Yogyakarta: Alternatif Makan Murah Sampai Mahal, Ada Semua

Kalau liburan ke Yogya, kalian biasanya makan di mana? Gudeg Yu Jum? Angkringan Tugu? House of Raminten? Bale Raos? Warung tenda sepanjang Malioboro? Ngebir di Oxen Free dan Lucifer? Atau nyicipin kopi klothok dan madu klothok di Terusan Mataram? Atau menyusuri kafe dan bar sepanjang Jalan Prawirotaman? Atau nyobain makan-makan ala orang tajir di Beukenhoff Kaliurang?

Banyak banget ya, yang bisa dinikmatin di Yogya dari segi kuliner🙂 Semua yang saya sebut di atas pun udah saya cobain. Dan saya kira udah itu lah yang paling mantep di Yogya. Ternyata saya salah. Minggu lalu saya baru aja balik dari Yogyakarta. Ditemani oleh orang spesial yang sudah malang melintang 15 tahun di kota tersebut, plus tukang makan. Jadilah selama 6 hari di sana dihabiskan dengan wisata kuliner.

Ternyata, selain tempat-tempat makan yang saya sebut di atas, masih banyak lagi kuliner di Yogya yang patut dicoba.

Nasi Kuning Bu Tuti

Alamat: Jl. Perumnas Seturan, Yogyakarta

Jam Buka: 8-11am (kecuali kalau sudah keburu habis)

Range Harga: 8-15k per orang

Nasi Kuning Bu Tuti Mau sarapan nasi kuning? Kalau kebetulan menginap di daerah Seturan, Depok dan sekitarnya, bisa sarapan nasi kuning di sini. Murah meriah dan enak. Selain nasi kuning, di sini juga ada lontong sayur dan soto sapi. Saya cuma makan nasi kuning aja karena pas liat lontong sayurnya, langsung kenal; lontong medaaannn😄 Tapi yang belum pernah ngerasain lontong sayur Sumatra, dicicip aja. Beda sama lontong sayur biasa.

Gudeg Sagan

Alamat: Jl. Prof. Herman Yohanes no. 53, Yogyakarta

Jam Buka: 3-12pm

Range Harga: 10-25k per orang

Gudeg Sagan Selain Gudeg Yu Djum dan Gudeg Permata, ternyata ada lagi tempat makan Gudeg yang enak. Dan menurut gue, dibanding Gudeg Yu Djum, yang ini lebih enak.

Berlokasi di Jl. Prof. Herman Yohanes, Sagan, Gudeg Sagan memiliki konsep yang lebih mewah dibanding tempat makan gudeg lainnya. Tapi rasa makanannya nggak gaya-gayaan, kok. Untuk saya yang sebetulnya nggak doyan gudeg, saya malah doyan makan yang satu ini.

Warung Indomie Persis Telap 12 (Telap Twelve)

Alamat: Jl Pandean (Kusumanegara), Yogyakarta, DI Yogyakarta

Jam Buka: 12am-11pm

Range Harga: 15 – 27k per orang

Mengusung tema “menyajikan Indomie persis seperti di bungkusnya”, warung Indomie ini salah satu yang paling bikin saya penasaran. Saya mencoba memesan Indomie goreng original, dan teman perjalanan saya memesan Indomie goreng rendang. Ternyata betulan persis seperti di bungkus. Telur mata sapi saya juga disediakan setengah matang, begitu tengahnya ditusuk, isinya meleleh😄

Saya sempat “nyolong” rendang dari piring Si Mas, dan ternyata rendangnya juga gak main-main enaknya.

Warung indomie dengan konsep seperti ini juga ada di Jakarta, namanya Mix Diner & Florist. Mungkin yang belum sempet ke Yogya, bisa nyicip dulu di situ.

Lesehan Maharani

Alamat: Jl. Melati Wetan No.46 A, Yogyakarta

Jam Buka: 10am-10pm

Range Harga: 10-25k per orang

Mana saya sangka, telur dadar disajikan di atas cobek bersamaan dengan sambal bawang bisa seenak ini. Kalau mau makan ayam goreng, telur dadar, ikan dll dengan sambel yang gak cuma sekedar pedas, di sini tempatnya. Saya hanya mencoba sambal bawang karena memang itu kesukaan saya :)) selain nendang, gurih juga. Belum lagi harganya murah meriah.

Kedai Rakjat Djelata

Alamat: Jl. Dr. Sutomo No.54, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 11am-11pm

Range Harga: 10-25k per orang

Menu Makan Siang @ Rakjat Djelata

Konsepnya seperti persilangan antara angkringan dan warteg kalau dari segi menu. Ada segala jenis sayur dan lauk, termasuk sate usus, sate sosi, sate telur dll. Sayur dan lauknya mulai dari kangkung, kering tempe, sambel kentang dll. Interiornya pun unik, penuh dengan pajangan jadul, perkakas, mainan dll yang digantungkan di display dan tembok.

Roti Bakar Keju Strawberry

Kalau makan di sini, jangan lupa mencicipi roti panggang mereka. Rotinya beda dari roti biasa, bukan pakai roti tawar. Jadi kalau makan roti panggangnya, lebih baik rame-rame biar nggak kekenyangan.

Warung Rakjat Djelata

Sawah Resto Nologaten

Alamat: Jl. Melon 168 Nologaten, Belakang AMPLAZ, Yogyakarta

Jam Buka: 10am-12pm

Range Harga: 10-25k per orang

Sensasi makan murah meriah di pinggir sawah sambil duduk di bale-bale. Ini juga recommended karena enak dan murah meriah

Fuyung Hay + Brokoli Saus Tiram

Marry Anne’s Artisan Ice Cream and Resto

Alamat: Jl. Kebon Sari no. 2, Seberang Hotel Santika,Yogyakarta

Jam Buka: 10am-12pm

Range Harga: 20-30k per scoop tergantung variannya

Seumur-umur saya main ke Yogya, saya baru tahu kalau di Yogya ada tempat makan es krim seseru ini. Dan kalian harus mampir ke sini. Kenapa?

Ice Cream Baileys + Choco Rum Raisins

1. Mereka punya lebih dari 50 varian rasa yang unik, termasuk di antaranya: Nutella, Baileys, Ovamaltine, Banana Caramel, Choco Rum Raisins, Milo dan rasa makanan favorit kita yang lainnya. Jadi nggak cuma sekedar rasa buah dan susu.

Marry Anne's

2. Kalian bebas nyicipin es krimnya sebelum memesan. Jadi kalau bingung mau pesan yang mana, kalian akan diberikan beberapa sendok kayu dan tempat untuk menaruh sendoknya. Ingat ya, satu sendok hanya untuk satu jenis es krim. Jangan colokin sendok bekas kamu ke dalam ice cream containernya.

Segala macam es krim <3

3. Pelayanan yang luar biasa istimewa! Pelayan di sana ramah dan penuh inisiatif. Semuanya murah senyum dan baik. Nggak bakal dijutekin hanya karena kalian kebanyakan nyicip (ya tapi tahu diri juga ya, say). Saya selalu senang makan di tempat yang pelayanannya bagus🙂

 

Bong Kopi Town

Alamat: Jalan Sagan Kidul No.4, Yogyakarta

Jam Buka: 10am-12pm

Range Harga: 25-50k per orang

Lagi bosen kulineran lokal? Bisa cobain Bong Kopi Town, di sebelah Sagan Huis Hotel. Di Jakarta juga ada, sih. Tapi siapa tahu sekali-sekali mau ngopi-ngopi normal kayak di Jakarta kalau kelamaan liburan di Yogya. Interiornya dibuat mirip penjara, makanya suka disebut “penjara di tengah kota”. Memang konsepnya dari situ, suasana penjara, lengkap dengan jeruji dan waiter/waitress berseragam napi. Ah, tapi nggak seheboh itu, kok.

However! Nasi Kungpao Chicken-nya recommended banget.

Kopi Ketjil

Alamat: Jalan Balirejo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 8am-4pm

Range Harga: –

Nah, ada satu kafe yang saya penasaran banget! Interiornya menarik, sayangnya saya nggak bisa ke sana karena saat itu masih tutup.Katanya sedang direnovasi. Jadi saya sebenarnya nggak bisa review menunya.

Tapi on my next Jogja trip, I’ll definitely try this one🙂 Yang sudah pernah ngopi-ngopi di Kopi Ketjil, bagi review, dong… rekomendasi nggak, nih?

Percaya deh, di Yogya itu yang asik nggak cuma seputaran Tugu, Malioboro, Keraton, dan Prawirotaman. Di daerah lainnya juga banyak tempat-tempat nongkrong maupun kulineran yang seru. Jangan ragu buat keliling-keliling dan mencari plesir kuliner selain yang sudah biasa kita samperin🙂

Ada lagi rekomendasi kuliner lainnya di Yogya? Feel free to add your recommendation on the comment box.

8 responses to “Yogyakarta: Alternatif Makan Murah Sampai Mahal, Ada Semua

  1. semua yg di atas saya malah belum pernah nyoba, untuk ukuran anak kos macam saya, harga di atas 10 rebu itu malah lho le huahaha apalagi itu indomie di atas edan bener harganya, mie goreng mah enakan di warung burjo deket kos bener, gorengannya juga enak,

    kalo nasi kuning yang enak ada di babarsari, sausnya beda, dulu ada juga di gejayan tapi entah knp ga buka lg.

    kalo es krim kudu nyoba es krim tip top di manghkubumi, kalo coklat harus nyoba rumah coklat yg di sagan

    apalagi ya, itu aja dulu dah hehe

    • Nah, iyaaaaa… aku lupa soal rumah coklat. Sama sekali lupa :)) Well noted buat es krim tip top-nya. Nanti kucoba.

      Jangan-jangan nasi kuningnya namanya nasi kuning midori :p

  2. Kalo dari segi kuliner, gue malah gak nganggep Jogja spesial. Walaupun tempatnya banyak, makanannya ya itu-itu aja. Tapi spesial juga sih. Spesial karena harganya murah-murah, tapi udah bikin kenyang.😛

  3. bakmi godog yg di daerah krapyak itu jg enak, seporsi 12k aja ud banyak, tp bukanya sore mpe malem aja, pas di seberangnya komplek L Ponpes Al-Munawwir.
    trus harus cobain jelajah di tirtodipuran, ada kebun kafe, bu ageng, lecker, lagani dkk yg oke buat dicobain..
    di daerah timoho juga ada bale ayu yang masakannya recommended ^^
    lalu di ringroad selatan ada bakso yang enak bgt, tapi bukanya sktr jam2an. tenda gitu, deket lampu merah sebelum flyover djanti..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s