ga. aku gamau putus. aku garela dengan apa yg udah dia lakuin ke aku dan dia jadiin aku sampah. aku niat buat tetep merjuangin. ada saran untuk aku kak? makasih banyak 😦

    • Hi Claudya… Umur kamu berapa, sih? I assume udah di atas 18 tahun yah.
      Pertama soal seks, personally, saya pikir nggak ada yang salah soal seks. Seks salah kalau kamu melakukannya hanya demi pasangan kamu, bukan karena kamu juga menginginkannya. Know your rights. Kamu berhak menolak jika pasanganmu mengajakmu melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan. Jika pasangan kamu benar-benar sayang, dia nggak akan maksa kamu.
      Tapi, kalau kamu melakukannya dengan sadar dan tanpa paksaan, kamu nggak bisa tiba-tiba nyalahin pasangan kamu dan menggunakan apa yang telah kalian lakukan berdua dengan sadar sebagai alasan untuk mempertahankan hubungan.

      Second, hanya karena kamu telah melakukan hubungan seks/sejenisnya, hal itu nggak membuatmu jadi sampah. Don’t let that defines you. Kalau kamu nggak suka melakukan hal itu, then don’t. Simply jangan lakuin lagi ke depannya. Yang sudah terjadi ya udah lewat, tapi kamu bukan sampah.

      The thing about relationship is… it takes two to tango. Hubungan itu terjadi karena dua-duanya sama-sama menginginkan. Ketika pasangan kamu minta putus, itu berarti perasaan kalian sudah nggak seimbang.

      Daripada mikirin orang yang nggak sayang lagi sama kamu, lebih baik kamu belajar lebih menyayangi diri sendiri. Kamu jelas udah nggak happy juga dalam hubungan ini. Kenapa dipertahankan?

      Mending belajar/kerja. Fokus ke karir. Fokus ngelakuin hal-hal yang kamu suka dan bikin kamu lebih bahagia. Kamu terlalu muda untuk settle sama cowok yang nggak bisa lihat betapa istimewanya kamu.

  42. Aku jg pernah ngerasain itu 9 tahun pacaran, pas di 4 tahun pacaran dy mulai selingkuhin aku sampe 3x. Aku selalu mau untuk kembali lg pdhal klo dipikir aku prnh mergokin dy dikos bareng cwek lain bayangkan bgmna rasa sakit wkt itu sampe2 didepan cwek itu aku mlah diusir dr kos, mlah blg ke selingkuhanx klw dy udah ga mau lg ma aku dan blgx aku dah ptus sm dy, yah gitu bdohnya aku masi aja mau balikan krn aku masih mkir gak ada cwok sebaik dy, seganteng dy hehehe dan Smw yg aku mw dy turutin pengorbanan jg lumayan bnyak untuk aku, tp itu dlu aku yg dlu. Skrg tepatx 2bulan lalu aku ldr sm dy dan dy mulai brubah lg trs lama2 kita trs2 bertengkar krn perubahanx dy minta ptus dg alasan fokus agama dan kuliah. Sampe2 dy ceramahin aku untuk berhijrah jd yg lebih baik krn dy blg dy gitu krn dm kebaikan kita dy blg dy mo jauhi segala bentuk zinah, dsitupun aku sadar dan mulai ikut berhijrah aku mulai mengikhlaskannya krn dy mau kita berakhir dm keinginannya itu dm kuliah dan fokus agama eh pas semingguan dy mlah sudah upload2 foto sm pacar baru trs aku tau itu dr temanx. Sempat shock dan stres berat selama sebulan tp akhirx bnyak teman2 dan klwrga yg dkung aku dsitu bnyak hikmah yg bs aku ambil, aku mlah mantap memperdalam agama dan berhijrah krn Allah bukan krn dy lg. Aku tau suatu saat nti apa yg telah hilang akan digantikan dg yg lebih baik, bersabar dan ikhlas. Trs perbaiki diri untuk menjemput jdoh yg baik. Yang pergi itu cinta bisa jd yg dtang nti adlah jodoh aminn

  43. hi kak, aku mau curhat juga. aku sudah pacaran selama 3 tahun tp di bulan ini coowo ku keliatan sekali dia bosan dengan keposesifan aku dan keegoisan aku hingga akhirnya dia ke pergi keluar dgn temannya dan berkenalan dengan beberapa temen cewe hingga membuat dia menjadi makin bosan dan dia blg cinta dia ke aku sudah pudar. dan setelah ini kita bakal ldr. setelah 3 minggu dia bersenang” akhirnya cowo ini memutuskan kita harus putus. dan aku sedih banget dia setelah putus 4 bulan kemudian mereka berpacaran tp saat aku chat dia agak dingin tp keliatan kdg baper juga. apakah selingkuh juga bisa karena kebosanan sifat wanita dan akankah cowo ku balik ke aku lagi ?

    • Apapun alasanya, mau bosan dengan sifat pasangan, kelamaan pacaran, dll, selingkuh itu salah. Ketika kamu diselingkuhi, pilihan terbaik adalah menjauh pergi dan mengijinkan dirimu bertemu dengan orang yang lebih baik.

  44. Saya berharap diberi nasehat dan pengalamannya. Aku cowok kak masalah aku alami cewe yang aku sayang selingkuh, aku tau dia selingkuh waktu buka chat fb. Cewe aku gak tau aku aku hapal passwordnya. Sedih kesal gal bisa tidur kejadiannya waktu madrid vc m.city mau niat nonton eh stalk bentar nemu itu sakit. Awalnya waktu aku tanya dia gak mau ngaku tapi aku langsung tunjukin screen shotnya. Dia gak bisa ngomong langsung marah. Ceweku umurnya 2 tahun diatasku kak dan kami udah jalanin 2 tahun. Singkat cerita dari chat fbnya dulu sebelum sama ku dia kenalan sama cowo yang mau deketin dia dan waktu itu mereka dekat tapi cowo ini pergi ng-phpin karna dia punya cewe dan pergi ninggalin cewe ku (cowo itu umurnya diatas ceweku kak). Setelah kejadian itu aku datang dan kami pun jadian dan jalanin sampek sekarang (mereka dekat belum tau kak, taunya setelah kejadian dari chat fb). Dan isi chatnya cewe ku ngajak kerumah biar langsung ketemu orang tuanya karna lagian ketepatan orang tua ceweku buka rumah makan dan cowo itu pernah makan ditempatnya dan orang tuanya pun pernah beli disitu. Chat mereka berdua pun panjang itu singkatnya kak.
    Yang buat aku sedih kak, aku belum pernah nganter pulang kedepan rumahnya. Tiap ketemuan kami bisanya siang itu pun waktu pulang kuliah dia. Kami ldr kak karna aku kuliah diluar kota dan waktu tempuh untuk kesana butuh 4 jam. Jadi ketemu jarang. Ada waktu libur pun aku harus sabar ketemu 2 kali seminggu dan itu pun kalau dia sempat kadang 1 kali dalam seminggu dan tidak sama sekali dan kalau pun ketemu gak lebih dari 2 jam kalau kami tiap hari ketemu atau 3 semunggu gak apa kak (kondisinya ldr), aku ngerti ka mungkin dia harus jagain jadi kasir dirumah makan milik orang tuanya. Kalau malam minggu kami gak pernah ketemu kak sekali pun padahal kami uda 2 tahun pacaran.
    Dan waktu dia ketauan selingkuh awalnya aku gak mau ngasih tau kak karna minggu depan aku ada waktu buat pulang karna tugas kuliah selesai semua dan memang ketetapan tanggal merah. Tapi aku gak kuat kak waktu itu juga aku hubungi lewat line aku tanya dan minta penjelasan dan dia pun milih cowo itu. Hatiku hancur kak pikiran ku gak tau kayak mana lagi posisinya aku lagi kuliah lagi dilaboratorium. Semudah itu dia ninggalin aku ( dalam obralan kami diline dia ngomong kita beda usia apa kamu sanggup cepat selesai kuliah dan langsung dapat kerja, setelah kerja apa orang tua kamu ngasih izin buat nikahin aku kamu itu anak pertama dan kamu punya 1 adik lagi). Dan setelah kejadian itu aku minta buat lah pilihanmu dan ternyata dia milih cowo itu semua foto diig dan status nama langsung hilang terhapus. Aku sedih nangis walaupun gak didepan temen cowo nangis kan malu. Bisanya nangis cuman waktu mandi, dan malamnya pun dia minta maaf dia sedih nangis. Tapi minta jadi temen jangan ada permusuhan ya ( aku coba tegar dan aku pun bilang iya walaupun aku sedih nangis disitu). Tapi intinya aku kembali lagi bersamanya ka setelah 1 bulan kami putus dia minta kembali. Tapi perasaan cemburu dia selingkuh masih ada intinya bagaimana menurut kakak ?

    Curhatnya kak. Kasih motivasi

    • Wah, hebat juga masih mau balikan. Hahaha… Aku gak bisa jawab gimana menurutku. Kamu aja mikir. Selama ini dia sudah jadi pasangan yang baik untukmu nggak? Layak nggak hubungan ini diperjuangin?
      Kalau memang kamu memutuskan untuk memaafkan dan lanjut lagi, kamu harus melupakan kesalahan dia di masa lalu dan jalanin hubungan tanpa kecurigaan. Walau tentu saja, bukan berarti pasanganmu nggak akan mengulangi perbuatannya. Tapi kamu harus siap dengan resiko itu tanpa jadi pacar posesif yang dikit-dikit mengungkit masa lalu.

      Selamat berjuang, ya.

  45. Emg sakit . Pas liat doi slingkuh pdahal dah ada rncana merit . Tuhan dunia kaya mu roboh suara kepekik kaki gk bsa langkah.. yg kluar dari mulut cuma nama tuhan yaallah..
    Emdass bajingan . :(( sakit nya bukan kepalang lebih2 slingkuh nya sama yg aq kenal πŸ˜₯

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s